8 Makanan yang Sangat Dianjurkan Saat Asam Lambung Naik

Makanan yang Sangat Dianjurkan Saat Asam Lambung Naik –┬áKondisi asam lambung yang meningkat dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman pada perut. Selain itu, jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka dapat menyebabkan penyakit magh dan tukak lambung. Keadaan tersebut tidak boleh dibiarkan karena dapat mengganggu kesehatan. Bahkan asam lambung dan penyakit magh dapat mengancam nyawa seseorang. Jadi jangan pernah menyepelekan jika asam lambung sering meningkat.

Untuk mengatasi kadar asam lambung yang tinggi dan mencegahnya untuk kambuh lagi, ada berbagai cara yang dapat dilakukan. Beberapa di antaranya makan tepat waktu, hindari makan sampai terlalu kenyang, menjauhi minuman bersoda dan makanan yang banyak mengandung asam dan mengkonsumsi makanan yang dapat meredam kadar asam lambung. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dipercaya sangat baik dikonsumsi bagi penderita penyakit asam lambung.

Makanan yang baik untuk kesehatan lambung

1. Pisang

Pisang mengandung senyawa antasida alami, yang dapat melapisi dinding lambung dan menetralisir kadar asam lambung yang berlebihan. Pisang dapat membantu mencegah iritasi pada dinding lambung maupun dinding saluran pencernaan sehingga organ pencernaan menjadi sehat.

Baca juga : 30 Manfaat buah Pisang bagi kesehatan

2. Alpukat

Buah alpukat tidak hanya memberikan manfaat dalam bidang kecantikan saja, namun juga banyak manfaatnya untuk memelihara kesehatan. Salah satunya dapat menjaga asam lambung agar tidak diproduksi secara berlebihan. Dalam 100 gram daging buah alpukat terkandung sebanyak 485 mg mineral kalium, yang berfungsi untuk menetralkan kadar asam lambung yang berlebih.

Baca juga : 30 Manfaat buah Alpukat bagi kesehatan

3. Melon

Melon juga bermanfaat dalam mengatasi kadar asam lambung yang tinggi karena mengandung kalium sebanyak 280 mg dalam 100 gram daging buah alpukat. Tidak hanya itu, alpukat mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, jadi buah ini sangat bagus jika dikonsumsi secara rutin.

4. Brokoli

Sayuran satu ini banyak sekali mengandung nutrisi yang tidak hanya baik untuk memelihara kesehatan namun juga sangat dianjurkan untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung. Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membasmi kuman Helicobacter pylori, dimana kuman tersebut sangat suka berkembang biak di lambung dan sering menyebabkan penyakit lambung.

5. Kentang

Kandungan kalium dalam kentang memang tidak setinggi alpukat dan melon, namun dengan jumlah 200 mg di setiap 100 gram kentang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Tentu saja, kandungan kaliumnya dapat mengatasi kelebihan asam lambung di dalam perut.

Baca juga : 30 Manfaat kentang bagi kesehatan

6. Kunyit

Biasanya kunyit memang digunakan untuk merawat kulit dan juga sebagai bumbu masakan, namun ternyata kunyit juga dapat membantu mengatasi kadar asam lambung berlebih. Kandungan senyawa dalam kunyit dapat berfungsi sebagai anti jamur dan anti bakteri, sehingga efektif jika digunakan untuk antioksidan alami.

7. Timun

Timun yang sering dijadikan lalapan ini ternyata juga dapat diandalkan dalam mengatasi penyakit asam lambung. Efek dingin yang diberikan membuat lambung jadi tidak mudah perih, dan terhindar dari rasa sakit dan mual yang berkepanjangan.

8. Lidah Buaya

Sama seperti timun, lidah buaya juga dapat memberikan sensasi dingin dan lendirnya membantu menjaga lapisan dinding lambung agar tidak mudah terluka atau merasa nyeri. Berbagai kandungan nutrisi dalam lidah buaya dapat kita peroleh hanya dengan meminum segelas jusnya setiap hari.

Baca juga : 30 Manfaat Lidah Buaya bagi kesehatan

Nah, sudah tahu kan makanan apa saja yang sangat dianjurkan untuk kamu makan saat asam lambung sedang naik. Jangan lupa untuk menjauhi makanan yang dapat memicu meningkatnya asam lambung agar kondisi lambung senantiasa terjaga dan sehat. Lambung yang sehat akan membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet