30 Manfaat bayam untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat Bayam – Kesehatan sangat mahal harganya. Bukan hanya biaya yang mahal melainkan karena kesehatan sangat sulit didapatkan meskipun kita sudah berobat ke dokter. Selain itu jika sudah sakit maka tubuh akan rentan dan akan mengalami sakit berkelanjutan. Makanan yang sehat sangat diperlukan. Terutama bagi anda yang sudah sering konsumsi makanan jadi atau siap saji. Bahan kimia pada makanan siap saji cukuplah tinggi. Pasalnya bahan kimia tersebut menjadikan anda lebih tinggi terkena diabetes, jantung dan kolesterol. Hal inilah yang harus dihindari.

Salah satunya adalah sayur bayam merupakan sayuran yang sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya cukup enak dan bisa diolah berbagai jenis olahan diantaranya menjadi sayur, smoothies, dan juga keripik. Bayam dibagi menjadi dua jenis yakni bayam merah dan bayam hijau. Sebagai sayuran, bayam mengandung zat besi yang cukup tinggi. Banyak yang mengatakan harus mengonsumsi bayam tetapi bukan dalam takaran yanh banyak dan sangat sering. Karena justru akan membahayakan tubuh anda sendiri. Lalu apa saja manfaat bayam dan bagaimana efeknya terhadap tubuh anda ?

manfaat bayam

Gambar ilustrasi

30 Manfaat luar biasa bayam untuk kesehatan & kecantikan

1). Melancarkan pencernaan

Melancarkan pencernaan merupakan syarat utama jika anda sering mengonsumsi sayur bayam. Bayam memiliki serat yang tinggi sehingga membantu saluran pencernaan dan membantu menggiling makanan yang anda konsumsi. Bayam juga termasuk sayuran hijau, karena penelitian beberapa ahli sayuran hijau mengandung tinggi serat. Melancarkan pencernaan merupakan manfaat pertama.

2). Menjaga kecantikan kulit

Bayam mengandung vitamin A. Vitamin ini dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. sehingha jika anda memakan bayam maka kecantikan kulit anda akan terjaga. Sebaiknya gunakan bahan alami termasuk.mengonsumsi bayam. Hal tersebut membantu anda menjadi cantik tanpa bahan kimia.

3). Membantu pertumbuhan dan penguatan tulang

Tulang merupakan poin selanjutnya yang harus dijaga, terutama jika anda memilki usia yang lanjut. Bayam merupakan sayuran yang mengandung vitamin K hingga 1000 AKG. Tentu saja hal ini semakin menjelaskan bahwa bayam bisa menjaga tubuh anda dari kerusakan tulang. Terutama jika anda mengonsumsi bayam merah.

4). Baik bagi perkembangan anak-anak

Zat besi merupakan bagian atau kandungan utama yang banyak pada bayam. Tentu saja zat besi memiliki kelebihan, yakni membantu perkembangan menjadi lebih baik dibandingkan dengan sayuran lain. Anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, zat besi akan menambah pada darah dan menjadikan tubuh lebih baik dan lebih resisten terhadap penyakit. Anak-anak sangat rentan terhadap penyakit. Ada baiknya bayam menjadi konsumsi tambahan anak-anak anda setiap seminggu sekali. Agar tubuhnya semakin sehat.

5). Anti inflamasi atau anti nyeri

Kandungan violaxanthin dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini sangat penting, mengingat tubuh kita sering mengalami peradangan karena tubuh sering salah mengonsumsi makanan atau mengalami sakit akibat bakteri dan virus. sehingga bagian tubuh dalam sering mengalami peradangan. Konsumsi bayam untuk menjadikan tubuh cepat sembuh dan semakin baik.

6). Mencegah kanker prostat

Kanker prostat merupakan kanker yang paling ditakutkan oleh pria. Nah bayam bisa menolong anda dari kanker tersebut. Flavonoid yang terkandung pada bayam bisa mencegah terjadinya kanker. Bagi wanitapun bayam juga sama-sama mencegah kanker dengan berbagai kanker. Terutama wanita memungkinkan lebih besar terkena kanker yang bermacam-macam.

7). Penurunan darah tinggi

Darah tinggi merupakan hal yang selanjutnya yang sering dialami masyarakat Indonesia. Penyakit ini dialami karena keturunan atau gaya hidup yang buruk. Bayam mengandung peptida yang bisa menurunkan tekanan darah sehingga cukup bagus menjadi makanan yang baik bagi penderita darah tinggi.

8). Menyehatkan mata

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa bayam mengandung vitamin A, maka bayam sangat baik untuk kesehatan mata. selain itu bayam juga sangat baik untuk mencegah katarak dan penyakit mata seperti glukoma dan penyakit rabun.

9). Menyehatkan otak

Kandungan vitamin K dalam bayam menjadi penjaga bagi sistem saraf otak dan sintesis Sphingolipids. Sehingga bayam bisa dikonsumsi bagi orang yang pemulihan otak atau anak-anak yang sedang berkembang.

10). Pengontrol gula darah

Gula darah sering sekali tinggi, hal tersebut terjadi karena banyaknya salah gaya hidup. Bayam bisa menjadi pengontrol gula dalam tubuh. Dengan begitu banyak penderita diabetes yang direkomendasikan sebagai makanan yang cocok untuk kontrol gula darah dengan bayam.

[ Baca juga : Gejala diabetes yang wajib di ketahui ]

11). Untuk makanan diet

Dalam satu ikat bayam mengandung 20% RDA yang sangat baik untuk mengontrol asupan makanan. Untuk itu bayam merupakan sayuran yang bagus untuk diet. Diet sendiri diasumsikan sebagai kegiatan dalam mengatur gaya hidup dengan pola konsumsi yang sehat dan benar. Diet bukan berarti tidak mengonsumsi makanan dan minuman.

12). Menghilangkan jerawat

Anda baru tahu bahwa bayam yang bisa menghilangkan jerawat ? Nah ternyata karena bayam merupakan sayuran yang  cukup lengkap dari vitamin A sampai K. Gunakan bayam sebagai masker lalu bersihkan setelah 20 menit digunakan. Gunakan juga secara rutin maka jerawat akan hilang. Selain menggunakannya untuk dioleskan maka ada baiknya anda juga mengonsumsinya. Sehingga jerawat juga bersih karena asupan yang anda konsumsi pun bersih.

13). Mencegah penuaan dini

Jika anda takut akan terjadi penuaan dini maka konsumsi saja bayam. Sayuran ini mengandung vitamin C yang sama dengan jeruk dan makanan vitamim C lainnya yang bisa mencegah penuaan dini. Terutama bagi anda yang mudah stress. Banyak masyarakat sekarang sengaja menyuntik vitamin c untuk tetap awet muda. Namun dampaknya akan timbul beberapa tahun kemudian. Vitamin c instan atau tidak alami akan merusak lambung dan tubuh. Padahal dengan konsumsi bayam saja dengan alami penuaan dini akan tercegah.

14). Melindungi dari matahari

Matahari mengeluarkan sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit. Bayam mengandung vitamin B yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari. Konsumsi bayam sebagai makanan yang bisa melindungi bersamaan dengan perlindungan dari luar. Bayam memang tidak seefektif bah jeruk atau juga buah jambu, namun bayam bisa jadi sayuran alternatif untuk mencegah UV. Apalagi matahari sekarang ini sangat menyengat karena lapisan ozon di bumi sudah sangat tipis.

15). Melindungi dari polusi

Polusi mengandung bahan berbahaya dan beracun yang bisa masuk melalui kulit. polusi mengeluarkan bahan seperti karbon monoksida dan karbon dioksida. Selain bagi pernafasan dan juga kulit, polusi bisa membuat kusam kulit anda. Bayam mengandung vitamim C yang bisa melindungi kulit dari polusi. Sehingga bahan-bahan yang berbahaya tidak terserap kulit.

16). Mencegah pengerasan pembuluh darah

Bayam juga mengandung inositol dan choline sehingga bayam bisa mencegah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah anda. Pengerasan pembuluh darah sangat berbahaya karena bisa mengganggu aliran darah pada jantung maupun pada tubuh. Bahkan pengerasan ini membutuhkan operasi jika sudah parah. Hal ini sangat ditakutkan bagi para pengonsumsi makanan siap saji yang bisa mengikat zat yang memperlancar aliran darah. Bayam justru memiliki fungsi sebaliknya.

17). Mengurangi serangan jantung

Bayam mengandung asam folat yang baik untuk menurunkan homosistein. Jika homosistein cukup tinggi maka serangan jantung mungkin terjadi. Homosistein ini sangat jarang didapatkan atau bisa dibentuk dengan menggunakan makanan saja. Nah bayam termasuk makanan yang bisa membentuk zat tersebut. Sehingga konsumsi bayam jika memang anda memiliki keturunan jantung dan memiliki riwayat penyakit tersebut.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang wajib di ketahui ]

18). mencegah tekanan darah rendah

Walaupun bayam bisa menurunkan tekanan darah namun disisi lain bayam juga bisa mencegah anemia atau tekanan darah rendah. Karena bayam mengandung zat besi tinggi. Konsumsi secara rutin.

19). Kekebalan tubuh

Karena bayam memiliki AKG atau angka kecukupan gizi yang tinggi maka bayam makanan yang rekomended untuk memiliki kekebalan tubuh. Terutama karena sekarang penyakit mudah sekali datang. Sehingga bayam bisa jadi obat pencegah. Kekebalam tubuh bisa didapat dari buah buahan lain dan sayuran lainnya. Namun karena bayam terhitung lengkap maka dengan mengonsumsi bayam saja nutrisi sudah tercukupi.

20). Mengobati pendarahan gusi

Bayam mengandung vitamin C sehingga bisa mengobati pendarahan gusi. Gusi sering mengalami pendarahan karena kegigit dan juga terluka karena makanan. Maka konsumsi bayam untuk penyembuhan. Pendarahan di gusi cukup membahayakn karena bisa meradang dan menyebabkan bakteri berkumpul di mulut. Pendarahan juga mengundang kuman dan membuat gigi mudah keropos. Hindari dengan mengonsumsi bayam.

21). Mengikat kalsium

Kalsium merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh. Dengan kandungan vitamin C di bayam, maka kalsium mudah terikat dan mudah didapatkan oleh tubuh sehingga bayam sangatlah penting. Kalsium sendiri bisa membantu tulang tumbuh dengan baik. Selain susu dan kacang, sayuran hijau juga mengandung kalsium. Kebetulan bayam mengandung kalsium namun sangat kecil. Untuk itu yang lebih berguna adalah vitamin c nya dalam mengikat kalsium di dalam tubuh.

22). Menutrisi sendi

Sendi dinutrisi dengan baik dengan makanan yang dikonsumsi. Bayam cukup mengandung vitamin D yang menutrisi sendi. Maka bayam bagus bagi usia lanjut. Selain itu bayam juga bisa mencegah sakit sendi yang mudah terjadi pada usia dewasa. Bagi yang nyeri sendi karena pengapuran atau kecelakaan, mengonsumsi bayam akan cepat memulihkan sendi menjadi lebih baik kerjanya. Terutama sakit sendi merupakan sakit yang cukup menyiksa.

23). Meningkatkan memori

Karena vitamin dan zat penting terkandung di bayam maka sayur ini bisa meningkatkan memori otak. Terutama vitamin K pada bayam. Asupan ini bisa juga didapatkan di tempe atau di tahu. Meningkatkan memori otak juga baik untuk orang dewasa yang berusia lanjut yang mudah pikun. Bayam bisa dikonsumsi untuk dewasa secara rutin.

24). Memperkuat usus

Usus merupakan organ vital yang berguna untuk mengolah makanan yang dikonsumsi. Jika makanan salah maka usus akan rusak atau terluka. Bayam bisa membantu untuk memperkuat kerja usus sehingga usus semakin baik dan terlindungi. Zat besi di bayam bisa melindungi organ utama ini.

25). Membantu kerja jantung

Magnesium dalam bayam ternyata cukup tinggi. Hal ini bisa membantu kerja jantung dalam memompa darah. Terutama karena magnesium cukup jarang ditemukan dalam makanan atau sayuran dan hanya ada di sayuran hijau tertentu. Bayam merah juga mengandung magnesium yang cukup tinggi.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung ]

26). Meningkatkan energi tubuh

Jika anda merasa cepat mudah lelah maka konsumsi bayam yang mengandung zat besi. Zat ini bisa menjaga tubuh anda agar tetap fit dan bugar serta nutrisi dan energi terpenuhi. Untuk itu jika anda sedang lemas memakan bayam bisa mengaktifkan kembali metabolisme di tubuh anda.

27). Bagus untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi. Selain membutuhkan nutrisi ibu hamil juga tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan. Maka bayam bisa menjadi salah satu alternatif atau solusi untuk mendapatkan nutrisi bernama asam folat.  Salah satunya adalah asam folat. Asam folat berfungsi untuk penguatan janin dan hal ini bisa didapatkan di bayam terutama bayam merah.

[ Baca juga : 5 Makanan sehat untuk Ibu hamil ]

28). Mencegah pengapuran

Bagi anda yang berusia lanjut dan mengalami pengapuran maka bayam bisa menjadi alternatif untuk makanan anda. Vitamin K adalah komponen penting dari proses yang disebut karboksilasi yang menghasilkan protein matriks GLA yang secara langsung mencegah kalsium dari pembentukan kapur dalam jaringan. Vitamin K terkandung dalam bayam. Otomatis bayam berguna bagi penghasil protein matriks GLA.

[ Baca juga : 30 Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan ]

29). Bagus untuk menstruasi

Menstruasi merupakan hal alami wanita. Dengan terbuangnya kotoran maka tubuh lebih sehat. Menstruasi membutuhkan banyak mineral dan hal itu bisa didapatkan dalam bayam. Dengan adanya mineral , menstruasi terjaga dan tubuh tidak akan lemas karena disisi lain bayampun bisa menjadi sumber energi.

30). Terhindar dari kolesterol jahat

Bayam mengandung kalori tinggi namun tidak mengandung lemak jahat atau kolesterol. Hal ini sangat baik bagi kesehatan. Terutama bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi. Bayam bisa menetralkannya. Konsumsi minimal seminggu dua kali tanpa digoreng. Lebih baik jika disup atau di jadikan smoothies.

[ Baca juga : Makanan penurun kolesterol ]

Itu tadi 30 manfaat bayam untuk kesehatan dan juga tubuh. Menjaga asupan akan lebih baik. Rasa sayur bayam sendiri cukup nikmat dan bisa diterima sebagai makanan yang bisa dikonsumsi tiap hari. Maka tidak ada alasan bukan tidak mengonsumsi makanan sehat ini.  Semoga artikel ini berguna dan selamat mencoba.

Loading...
23 Shares
Share23
+1
Pin
Tweet