Bahaya Kesehatan Saat Kamu Tinggal di Tempat Berisik

Bahaya Kesehatan Saat Kamu Tinggal di Tempat Berisik –┬áPolusi itu bukan hanya ada pada udara dan air saja, bahkan suara pun bisa menjadi polusi jika sudah dianggap mengganggu. Kebisingan di daerah kota besar yang dihasilkan dari klakson dan mesin kendaraan mungkin sudah tak asing terdengar. Mungkin kita juga sering dihadapkan dengan pusat keramaian seperti tempat perbelanjaan dan lingkungan yang ramai dan padat penduduk. Tentu saja tempat seperti itu biasanya sangat berisik, ada berbagai suara yang dihasilkan dari berbagai penjuru. Nah, jika Anda merasa terganggu dengan kondisi tersebut, maka bisa dikatakan itu merupakan polusi suara.

Bahaya Kesehatan Saat Kamu Tinggal di Tempat Berisik

Polusi suara mungkin tidak begitu diperhatikan seperti polusi udara yang membuat sesak napas dan polusi perairan yang bisa menyebabkan keracunan. Namun, jangan pernah sekalipun menyepelekan mengenai polusi suara yang belakangan ini kian meningkat. Tingkat kebisingan yang parah akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, baik secara fisik maupun psikis. Tempat berisik sebaiknya Anda hindari, jika tidak ingin terkena dampak buruk seperti yang dijelaskan pada uraian berikut ini.

Dampak Buruk Tinggal di Tempat Berisik

1. Mengalami Masalah Kejiwaan

Coba bayangkan jika Anda harus tinggal di lingkungan yang berisik, pasti emosi Anda mudah untuk terpancing dan mudah sekali marah. Memang benar jika suasana bising dan tidak tenang, maka kita akan merasa mudah gelisah, tidak dapat mengontrol emosi dengan baik, bersikap argumentatif dan mudah merasakan cemas. Tentu saja semua hal tersebut dapat terjadi mengingat tidak ada ketenangan yang bisa dinikmati di dalam rumah sendiri.

[ Baca juga : 10 Penyakit berbahaya akibat stress berlebih ]

2. Muncul Gangguan Endokrin

Sistem endokrin dalam tubuh tidak akan berjalan dengan normal saat Anda berada di tempat yang berisik. Efek dari suara yang mengganggu telinga akan menyebabkan produksi hormon adrenalin dan nonadrenalin meningkat. Akibatnya kadar kortisol dalam darah ikut meningkat dan menyebabkan tubuh mengalami retensi cairan, mudah lelah, mengalami penurunan imunitas tubuh, penambahan berat badan, hingga gagal jantung dan penyakit stroke.

3. Resiko Perkembangan Anak yang Terganggu

Saat anak masih dalam kandungan memang organ tubuhnya belum sempurna. Namun mereka tetap bisa mendengar suara yang berasal dari luar, dan mereka merespon setiap suara yang didengar. Jika seorang ibu hamil berada pada tempat yang berisik, maka anak yang dikandungnya akan mengalami gangguan perkembangan hingga saat dilahirkan nanti. Hal tersebut dikarenakan dalam kondisi bising produksi hormon menjadi terganggu sehingga proses perkembangan anak juga ikut terganggu.

[ Baca juga : Cara membuat anak kembar ]

4. Mengalami Gangguan Tidur

Hal ini tentu merupakan hal yang paling akan terasa saat Anda tinggal di tempat berisik. Saat banyak suara yang mengganggu dan terlalu ramai, maka tidur juga akan menjadi terganggu dan bisa dipastikan akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur yang tidak nyenyak dapat menyebabkan gangguan sistem endokrin, meningkatkan stres dan menimbulkan gangguan kardiovaskular.

5. Masalah Jantung dan Hipertensi

Kedua masalah kesehatan yang saling berhubungan ini juga akan kerap muncul jika Anda memaksakan diri untuk tinggal di tempat yang penuh keributan. Suara berisik dari berbagai sumber bisa memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan jantung. Selain itu, tekanan darah juga ikut meningkat sehingga bahaya hipertensi akan mengintai Anda.

[ Baca juga : 6 Gejala Penyakit jantung yang harus diwaspadai ]

Nah, itulah bahaya dari tinggal di tempat berisik untuk kesehatan tubuh. Jika memungkinkan, carilah tempat tinggal ke pinggiran kota atau desa untuk menghindari kebisingan. Namun jika tidak bisa, penutup telinga bisa menjadi pilihan untuk digunakan saat akan bersantai di rumah.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet