20 Manfaat Daun Bakung Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Manfaat Daun Bakung – Tanaman bakung merupakan tanaman obat yang memiliki bunga dengan corak yang indah, sehingga bakung sering dijadikan tanaman hias di halaman rumah. biasanya tanaman bakung yang umum dijumpai memiliki warna bunga putih, namun sebenarnya warna bunga bakung cukup banyak yaitu putih, merah muda, merah, ungu, kuning, jingga hingga kehitaman dan corak bintik-bintik. Tanaman bakung sendiri tidak hanya memiliki fungsi sebagai tanaman hias saja, melainkan juga berkhasiat dalam memelihara kesehatan, mengobati berbagai jenis penyakit hingga meningkatkan kecantikan tubuh.

Keunggulan tanaman bakung dalam mengobati penyakit tidak terlepas dari kandungan senyawa di dalamnya. Beberapa senyawa penting yang berperan dalam pengobatan yaitu saponin, tannin dan flavonoid. Pada akar dan biji juga terdapat senyawa lainnya yaitu alkaloid likorin, krinin dan asetilkorin. Karena itu, hampir seluruh bagian tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat, namun kali ini kita akan lebih fokus pada manfaat daun bakung saja. Tanaman bakung dapat bersifat anti inflamasi, ekspektoran, diuretik dan analgesik.

manfaat daun bakung

Manfaat Daun Bakung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pemanfaatan daun bakung untuk kesehatan dan kecantikan sudah lama dilakukan sejak zaman dahulu. Lalu apa saja manfaat dari daun bakung tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengobati Keseleo

Dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari, terkadang kita bisa mengalami keseleo sehingga pergelangan tangan atau kaki menjadi terasa sangat nyeri. Tentu saja keseleo terassakit hingga menghambat berbagai aktivitas. Karena itu keseleo harus segera diatasi, salah satunya dengan menggunakan daun bakung yang memang sudah terbukti khasiatnya sejak zaman dahulu. Caranya bisa dengan membalurkan daun bakung yang sudah dilayukan terlebih dahulu pada bagian yang keseleo.

2. Mengatasi Sakit Pinggang

Umumnya orang-orang mengalami sakit pinggang karena faktor usia atau aktivitas yang kebanyakan dalam posisi duduk. Sakit pinggang membuat kondisi tubuh tidak nyaman bahkan dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak. Agar rasa sakit pada pinggang dapat berkurang, cobalah menggunakan daun bakung yang dibalurkan pada pinggang. Jika dilakukan dengan rutin, maka sakit pinggang akan sembuh secara bertahap.

3. Mengobati Luka Memar

Daun bakung juga ampuh dalam mengatasi luka memar, yang terjadi akibat benturan atau pukulan pada bagain tubuh. Luka memar merupakan luka dan pendarahan yang terjadi di dalam dan umunmnya terasa nyeri dengan tanda biru kehitaman karena terjadi pembekuan darah pada luka tersebut. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan daun bakung yang dihaluskan secukupnya lalu ditempelkan pada luka. Lakukan secara rutin hingga luka memar dapat sembuh.

4. Melancarkan Buang Air Kecil

Buang air kecil yang tersendat biasanya akan menimbulkan rasa sakit sehingga membuat perasaan tidak nyaman. Hal tersebut terjadi karena kebiasaan menahan kencing atau kekurangan asupan air putih, sehingga air seni sangat kental dan pekat dan sulit untuk dikeluarkan. Jika terus dibiarkan hal ini dapat memicu terbentuknya batu pada saluran kemih sehingga harus secepatnya diatasi. Jika ingin menggunakan cara yang alami, cobalah untuk menggunakan daun bakung dengan meminum air rebusannya.

5. Mengatasi Radang Tenggorokan

Jika Anda memiliki masalah dengan tenggorokan seperti terjadi peradangan, cobalah atasi dengan memanfaatkan daun bakung. Biasanya peradangan terjadi akibat infeksi bakteri dan virus atau mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau panas. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun bakung, maka radang tenggorokan dapat segera sembuh.

6. Menyehatkan Organ Pencernaan

Manfaat lainnya dari daun bakung yaitu dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan. Seperti yang kita tahu organ pencernaan seperti lambung, usus dan yang lainnya sering mengalami gangguan akibat berbagai faktor, dan tak jarang juga mengalami peradangan. Karena itu ada baiknya untuk mencoba menggunakan daun bakung untuk membantu menyehatkan organ pencernaan secara alami yang sangat kecil efek sampingnya.

7. Mengatasi Pembengkakan pada Kelenjar Limpa

Kelenjar limpa terletak di rongga perut atas dekat dengan organ hati, dan organ ini memiliki fungsi penting dalam proses metabolisme dan pertahanan tubuh. Adanya berbagai gangguan kesehatan dapat memicu terjadinya pembengkakan pada limpa, sehingga perut terlihat bengkak dan terasa sakit. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena dapat memicu penyakit komplikasi. Jika ingin mengatasinya secara alami, Anda dapat menggunakan daun bakung yang dikonsumsi air rebusannya secara rutin.

8. Melancarkan Produksi ASI

Bagi sebagian ibu memang memiliki ASI yang melimpah sehingga anak dapat kenyang hanya dengan menyusu pada ibunya. Namun sebagian lagi perlu melakukan sedikit usaha agar ASInya tetap keluar, dan terkadang ada juga yang mengkonsumsi berbagai jamu untuk memperbanyak jumlah ASI. Salah satu cara yang bisa dicoba yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun bakung dan dilakukan secara rutin sehingga dapat merangsang produksi ASi untuk keluar lebih banyak.

[ Baca juga : Cara meningkatkan produksi ASI ]

9. Mengobati Penyakit Reumatik

Reumatik termasuk penyakit yang menyerang otot dan persendian, sehingga orang yang mengalaminya dapat merasakan nyeri yang sangat hebat. Reumatik sering menyerang orang dewasa dan lanjut usia, dimana mereka sudah mengalami penurunan daya tahan tubuh dan kekuatan fisik sudah tidak lagi prima. Dengan bantuan daun bakung, penyakit reumatik dapat diobati secara alami. meski hasilnya tidaklah cepat, setidaknya gejala reumatik akan hilang secara perlahan-lahan.

Loading...

Artikel manfaat lainnya :

10. Membantu Menetralisir Racun

Tidak dapat dipungkiri tubuh kita dikelilingi oleh berbagai senyawa yang dapat bersifat racun jika mengendap dalam tubuh. Beberapa di antaranya seperti asap rokok, asap kendaraan, asap pabrik dan polusi udara lainnya. Bahkan makanan pun terkadang dapat menyumbangkan berbagai senyawa racun yang dapat merusak kesehatan tubuh. Dengan bantuan daun bakung, racun dalam tubuh dapat diserap dan dikeluarkan sehingga tubuh dapat terbebas dari racun tersebut.

11. Mengobati Penyakit Borok

Borok merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup menyiksa karena menimbulkan rasa perih, bahkan dapat merusak penampilan kulit. Borok dapat bertambah parah dan menyebar luas jika tidak segera diobati. Karena itu, gunakanlah daun bakung yang mampu mengatasi penyakit borok tanpa rasa sakit dan efek samping. Haluskan daun borok yang sudah dibersihkan secukupnya saja, lalu balurkan pada kulit yang terdapat borok, lakukan 3 kali sehari hingga borok dapat sembuh.

[ Baca juga : Cara menghindari asap rokok bagi perokok pasif ]

12. Mengobati Anyang-anyangan

Anyang-anyangan merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada saluran kemih sehingga kencing tersendat dan terasa sakit. Rasa sakit tersebut menimbulkan sensasi seperti tidak puas dalam mengeluarkan air seni dan jika dibiarkan kondisi ini dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Kita dapat mengatasinya dengan menggunakan daun bakung yang dimanfaatkan air rebusannya.

13. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi juga dapat disembuhkan dengan daun bakung. Penyebab gigi sendiri dapat terjadi jika kita malas menggosok gigi dan tidak membiasakan minum air putih setelah makan. Akibatnya sisa makanan pada gigi dapat menjadi makanan bagi bakteri dan menjadikan gigi sebagai sarang berkembang biak. Akibatnya gigi bisa bolong dan muncul rasa sakit yang luas biasa. Jadi, segera gunakan daun bakung saat sakit gigi menyerang agar tidak semakin parah.

14. Mencegah Terjadinya Pendarahan

Adanya luka atau peradangan di dalam tubuh sering menyebabkan keluarnya darah baik dalam jumlah kecil maupun besar. Pendarahan yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan anemia bahkan jika berlebihan dapat menyebabkan kekurangan darah hingga berujung kematian. Karena itu, sebaiknya jika tubuh mengalami pendarahan segera atasi dengan memanfaatkan daun bakung.

Baca juga : manfaat semut jepang, manfaat yoghurt, manfaat pare, manfaat daun sirsak

15. Memperindah Kulit

Mungkin masih banyak yang tidak tahu, kalau ternyata daun bakung juga bisa menjadi bahan untuk mempercantik kulit secara alami. Khasiat akan lebih terasa jika daun digunakan bersama bunga. Daun bakung ini bisa dijadikan bahan lulur yang langsung diaplikasikan pada kulit seluruh tubuh. Jika dilakukan secara rutin secara perlahan kulit akan terlihat lebih indah dan sehat karena nutrisi yang dibutuhkan kulit dapat terpenuhi.

16. Mengatasi Bau Keringat

Siapapun pasti tidak akan percaya diri untuk beraktivitas di luar rumah jika memiliki masalah keringat berlebih dan bau badan. Masalah tersebut memang sangat mengganggu, namun jangan khawatir karena daun bakung bisa diandalkan untuk mengatasi masalah bau badan karena keringat berlebih. Cukup dengan meminum air rebusan daun bakung yang dilakukan secara rutin pagi dan malam, maka bau badan akan hilang dan kepercayaan diri akan meningkat.

[ Baca juga : Cara mengatasi bau badan secara alami ]

17. Mengatasi Infeksi Pita Suara

Infeksi pita suara bisa saja terjadi akibat infeksi bakteri maupun makanan yang menyebabkan peradangan. Biasanya infeksi pita suara menyebabkan suara menjadi serak dan tenggorokan ikut terasa sakit. Jika itu terjadi, sebaiknya segera gunakan daun bakung dengan merebusnya dan air rebusannya diminum secara rutin. secara bertahap suara akan kembali normal dan infeksi pada pita suara dapat segera sembuh.

18. Mengobati Gigitan Serangga Beracun

Jika Anda atau anggota keluarga ada yang tiba-tiba digigit serangga bercun, jangan panik dan cobalah untuk menemukan daun bakung. Daun bakung bisa digunakan untuk mengatasi gigitan serangga dan menetralkan racun dari gigitan tersebut. Daun bakung bisa direbus dan diminum airnya untuk mengeluarkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan daun bakung juga bisa ditumbuk halus dan dibalurkan pada bekas gigitan agar dapat segera sembuh.

19. Mempertahankan Keelastisan Kulit

Selain menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit terlihat lebih indah, daun bakung juga bisa menjaga kulit tetap elastis karena kandungan senyawa dalam daun bakung dapat mempertahankan kadar kolagen di lapisan kulit. Cara menggunakannya bisa dijadikan bahan lulur atau dikonsumsi air rebusannya secara rutin. memang hasilnya tidak instan, tapi jika terus diterapkan maka kulit akan terlihat lebih kenyal dan sehat.

20. Mencegah Pembentukan Batu Saluran Kemih

Pembentukan batu pada saluran kemih dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan menjadikan kencing tidak lancar. Jika dibiarkan ini dapat menyebabkan gangguan pada ginjal bahkan menjadi pemicu gagal ginjal. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan, dan salah satu cara mengatasinya yaitu dengan memanfaatkan daun bakung.

Nah, itulah manfaat daun bakung untuk kesehatan dan kecantikan tubuh yang sangat luar biasa. Tentunya manfaat tersebut bisa didapat jika daun bakung digunakan secara rutin. Jadi tidak ada salahnya menanam bakung di rumah, agar saat membutuhkannya kita bisa mendapatkannya dengan mudah baik untuk diambil daunnya, buna, akar, biji hingga memanfaatkan keindahannya.

Loading...