Bahaya terlalu lama duduk bagi kesehatan

Bahaya terlalu lama duduk bagi kesehatan – Anda sering duduk di kantor berjam-jam ? atau sering membiasakan diri duduk di depan komputer karena kebutuhan. Sebenarnya duduk merupakan posisi yang cukup nyaman jika melakukan sesuatu. Tubuh bagian belakang akan menopang seluruh tubuh kita dan tidak terlalu lelah, dibandingkan dengan berdiri atau jongkok (setengah duduk). Namun ternyata terlalu lama duduk sangat tidak baik bagi kesehatan. Jadi apa saja akibat yang bisa ditimbulkan dari duduk yang terlalu lama ?

Bahaya terlalu lama duduk bagi kesehatan

Gambar ilustrasi

6 Bahaya terlalu lama duduk bagi kesehatan

1).  Komplikasi bagian sistem pencernaan

Duduk yang terlalu lama tentu saja akan menekan bagian perut yang cukup lama. Sebagain besar perut tertekan dengan tekanan yang besar, terutama isi perut. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi jelek salah satunya komplikasi pada sistem pencernaan. Isi perut tidak bekerja dengan baik dan menyebabkan tubuh menjadi sulit mencerna. Selain itu isi perut akan menyebabkan disfungsi dan mengakibatkan sakit pada perut, seperti perut kembung, kram dan juga terakhir diare dan masalah pencernaan lainnya.

[ Baca juga : Tips menjalankan pola hidup sehat agar tubuh tetap bugar ]

2). Bentuk tubuh atau postur tubuh terganggu

Duduk tentu saja melibatkan tulang terutama tulang belakang mulai dari leher hingga bagian pinggang atau bokong. Nah, bentuk tubuh yang sehat merupakan bentuk tubuh yang memiliki punggung lurus dan tegak. Sayangnya jika anda sering duduk maka tubuh akan mengalami gangguan postur dan juga bermasalah dibagian tulang. Anda juga akan merasakan sakit berlebihan pada leher dan bahu yang disebabkan posisi yang begitu saja. Belum tentu posisi duduk yang anda lakukan sudah benar, bisa saja posisi duduk anda salah dan semakin berbahaya. Terutama bagi anda yang bekerjanya memerlukan duduk yang lama, usahakan berjalan sejenak atau beristirahat dalam beberapa waktu sehingga tubuh anda tidak terus menopang tubuh dan postur tubuh tidak rusak.

[ Baca juga : Cara meninggikan badan secara alami ]

3).  Pembekuan darah pada tubuh

Duduk yang terlalu lama akan menghambat aliran darah dipembuluh vena untuk bekerja. Sehingga darah tidak akan teraliri dengan baik dan bisa sampai menyebabkan kerusakan dan pembekuan darah. Tentu saja anda tidak ingin hal ini terjadi kan. Bahkan darah merupakan satu-satunya cairan yang ada didalam tubuh yang membawa bahan makanan dan juga oksigen. Sudah tentu akan berbahaya jika aliran darah anda terganggu. Usahakan untuk tidak duduk terlalu lama jika anda sudah mengalami nyeri pada tubuh.

4). Terjadi perubahan bentuk kaki

Tubuh sudah memiliki posisi dan bentuknya tersendiri. Termasuk dengan kaki dan seluruh bagianya. Bagaimana jika bentuk kaki anda berubah ? hal ini bisa terjadi jika anda duduk terlalu lama dan juga terlalu memaksa. Bentuk kaki akan berubah menjadi seperti huruf O, W dan juga X. Selain itu duduk terlalu lama juga bisa menghambat pertumbuhan kaki. Terutama jika anda duduk dengan bentuk seperti bersila atau menumpukan kedua kaki di sekaligus. tentu saja duduk terlalu lama akan menyebabkan hal yang fatal. Usahakan untuk tidak duduk seperti itu dalam waktu yang sangat lama.

[ Baca juga : Manfaat luar biasa rutin berjalan kaki bagi kesehatan ]

5). Persendian akan nyeri terutama di lutut

Bagi anda yang sudah berusia lanjut atau berumur akan berbahaya jika duduk terlalu lama. Sendi sudah mudah nyeri dan juga mengalami dislokasi. Sehingga usia lanjut harus menghindari duduk terlalu lama. Sendi memang bagian yang sangat sensitif. Selain itu ketika sendi nyeri maka aktifitas akan terganggu dan tidak bisa bergerak atau tidak bisa berjalan. Sakit yang dideritapun tidak mudah dan enak. Duduk lama akan memberikan dampak yang tidak enak bukan.

6). kelebihan berat badan

Apa hubungannya duduk dengan berat badan ? wah jika anda berpikir seperti itu maka anda salah. Duduk yang terlalu lama menyebabkan tubuh tidak melakukan pembakaran lebih. Sehingga jika anda mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi sedangkan sepanjang hari anda hanya duduk manis, maka tentu saja berat badan anda akan bertambah. Duduk tidak bisa membakar metabolisme secara besar seperti berjalan kaki rutin atau jogging. Sebaiknya mulai sekarang hindari duduk berlama-lama, terutama jika sambil memegang makanan ringan dan melakukannya berulang-ulang setiap harinya.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan secara efektif ]

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet