6 Manfaat mencuci muka dengan air garam

Manfaat mencuci muka dengan air garam – Garam merupakan senyawa ionik yang terdiri dari ion positif dan ion negatif membentuk senyawa tanpa muatan. Bumbu dapur dengan nama ilmiah NaCl ini sangat berguna untuk menyedapkan masakan. Namun dibalik manfaatnya menambah cita rasa makanan, garam juga memiliki manfaat tak terduga untuk wajah. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan kita karena garam mudah didapat, harganya sangat murah dan mudah digunakan.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mencuci wajah menggunakan air garam. Selain berguna untuk kesehatan, garam juga punya andil dalam mendukung kecantikan wajah. Dengan menggunakannya secara rutin maka masalah yang ada pada kulit terutama kulit wajah akan segera hilang, dengan begitu wajah akan menjadi mulus bagaikan perawatan di salon kecantikan.

Manfaat mencuci muka dengan air garam

Gambar ilustrasi

Manfaat mencuci wajah dengan air garam

1). Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit di wajah yang sangat mengganggu penampilan, karena itu banyak orang yang ingin segera menghilangkannya ketika muncul di wajah. Air garam dapat membantu menghilangkan jerawat bahkan yang membandel sekalipun. Garam dapat mengangkat kotoran pada wajah dan mengikis sel kulit mati sehingga penyebab munculnya jerawat dapat disingkirkan.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat ]

2). Mengontrol Kandungan Minyak pada Wajah

Kulit kering memang membuat kita menjadi tidak nyaman, namun terlalu berminyak juga tidak bagus. Kelebihan minyak akan membuat kotoran dan debu lebih mudah menempel dan membuat wajah menjadi kusam. Dengan membasuh wajah menggunakan air garam setiap hari, kandungan minyak yang berlebih akan segera teratasi, tanpa merusak kulit wajah tentunya.

Loading...

3). Mengatasi Kulit Kering pada Wajah

Selain mengontrol minyak di wajah, air garam juga dapat membuat kulit wajah tetap lembab sehingga terhindar dari kondisi kering dan bersisik. Bahkan air garam juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering di seluruh tubuh dengan mandi menggunakan air garam. Jadi jangan lupa untuk membasuh muka menggunakan air garam dua hari sekali sebelum tidur agar kulit selalu dalam keadaan sehat.

4). Menghaluskan Kulit

Kulit wajah bisa saja menjadi kasar akibat terlalu sering terpapar cahaya matahari, debu dan polusi. Ternyata menggunakan air garam beserta butiran garamnya untuk membasuh muka akan membuat kulit menjadi lebih halus. Air garam mengangkat kotoran pada permukaan kulit sementara butiran garam akan menghaluskan kulit wajah.

5). Menghilangkan dan Mencegah Komedo

Komedo merupakan tumpukan kotoran, minyak dan lemak pada pori-pori kulit sehingga membuat pori-pori tersumbat hingga terbentuklah komedo. Meski tidak sakit, komedo dapat merusak penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Dengan membasuh muka menggunakan air garam secara rutin maka komedo akan segera hilang.

[ Baca juga : Cara menghilangkan komedo ]

6). Mencerahkan Wajah

Wajah bisa menjadi kusam karena jarang dibersihkan, apalagi jika sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Wajah akan menjadi kotor karena terpapar debu dan polusi. Memang hal tersebut dapat diatasi dengan mencuci wajah menggunakan sabun khusus membersihkan wajah namun tidak ada salahnya mencoba air garam untuk mengangkat kotoran pada wajah. Tentu hal tersebut akan menghemat pengeluaran karena tidak perlu produk khusus untuk melakukan perawatan wajah.

[ Baca juga : Manfaat mencuci muka untuk kesehatan kulit ]

Ternyata cukup banyak manfaat membasuh muka dengan air garam, selain perawatanyya yang cukup mudah, garam juga mudah dijumpai dengan harga yang sangat terjangkau. Menggunakannya secara rutin akan memberikan hasil yang maksimal, dan tentu saja tidak ada hasil yang instan. Meskipun mudah, butuh kesabaran yang tinggi untuk menggunakan air garam sebagai perawatan wajah sehari-hari.

Loading...
8 Shares
Share7
+11
Pin
Tweet