10 Macam buah Berry beserta manfaatnya bagi kesehatan

Macam-macam buah Berry dan manfaatnya – Buah merupakan salah satu hasil dari tanaman yang dipanen dan dapat dikonsumsi oleh manusia maupun hewan. Buah berasal dari biji dan akan tumbuh menjadi tanaman, kemudian tanaman akan berbuah dan didalam buahlah terkandung biji yang berguna untuk meneruskan perkembangbiakannya. Tidak perlu ditanya, sangat banyak buah yang ada di dunia ini. Beberapa buah bisa ditemukan dimanapun, namun beberapa buah lagi hanya bisa ditemukan di negara tertentu. Semua terjadi karena perbatasan iklim, wilayah dan keadaan sekitar, yang menjadikan banyak perbedaan antara buah satu dan yang lainnya.

Dari sekian banyak buah, ada yang dinamakan buah berry. Buah berry termasuk kedalam buah buni yang memiliki daging yang tebal walaupun ukurannya termasuk golongan kecil. Buah ini dikatakan berry karena berasal dari satu ovarium, definisi ini didapatkan dari ilmu botani atau ilmu tanaman. Berikut beberapa ulasan mengenai macam-macam buah berry yang dikenal dan biasa dikonsumsi maupun jenis unik lainnya.

10 Macam buah berry yang kaya akan manfaat

macam-macam buah berry

Gambar ilustrasi

1). Strawberry

Siapa yang tidak mengenal buah merah satu ini. Strawberry sangat disukai banyak orang karena rasanya yang memang manis dan satu lagi strawberry yang asam dan menyegarkan. Selain itu, strawberry bisa diolah dalam berbagai rasa dan juga panganan. Diantaranya campuran rasa es krim, rasa kue, rasa es segar dan juga jus buah. Tak jarang buah ini juga digunakan untuk penghias karena warnanya yang cerah dan bentuknya yang cantik. Buah dari tanaman herba ini memiliki rata-rata 200 biji kecil persatu buahnya. Beberapa daerah di Eropa, Amerika dan Asia yakni berspesies Fragaria chiloensis.

Strawberry juga sangat disukai karena selain rasanya yang enak, buah ini mengandung antioksidan tinggi dan didapat dari antosianin yang tinggi dan menyebabkan strawberry berwarna merah. Selain itu manfaat lainnya yakni mengandung vitamin C, folat, kalium dan juga asam egallic. Strawberry dipercaya bisa menghilangkan berbagai penyakit seperti mengurangi stroke, mengandung anti alergi, melawan encok dan radang sendi, strawberry daun juga bisa menghentikan diare dan masih banyak manfaat yang lainnya.

2). Blackberry

Eits, ini bukan brand dari suatu ponsel loh, melainkan salah satu jenis buah berry yan terkenal. Blackberry memiliki nama sesuai warnanya, karena warnanya ungu kehitaman. Buah ini digunakan untuk obat dan digunakan sudah lama oleh suku Indian atau asli Amerika. Mereka menggunakan daunnya juga untuk ramuan obat, akar buah untuk obat dan blackberry bisa dimakan mentah atau diubah menjadi selai. Blackberry ternyata ampuh mengusir disentri, diare, wasir, dan cystitis. Jika anda ingin mengonsumsinya, anda bisa menggunakan bau blackberry, madu dan juga bagian kulit akarnya. Hancurkan buah blackberry lalu saring serta tambahkan madu alami. Maka rasanya akan lebih enak dan juga menyenangkan, terutama jika dikonsumsi pagi hari akan sangat menyegarkan.

3). Bilberry

Selanjutnya adalah buah bilberry yang masih termasuk kedalam buah berry. Rasanya berbeda dengan berry lainnya karena lebih masam seperti anggur dan biasanya tumbuh liar di daerah yang lembab, namun khusus untuk negara yang memiliki iklim subtropis layaknya Swiss, Austria dan sekitarnya. Buah ini terkenal karena memang jarang ditanam sendiri, melainkan tanaman buah yang berbentuk semak liar. Nama latin buah bilberry yakni Vaccinium sp. Buah bilberry memiliki ukuran yang kecil layaknya anggur, namun lebih kecil Sekitar 8 mm saja. Lalu warnanya seperti biru kehitaman dengan kulit yang lumayan tipis. Sehingga warna daging buah tersebut terlihat. Untuk yang berwarna merah atau ungu rasanya bisa dikatakan manis.

Baca Juga :  30 Manfaat Pare untuk kesehatan dan kecantikan

Karena berwarna khas, maka bilberry memiliki kandungan antosianin yang membentu pigmen warna tersebut. sejauh ahli meneliti, ternyata buah bilberry dapat mengobati kanker, jantung dan yang paling ringan yakni mata dengan senyawanya tersebut. anda bisa mengonsumsi secara mentah, atau bisa membuatnya menjadi jus atau smoothie.

[ Baca juga : Gejala penyakit Jantung ]

4). Cranberry

Cranberry termasuk jenis buah yang tumbuh dari tanaman semak yang satu keluarga dengan buah bilberry, namun sub famili cranberry yakni Oxycoccos. Cranberry tumbuh di daerah lembab yang sedikit mengandung asam pada tanahnya, dan tempat tersebut ada pada bumi bagian utara. Seperti layaknya Russia dan Denmark. Namun meski asalnya jauh, tanaman ini sangat terkenal di Amerika dan dibuat berbagai macam olahan. Budidaya cranberry sendiri dilakukan di Chile dan Eropa Timur, karena merekam menggunakan buah ini untuk buah pencuci mulut.

Di Amerika Serikat sendiri, buah cranberry diproduksi secara besar-besaran dan berasal dari negara bagian Wisconsin. Buah ini diproduksi karena hampir lebih dari 90 % olahan segar dijual dan berasal dari cranberry. Karena rasanya yang unik maka buah ini digunakan untuk berbagai olahan, misalnya jus cranberry. Jus ini merupakan keutamaan dalam buah cranberry karena rasanya manis, selain itu bisa juga digunakan untuk kotail jus cranberry atau mencampurnya dengan bauh lain untuk menghilangkan rasa getir alam yang cukup ketara. Buah ini biasanya dianggap terlalu tajam jika dimakan hanya mentah-mentah layaknya anggur atau strawberry, rasanya hanya asam dan juga meninggalkan rasa pahit. Maka buah ini diolah.

Beberapa makanan yang berasal dari buah cranberry diantaranya adalah jelly, lalu saus cranberry yang rasanya asam bercampur manis dan disajikan bersama kalkun panggang. Selain itu cranberry bisa digunakan untuk muffin, kue dan juga baking. Sedangkan beberapa orang yang ingin menghindari getirnya cranberry dicampurkan kedalam sup atau rebusan makanan.

Tanaman cranberry memiliki buah dengan ukuran lebih besar dari bilberry yakni 10-20 mm dengan rasa yang sedikit masam bercampur dengan manis. Buah ini memiliki warna merah cerah, dan jika dihancurkan warnanya terlihat seperti saus atau selai strawberry. Namun lebih cerah dan tidak terlalu pekat. kandungan pada buah ini diantaranya , antosianin, sianidin, peonidin, kuersetin dan alkaloids yang bisa mencegah kanker. Ternyata jus cranberry bisa mencegah batu ginal.

ladyfem

5). Raspberry

Siapa yang tidak tahu buah yang satu ini ? buahnya kemerahan dan juga berwarna agak sedikit pudar dengan bentuk tidak mirip dengan strawberry namun sejenis. Buah ini termasuk kedalam famili Rosaceae dengan genus rubus, yakni tanaman semak yang berbuah. Tanaman dengan jenis ini cukup banyak dibudidayakan dan lebih mudah ditemukan layaknya buah bluberry atau strawberry. Walaupun terdiri dari berbagai warna, namun yang paling banyak dikenali adalah warna merah dan juga hitam. Buah raspberry berasal dari Eropa khususnya Jerman dan juga Chile. Buah ini dikatakan cukup populer karena rasanya yang manis agak asam ketika matang.

Baca Juga :  5 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

Raspberry memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh.dalam jumlah kalorinya per 100 gram buah hanya sekitar 52 kalori dan serat sebanyak 6,5 gram. Dengan begitu buah ini aman bagi anda yang diet, terutama karena rendah lemak dan tidak meningkatkan kolesterol. Selain itu buah raspberry juga mengandung flavonoid, antioksidan dan asam salisilat yang bisa mencegah masuknya radikal bebas yang menyebabkan kanker, penuaan dini, masalah kulit bahkan hingga penyakit kronis yang mempengaruhi saraf.

Seperti yang diketahui, raspberry sering diolah menjadi berbagai makanan. Karena kandungan manis dan sedikit asam, maka raspberry bisa dijadikan pengganti pemanis. Umumnya di Amerika Serikat, kue dan baking sering mencapurkan rasa raspberry agar memberikan rasa manis pada kue atau cookies tersebut, tanpa harus menambahkan gula tebu yang dilarang untuk penderita diabetes. Berbeda dengan cranberry, raspberry bisa dimakan setelah anda cuci tanpa harus diolah terlebih dahulu. Namun ada baiknya anda mencuci dan membersihkannya hingga bersih sebelum mengonsumsinya.

[ Baca juga : 31 Manfaat semut Jepang ]

6). Dewberry

Dari penampakannya saja buah dewberry sudah diketahui termasuk keluarga berry. Buah ini bergerombol kecil membentuk sebuah buah seperti layaknya blackberry dan raspberry. Kebetulan buah ini termasuk satu keluarga, maka akan ada kemiripan secara fisik. Diameter buah dewberry cukup besar, yakni 15-22 mm dengan warna ungu kehitaman layaknya blackberry. Dewberry merupakan tanaman liar atau semak liar yang menjalar ke permukaan tanah, karena tanaman ini tidak bisa menopang dengan posisi vertikal, kecuali tanaman diberi sulur atau kayu. Dewberry sering diolah menjadi selai dan daunnya dimanfaatkan untuk teh. Dewberry belum bisa dimakan dari budidaya, karena masih tumbuh liar.

7). Mulberry

Buah selanjutnya adalah mulberry, buah ini belum banyak diketahui orang Indonesia. Namun sudah banyak dikonsumsi dan dimanfaatkan diluar negeri. Buah Mulberry biasa juga disebut buah murbai, yakni tanaman dari keluarga Moraceae. Buah mulberry berasal dari tempat yang berbeda-beda sesuai jenisnya, ada yang berasal dari Amerika Utara, Selatan dan juga Afrika Selatan dan Tengah. Buah ini termasuk tanaman semak dan memiliki tinggi pohon hingga 15 meter. Tanaman mulberry tumbuh dia area iklim subtropis.

Buah mulberry termasuk buah yang jamak dan besarannya cukup besar dibanding berry lainnya. Panjangnya sekitar 3 cm dengan warna ungu tua sampai hitam. Rasa buah mulberry ketika masak akan sangat manis dan sering dibudidayakan oleh banyak petani buah. Buah mulberry bisa dimanfaatkan sebagai selai, minuman hingga bahan kue. Sedangkan pohonnya tentu saja tinggi dan digunakan sebagaia erasi tanah. Untuk daunnya, bisa dimanfaatkan sebagai makanan ulat sutra, yang nantinya akan diolah menjadi bahan sutra, kain atau kapas.

Kandungan dari mulberry diantaranya adalah vitamin C, kandungan ini sangat tinggi dan adanya antioksidan yang bisa melindungi tubuh membersihkan polutan di dalam tubuh. Mulberry mengandung restravol sebagai senyawa yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan vitalitas tubuh. Selain itu mulberry juga mengandung antosianin yang membentuk warna pigmen buah menjadi gelap. Menurut penelitian, buah mulberry dapat melawan tumor pada kulit, payudara dan prostat. Disarankan untuk mengonsumsi buah mulberry secara rutin atau menyelipkannya menjadi selai pada roti anda.

Baca Juga :  Manfaat pijat refleksi untuk kesehatan

8). Blueberry

Buah selanjutnya yang terkenal dari keluarga berry adalah blueberry. Buah ini termasuk tanaman semak yang dibagi menjadi dua jenis yakni semak tinggi dan semak rendah, dengan genus yang sama dengan bilberry. Untuk semak tinggi, tanaman bisa mencapai lebih dari 5 meter, sedangkan untuk semak rendah maksimal hanya 2 meter saja. Tanaman bluberry memiliki anak cabang yang banyak dan bisa tumbuh di daerah yang agak berpasir, agak masam dan ditanam pada kebun yang terbuka dan terkena sinar matahari tinggi.

Buah blueberry ini disebut sebagai beri biru berasal dari Amerika Utara, kemudian tumbuh di negara lainnya seperti Selandia Baru dan juga Australia. Setelah diproduksi besar-besaran barulah dikirimkan ke pasar Internasional dan termasuk buah kesukaan banyak orang untuk dikonsumsi.

Blueberry mengandung banyak manfaat dan kandungan senyawa baik, karena warnanya biru utamanya kandungan antosianin yang kuat dan berguna untuk tubuh jika dikonsumsi. Karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, blueberry juga mengandung polifenol yang baik untuk tubuh, senyawa lainnya yang terkandung yakni vitamin baik A, C dan E dan juga kandungan mangan dan serat yang umum ditemui pada buah-buahan lainnya. Buah blueberry bisa mencegah kanker dan menjaga kesehatan otak.

9). Lingonberry

Lingonberry merupakan buah berry kecil seperti biji kacang kedelai dan berwarna merah terang layaknya raspberry. Buah ini termasuk tanaman sub-semak yang sama asalnya dengan blueberry yakni Amerika Utara. Namun kemudian menyebar ke Eropa dan juga Asia. Lingonberry memiliki aroma yang kuat, dengan intensitas warna dari merah terang hingga merah gelap. Secara luas sering didistribusikan ke daerah di kutub, alpine dan utara yang beriklim kawasan hutan. Buah ini diklaim mengandung gizi yang sama dengan blueberry. Hanya saja tidak terdapat mangan dan vitamin A didalamnya.

10). Gooseberry

Last but not least adalah gooseberry. Buah ini biasa disebut Otaheite gooseberry atau cermai. Banyak dari anda mungkin memiliki pohon liar dari buah ini. Gooseberry merupakan tanaman dengan bentuk perdu atau pohon yang bisa mencapai ketinggian sampai 9 meter. Pohon cermai tidak sama dengan pohon semak lainnya, lebih seperti pohon belimbing. Karena bentuknya yang jarang-jarang dan besar. Buahnya berwarna hijau, dengan daging keputihan. Selain itu, buahnya berair dan terdapat 4-6 biji dalam satu tangkai berbuah. Buah cermai memiliki rasa asam dan menyegarkan, maka beberapa orang indonesia sengaja membuatnya untuk campuran ruja atau dibuat minuman penyegar. Gooseberry atau cermai ini dianggap berasal dari Madagaskar dan mudah menyebar keseluruh dataran tropis. Berbeda dengan berry lainnya yang harus tumbuh di daerah subtropis.

0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet