6 Buah Ini Memiliki Kandungan Vitamin C Lebih Banyak Dari Jeruk

Buah Yang Memiliki Kandungan Vitamin C Lebih Banyak Dari Jeruk – Tubuh kita memerlukan vitamin C setidaknya 60 miligram setiap harinya, dan biasanya kita memperolehnya dari buah-buahan. Vitamin C berfungsi untuk membantu menjaga imunitas tubuh, memperbaiki jaringan dan kerusakan sel, melindungi tulang dan gigi juga membantu mencerahkan kulit. Saking pentingnya, vitamin C wajib kita konsumsi agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Jika kekurangan vitamin C tubuh akan rentan mengalami sakit juga terhambat dalam penyerapan nutrisi dalam proses metabolisme makanan.

Buah Ini Memiliki Kandungan Vitamin C Lebih Banyak Dari Jeruk

Lalu darimana kita mendapatkan sumber vitamin C? Kebanyakan orang akan mengatakan jeruk lah sebagai sumber vitamin C terbaik. Padahal, banyak buah lainnya yang juga kaya akan vitamin C, bahkan melebihi kandungan vitamin C dalam buah jeruk yang hanya 59-83 miligram per buahnya. Nah, penasaran buah apa saja yang dimaksud? Berikut ini merupakan buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi selain jeruk.

Buah-buahan yang Kaya Vitamin C Selain Jeruk

1. Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi dibandingkan buah lainnya. Kandungan vitamin C nya mencapai 200 miligram per buahnya. Bahkan kandungan seratnya juga lebih tinggi dibandingkan jeruk. Jadi, selain mendapat asupan vitamin C yang mencukupi setiap harinya, kita juga mendapat manfaat seratnya dalam melancarkan pencernaan.

2. Buah Kiwi

Buah kiwi juga mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibanding jeruk, yaitu sekitar 84 miligram setiap satu buah. Buah kiwi sering dijadikan sebagai buah untuk mendukung program diet atau mempercantik kulit wajah secara alami. Rutin mengkonsumsi buah kiwi dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu dalam melawan berbagai infeksi dalam tubuh. Buah kiwi juga mengandung berbagai mineral dan vitamin lainnya yang dapat menyehatkan jantung dan mencegah penyakit stroke.

3. Nanas

Buah yang memiliki rasa asam hingga manis ini mengandung vitamin C sebanyak 39-49 miligram dalam setengah gelas nanas. Selain vitamin C, nanas juga mengandung vitamin A dan B kompleks. Nanas juga mengandung senyawa bromelain yang berfubgsi sebagai anti peradangan, memecah protein makanan dan mengurangi kembung. Meski banysk manfaatnya, sebaiknya batasi mengkonsumsinya bagi penderita sakit lambung.

4. Strawberry

Strawberry juga banyak mengandung vitamin C yaitu sebanyak 84-100 mg dalam takaran secangkir strawberry. Strawberry juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan asam ellagic dan antosianin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penuaan dan gejala kanker, serta melindungi tubuh dari kerusakan saraf dan inflamasi.

5. Melon

Secangkir melon setidaknya mengandung 67 mg vitamin C.  Selain itu, melon juga mengandung vitamin A untuk kesehatan mata dan kalium untuk menjaga kesehatan jantung. Meski melon tidak memiliki rasa asam sedikitpun, kandungan vitamin C dan nutrisi yang lainnya termasuk cukup tinggi.  Melon juga kaya serat untuk menjaga organ pencernaan tetap sehat.

6. Anggur

Buah anggur memiliki berbagai varietas warna, dan untuk anggur merah sendiri dalam 100 gram mengandung vit. C sebanysk 31,2 mg. Anggur juga banyak mengandung antioksidan, serat, zat besi dan kalium. Antioksidan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker, dan zat besi membantu memproduksi sel darah merah yang baru. Kalium sendiri berperan dalam menjaga fungsi jantung dan melebarkan pembuluh darah.

Nah, itulah beberapa jenis buah selain yang mengandung vitamin C cukup banyak. Jika kita mendapat asupan vitamin C yang mencukupi setiap harinya, maka tubuh akan selalu fit dan terhindar dari serangan radikal bebas. Kulit juga menjadi lebih cerah dan halus, karena itu sangat baik mengkonsumsi buah-buahan khususnya yang mengandung vitamin C setiap harinya.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet