6 Posisi Olahraga yang Baik untuk Pemulihan Nyeri Pinggang

Olahraga untuk Pemulihan Nyeri Pinggang – Hampir semua orang pernah mengalami nyeri atau sakit pada pinggang, terutama pada orang yang umurnya tidak lagi muda. Selain karena otot pinggang yang mulai melemah, kebiasaan duduk yang salah dan sering mengangkat beban yang berat juga kerap menjadi penyebab seseorang mengalami sakit pinggang. Nyeri yang dirasakan bukan tanggung-tanggung, bahkan segala aktivitas menjadi terganggu saat pinggang terasa nyeri.Lebih parah lagi, jika kita salah memposisikan tubuh saat berjalan atau duduk, rasa nyeri akan bertambah hebat.

Olahraga untuk Pemulihan Nyeri Pinggang

Nah, meski sedang mengalami sakit pinggang, jangan menjadi malas dan hanya duduk berdiam diri. Hal tersebut justru akan memperparah penyakit tersebut. Lawan rasa sakit dan cobalah untuk melakukan olahraga ringan agar pinggang dan bagian tubuh lainnya tidak menjadi kaku. Kabar baiknya, ternyata ada beberapa posisi olahraga yang dapat membantu mempercepat masa pemulihan nyeri pinggang yang mungkin sedang Anda alami. mau tahu apa saja? Langsung simak penjelasan berikut ini.

6 Olahraga untuk Pemulihan Nyeri Pinggang

1. Child Pose (Balasana)

Posisi ini sangat mudah dilakukan, terutama untuk yang sudah menginjak lanjut usia. Ambil posisi duduk dengan kaki bersila, lalu perlahan membungkuk dan letakkan kedua telapak tangan di lantai. Tahan posisi ini dalam 10-15 detik. setelah itu secara perlahan angkat tangan dan kembalikan tubuh ke posisi duduk seperti semula.

Loading...

2. Pose Cobra

Posisi Pose Cobra memang sedikit sulit untuk dilakukan, tetapi jika Anda sudah terbiasa maka hal tersebut akan menjadi mudah. Caranya, posisikan tubuh dengan perut dan dahi menempel pada lantai (lebih baik menggunakan matras). Rapatkan kedua tangan dan kaki dengan tubuh. Lalu secara perlahan angkat bagian tubuh atas dengan bertumpu pada kekuatan otot pinggang. Tahan sebentar lalu kembali lagi ke posisi semula. Lakukan beberapa kali sesuai kemampuan Anda.

3. Pose Bow (Dhanurasana)

Posisi ini hampir mirip dengan Pose Cobra pada sesi permulaannya, yaitu dengan menempelkan perut dan dahi ke matras. Setelah itu, angkat bagian tubuh atas sambil tangan menjangkau kaki yang juga dibengkokkan ke atas. Jadi posisi akhir hanya perut yang menempel di matras sedangkan tangan menarik kaki ke atas. Tahan selama yang Anda mampu kemudian kembali ke posisi semula secara perlahan.

4. Boat Pose

Posisi ini awalnya dimulai dengan duduk sambil menekuk lutuk. Secara perlahan angkat kaki dengan lurus ke atas bersamaan dengan posisi tangan yang juga diangkat lurus sejajar dengan kaki. Bertahanlah dalam posisi ini setidaknya dalam 7 menit, lalu kembali ke posisi semula secara perlahan.

5. Cat Pose (Marjaryasana)

Selain dapat membantu memulihkan nyeri pinggang Anda, posisi Cat Pose dapat membantu melenturkan otot punggung dan pinggang. Caranya, ambil posisi seperti merangkak, lutut menempel di lantai, telapak tangan juga di lantai dengan posisi sejajar dan tegak lurus dengan bahu. Posisi kaki sejajar dan telapak kaki menghadap ke atas. Angkat punggung dan tahan setidaknya 2-4 menit lalu kembali ke posisi semula.

6. Plank Pose

Posisi ini mirip dengan posisi push-up saat tubuh berada di atas. Posisi telapak tangan menempel di lantai, sejajar dan tegak lurus dengan bahu. Kemudian dorong badan hingga tangan menjadi lurus dan menopang tubuh secara penuh. Busungkan dada hingga seluruh otot pada punggung dan pinggang terasa seperti ditarik.

Itulah 6 posisi olahraga yang bisa Anda lakukan jika sedang mengalami sakit pinggang. Bahkan olahraga tersebut juga baik dilakukan dalam keadaan sehat, untuk menghindari terjadinya cedera pada pinggang dan punggung. Jika tubuh selalu sehat, maka segala aktivitas dapat dikerjakan dengan lancar.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet