5 Kebiasaan Buruk Yang Bikin Varises Bermunculan

Kebiasaan Buruk Yang Bikin Varises Bermunculan –┬áVarises merupakan kondisi dimana urat nadi halus terutama pada kaki yang mengalami pelebaran ataupun terbelit dan sewaktu-waktu dapat menimbulkan rasa nyeri. Hal ini dikarenakan pembuluh darah muncul ke permukaan kulit sehingga dapat terlihat jelas pada bagian kaki (biasanya di betis atas). Varises memang tidak terlalu berbahaya namun penampakannya yang tidak sedap dilihat membuat semua orang waspada dan enggan mengalami masalah tersebut. Terutama bagi kaum wanita yang sangat memperdulikan penampilan.

Kebiasaan Buruk Yang Bikin Varises Bermunculan

Varises ini biasanya dialami oleh orang yang memiliki aktivitas berat atau banyak berdiri setiap harinya. Bahkan tanpa disadari ada banyak aktivitas sehari-hari yang menyebabkan meningkatnya resiko varises. Kebanyakan yang mengalami varises biasanya adalah wanita, terutama bagi wanita karir yang bekerja di kantoran atau penjaga swalayan dimana mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan berdiri menggunakan sepatu berhak tinggi. Lalu apa saja kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan varises bermunculan? Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Kebiasaan Penyebab Varises Bermunculan

1. Duduk Lama

Saat duduk, pembuluh darah tidak berjalan dengan lancar, apalagi jika duduk terlalu lama. Otot-otot akan menjadi kaku dan tegang bahkan menekan pembuluh darah. Dalam keadaan duduk berjam-jam biasanya posisi duduk tidak banyak berubah sehingga dapat memicu munculnya varises. Jadi biasakan untuk aktif bergerak, hindari duduk terlalu lama apalagi saat menonton tv atau bermain gadget.

2. Berdiri Berjam-jam

Sama halnya dengan duduk, berdiri terlalu lama juga akan membuat otot menjadi kaku dan tegang, yang pada akhirnya akan menekan pembuluh darah. Jika kebiasaan ini dilakukan setiap hari, maka varises kemungkinan besar akan terjadi. Selain itu, saat berdiri tumpuan kaki berpusat paa tempat yang sama dan pembuluh darah menjadi lemah sehingga varises bisa muncul di bagian belakang kaki. Kebiasaan ini biasanya dilakukan karena tuntutan pekerjaan sehingga sangat sulit untuk dihindari.

3. Duduk Menyilangkan Kaki

Posisi duduk yang normal saja jika berlangsung lama hingga berjam-ham bisa memicu terjadinya varises. Apalagi jika duduk dengan posisi kaki menyilang, dengan salah satu kaki bertumpu pada kaki lainnya. Posisi duduk seperti ini sangat tidak baik, selain memberikan tekanan pada pembuluh darah di kaki juga bisa menyebabkan masalah pada punggung atau tulang belakang. Sebaiknya duduk dengan posisi tubuh tegak dan kaki diluruskan.

4. Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Ini sudah menjadi kebiasaan para wanita. Dengan menggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi, maka rasa kepercayaan dirinya akan meningkat dan merasa penampilannya lebih sempurna. Memang benar saat memakai sepatu hak tinggi wanita akan terlihat lebih anggun saat berjalan. Selain itu, beberapa jenis pekerjaan memang menuntut para pekerja wanitanya menggunakan sepatu berhak tinggi. Karena itu mereka rela merasa lelah menggunakannya meski tahu setelah melepaskan sepatunya kaki mereka akan terasa sangat pegal. Dan tentu saja, kemungkinan besar varises akan muncul.

5. Berlebihan Mengkonsumsi Garam

Makanan yang banyak mengandung garam sebaiknya Anda hindari. Selain dapat membuat kesehatan terganggu, kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan munculnya varises. Garam memang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan natriumnya, namun jika berlebih juga tidak baik bagi kesehatan karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Di samping itu, garam dapat membuat retensi air di dalam tubuh. Akibatnya, pembuluh darah akan tertekan dan menjadi besar, sehingga muncullah varises.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan varises bermunculan. Dengan mengganti pola kebiasaan tersebut, dan menghindarinya sebisa mungkin maka varises dapat kita cegah. Meski tidak membahayakan, namun sebaiknya varises memang dihindari agar tidak mengganggu kesehatan di kemudian hari.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet