5 Gejala Ini Muncul Sebulan Sebelum Serangan Jantung Datang

Gejala Yang Muncul Sebulan Sebelum Serangan Jantung – DatangBanyak orang tidak menduga kalau dirinya memiliki gangguan pada jantungnya. Serangan jantung yang biasanya terjadi mendadak sebenarnya memberikan gejala awal yang seringkali kita sepelekan, bahkan sebulan sebelum terjadinya serangan jantung gejalanya sudah kita rasakan. Lalu mengapa kita tidak menyadari gejala tersebut sebagai pertanda adanya masalah pada fungsi jantung? Jawabannya karena gejala yang timbul lebih mirip seperti masuk angin biasa. Padahal, terlambat menyadarinya akan meningkatkan resiko kematian pada orang yang mengalami serangan jantung.

gejala yang Muncul Sebulan Sebelum Serangan Jantung Datang

Saat jantung bermasalah, biasanya akan muncul rasa nyeri hingga ke ulu hati sehingga sering dianggap sebagai sakit magh biasa. Karena itu banyak yang tidak menyadari kalau ternyata jantungnya lah yang sedang tidak sehat. Penyakit jantung bisa terjadi akibat kebiasaan buruk seperti merokok dan juga pola hidup yang tidak sehat. Stres juga bisa memicu terjadinya serangan jantung. Nah, agar dapat melakukan tindakan penanganan yang lebih cepat, sebaiknya Anda perlu mengetahui apa saja gejala awal yang muncul sebulan sebelum serangan jantung datang.

Gejala Awal Serangan Jantung

1. Mudah Lelah

Jika tubuh mudah merasa lelah padahal tidak sedang melakukan aktivitas berat, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi kelelahan yang Anda alami merupakan pertanda jantung sedang bermasalah. Apalagi jika disertai rasa kantuk yang tidak dapat ditahan dan sering terjadi di luar jam tidur. Karena adanya penyumbatan pembuluh darah sehingga aliran darah tidak berjalan lancar sehingga pasokan oksigen ke seluruh tubuh mejadi berkurang. Jantung juga bekerja lebih keras sehingga tubuh menjadi mudah lelah.

Loading...

2. Nyeri pada Dada Sebelah Kiri

Saat dada terutama pada sebelah kiri terasa nyeri, maka jangan pernah sekalipun mengabaikannya. Karena kemungkinan besar jantung Anda sedang mengalami gangguan yang bisa berpotensi menjadi serangan jantung mendadak. Rasa nyeri muncul karena adanya penyumbatan pembuluh arteri sehingga otot jantung tidak mendapat cukup oksigen dan mengakibatkan kerusakan. Rasa nyeri disertai dengan perasaan seperti ditusuk, ditekan dan terbakar, bahkan terkadang menjalar hingga ke leher dan lengan sebelah kiri.

3. Sesak Napas

Selain rasa nyeri, gejala awal serangan jantung ditandai dengan seringnya mengalami sesak napas. Jantung dan paru-paru memiliki keterkaitan dalam menjalankan fungsinya masing-masing. Paru-paru memberikan pasokan oksigen untuk kemudian dialirkan darah ke seluruh tubuh dengan bantuan jantung sebagai pemompa darah. Nah, jika ada masalah pada paru-paru yang menyebabkan sesak napas, maka besar kemungkinan fungsi jantung juga akan menjadi terganggu.

4. Pusing dan Keringat Dingin

Seperti yang dijelaskan, saat jantung bermasalah maka aliran darah juga menjadi tidak lancar. Apalagi jika terdapat penyumbatan pembuluh darah baik di jantung maupun bagian tubuh lainnya. Artinya suplai oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak juga mengalami hambatan. Akibatnya kepala akan terasa pusing, dengan disertai keluarnya keringat dingin.

5. Flu dan Lemas

Kadang kala serangan jantung juga bisa ditandai dengan penyakit flu, yang disertai dengan keringat dingin dan tubuh yang lemas terus-terusan. Hal ini dikarenakan tubuh mengalami penurunan daya tahan sehingga mudah terserang sakit. Jika Anda mengalami flu dengan kondisi yang berbeda dari biasanya sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Nah, itulah gejala serangan jantung yang muncul sebulan sebelumnya. Jika kita bisa mengetahui gejala tersebut sedini mungkin, maka besar kemungkinan kita akan selamat dari kematian. Usahakan untuk lebih peduli dengan kondisi kesehatan dan tidak menyepelekan gejala penyakit ringan yang terjadi pada tubuh Anda. Menjaga pola hidup sehat dan rutin berolahraga dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet