20 Macam makanan yang cocok untuk diet

20 Macam makanan yang cocok untuk diet – Problema diet di masyarakat Indonesia cukup menjadi perhatian. Masih banyak yang salah kaprah mengenai pengertian diet dan apa fungsinya. Diet merupakan pola makan atau pengaturan makan. Fungsi diet tentu saja mencapai keteraturan dan kestabilan gaya hidup sehingga akan menimbulkan kesehatan jangka panjang. Berikut 20 macam makanan yang cocok untuk anda yang ingin hidup sehat dengan diet.

20 Macam makanan yang cocok untuk diet

Gambar ilustrasi

Makanan sehat pendukung diet

1). Konsumsi oatmeal atau sereal

Sereal atau oatmeal merupakan makanan pertama yang bida dijadikan makanan untuk diet. Sereal atau oatmeal mengandung nutrisi yang tinggi berupa karbohidrat yang menjadi sumber energi. Sedangkan kandungan gula atau kalori lebih rendah bahkan sangat rendah dibanding nasi atau kentang. Untuk itulah banyak penderita diabetes atau penyakit gula mengonsumsi oatmeal. Silahkan konsumsi setiap pagi dan siang, untuk memaksimalkan hidup sehat anda. Gunakan campuran susu dan juga buah untuk menambah rasa agar sereal atau oatmeal semakin nikmat.

2). Buah apel yang sangat sehat

Apel merupakan buah yang cocok untuk orang yang melakukan diet. Apel sendiri mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan dan rendah kalori serta lemak. Maka buah apel bisa menjadi alteenatif sarapan atau makan malam anda setiap harinya. Rasanya sangat manis dan juga menyegarkan bisa anda konsumsi dengan baik.

3). Buah Jeruk yang menyegarkan

Buah jeruk sangat umum dikonsumsi untuk diet. Terutama jus jeruk yang dianggap bagus untuk dikonsumsi di pagi hari. Nah, bagi anda yang diet sebaiknya rutin mengonsumsin buah jeruk atau jus setiap pagi. Kandungan vitamin C yang baik untuk kulit, pencernaan dan kebugaran tubuh. Terutama jika diet konsumsi gula dan lemak tidak sebanyak jika anda diet. Maka kandungan vitamin c dan gula alami di jeruknya membantu tubuh menjadi lebih sehat.

4). Dada ayam yang enak dan sehat

Kenapa dada ayam atau disebut chicken breast. Diet tetap membutuhkan lemak dan protein untuk memperlengkap asupan yang ada dalam tubuh. Bagian dada ayam yang dikonsumsi tanpa kulit ternyata mengandung protein tinggi dan tidak mengandung lemak yang tinggi. Selain itu jika ingin mengonsumsi dada ayam usahakan mengolah ayam tanpa menggoreng atau menyertakan margarin cukup banyak. Cukup dikukus atau di bakar atau bisa memasaknya dengan memanggangnya.

Baca Juga :  Cara memancungkan hidung tanpa operasi

5). Jamur Kancing

Beberapa makanan luar negeri termasuk salad memasukan jamur dalam setiap kudapannya. Terutama bagi pelaku diet yang sakit atau membutuhkan makanan sehat. Jamur kancing bisa dikonsumsi jika anda sedang diet karena jamur kancing mengandung nutrisi dan juga rendah kalori. Jamur bisa dijadikan konsumsi pengganti daging berlemak.

6). Sayur Bayam

Bayam sangat tinggi zat besi yang berpotensi untuk memperlancar pencernaan. Dengan begitu bayam sangat cocok untuk diet dan juga orang yang membutuhkan kelancaran sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi bayam maka tubuh tidak akan mengalami sembelit maupun konstipasi.

7). Buah pir

Buah pir sama halnya dengan buah apel yang sangat cocok untuk dikonsumsi jika anda sedang diet. Buah nya manis namun tidak mengandung kalori yang tinggi. selain itu buah pir rendah lemak dan juga mengandung kadar air yang banyak. Sehingga mencegah tubuh dari panas dalam. Bagi yang sedang diet buah pir bisa menjadi makan malam nikmat anda.

8). Buah Pepaya

Banyak yang tidak menyukai buah ini karena teksturnya yang lembek. Namun buah pepaya kaya akan manfaat dan baik bagi tubuh. Mengonsumsi buah pepaya akan mampu menggantikan asupan nasi di malam hari. sehingga sangat cocok untuk makanan diet. Selain itu rasanya manis dan kalorinya rendah namun tinggi akan serat dan menurunkan suhu panas di dalam tubuh.

9). Kentang

Kentang mengandung vitamin C, B6 dan juga kalium yang bagus untuk tubuh. Selain itu kandungan karbohidrat yang ada pada kentang lebih rendah dari nasi atau juga roti. Bagi yang sedang diet, kentang bisa menjadi pilihan tambahan makanan utama. Namun pengolahannya jangan digoreng karena akan menyerap minyak dan menghasilkan lemak.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan tanpa efek samping ]

10). Gandum

Gandum merupakan salah satu karbohidrat selain beras yang banyak dikonsumsi orang terutama yang sedang diet. Pasalnya gandum lebih tinggi serat dan rendah kalori. Banyak para penderita diabetes mengutamakan gandum sebagai makanan walaupun tidak terlalu sering. Namun gandum bisa menjadi pilihan baik untuk diet.

Baca Juga :  Cara membuat anak kembar

11). Ikan salmon

Ikan salmon dipercaya bisa mencerdaskan otak anak-anak yang mengonsumsinya. Bagi yang sedang diet ternyata salmon juga bisa dikonsumsi. Lemak yang terkandung merupakan lemak tak jenuh yang tidak akan menjadi kolesterol jahat dan menambah berat badan anda. Ikan salmon juga mengandung omega 3 yang bagus untuk otak.

12). Selai kacang

Beberapa orang memang tidak mengonsumsi nasi namun mengonsumsi seperti roti manis dan mentega. Namun ternyata lebih baik mengonsumsi selai kacang. Selai kacang mengandung lemak tak jenuh dan membuat anda merasa kenyang, sehingga untuk diet makanan ini bisa dikatakan makanan pengganti.

[ Baca juga : Cara mengecilkan perut tanpa efek samping ]

13). Teh Hijau

Tahukan bagaimana masyarakat Asia Timur mendapatkan tubuh yang sehat dan juga memiliki umur yang panjang. Terutama negara Jepang yang terkenal akan kulit yang sehat dan tubuh yang sehat. Teh hijau memiliki kemampuan dan kandungan untuk mengikis lemak yang ada di dalam tubuh terutama lemak jahat. Sehingga teh hijau atau biasa disebut ocha bisa membakar lemak dan kalori lebih banyak. Apalagi jika dibarengi dengan olahraga.

14).  Asparagus

Asparagus merupakan sayuran selanjutnya yang memiliki kemampuan dan kandungan yang bisa mendetoksifikasi racun dan lemak dalam tubuh. Sehingga bahan berbahaya pada tubuh dibuang melalui sistem pencernaan. Selain itu asparagus sendiri bisa mengontrol berat badan. Tumbuhan ini sangat cocok bukan untuk yang sedang diet.

15). Nasi merah

Nasi merah merupakan jenis lain dari padi yang biasa dikonsumsi. Bentuk nasi berwarna merah agak tua dengan kandungan kalori yang lebih rendah dan kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu, gula pada nasi ini jauh lebih kecil dibanding beras putih biasa. Nasi merah bisa menggantikan nasi putih anda jika sedang diet karena sangat baik bagi kesehatan. Namun rasanya memang lebih hambar dan tidak manis seperti nasi putih.

16). Buah alpukat

Banyak mitos mengatakan bahwa buah alpukat bisa membuat tubuh menjadi gendut. Padahal buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh untuk sumber energi. Bagian yang salah dari buah alpukat adalah bagaimana anda mengolahnya. Seperti mencampur dengan susu atau gula dan meminumnya dengan es, maka buah tersebut akan menumpukan lemak dan memberikan gula yang membuat tubuh anda gendut. Jika untuk diet maka anda harus pintar dalam mengolah buah ini.

Baca Juga :  Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan

17). Minyak zaitun

Tidak seperti minyak lain, minyak zaitun tidak mengandung lemak berbahaya bagi anda yang sedang diet. Selain itu untuk penderita jantung, minyak ini akan berguna karena rendah akan lemak jenuh dan tidak menambah kolesterol pada tubuh. Minyak zaitun memiliki suatu zat yang bisa melekatkan lemak pada makanan sehingga lemak pada makanan tersebut tidaklah banyak. Jika ingin mengonsumsi makanan gorengan gunakan saja minyak ini.

18). Buah bluberi

Buah bluberi merupakan buah diet yang dikonsumsi untuk cuci mulut. Buah ini dapat memecahkan glukosa atau gula darah yang berlebih. Glukosa berlebih akan berbahaya dan berpotensi menjadi diabetes. Sehingga mengonsumsi bluberi saat anda diet berarti anda mengontrol asupan gula anda.

[ Baca juga : Cara mengecilkan paha menjadi lebih proporsional ]

19). Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang umumnya digunakan atau dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh dan menyembuhkan tubuh jika sedang bersuhu tinggi atau demam. Ternyata selain itu jahe bisa digunakan untuk diet. Gunakan jahe setiap anda memasak sup atau meminum teh. Jahe bisa membantu anda membakar lemak, kandungan pada jahe bisa memberi energi dan juga memperlancar metabolisme dalam tubuh.

20). Kacang pinus

Terakhir adalah kacang pinus. Kacang ini bsia didapatkan di supermarket dengan bentuk yang sudah jadi dan siap disantap. Kacang pinus mengandung fitonutrien yang bisa melakukan penghambatan nafsu makan pada tubuh anda. tentu kacang sangat cocok untuk yang sedang diet. Konsumsilah setidaknya satu genggam perhari selama satu minggu dan dimakan secara berselang (jangan memakannya setiap hari). Maka porsi makan anda akan berkurang.

Loading...
2 Shares
Share2
+1
Pin
Tweet