Benarkah Es Batu Ampuh Untuk Mengobati Cedera

Es Batu Ampuh Untuk Mengobati Cedera –¬†Saat melakukan aktivitas sehari-hari, seringkali tanpa kita sengaja telah melakukan kesalahan hingga menimbulkan cedera pada bagian tubuh. Cedera tersebut biasanya akan menimbulkan peradangan dan mulai membengkak. Hal tersebut wajar dan normal terjadi, karena pembengkakan dan peradangan merupakan reaksi perlindungan terhadap tubuh agar tidak terjadi kondisi yang semakin parah. Namun bukan berarti saat terjadi cedera pada tubuh Anda tidak melakukan tindakan apapun. Perlu tindakan yang tepat agar cedera bisa segera sembuh.

Es Batu Ampuh Untuk Mengobati Cedera

Seringkali pembengkakan dan peradangan akibat cedera menjadi semakin parah, dengan rasa nyeri yang juga semakin bertambah. Nah, biasanya secara spontan orang-orang akan mengambil es batu untuk mengompres bagian tubuh yang cedera dengan tujuan untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkak. Memang benar kalau sensasi dingin dari es batu dapat menghambat aliran darah ke area cedera sehingga dapat mencegah pembengkakan. Bahkan dinginnya es batu dapat menekan rasa nyeri sehingga rasa sakit menjadi berkurang. Namun tahukah Anda kalau ternyata es batu tidak selamanya baik untuk mengatasi luka atau pembengkakan akibat cedera?

Bagaimana Es Batu Bekerja?

Saat cedera, aliran darah ke area luka akan menjadi lebih cepat untuk menyalurkan lebih banyak protein dan mempercepat penyembuhan. Namun konsekuensi dari berkumpulnya darah ini adalah munculnya pembengkakan pada area cedera. Dengan ditempelkan es batu pada bagian tubuh yang cedera maka aliran darah akan menjadi lambat sehingga pembengkakan dapat dicegah. Es batu juga memberikan rasa dingin sehingga dapat menekan syaraf sementara waktu dan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari cedera tersebut.

Mengapa Es Batu Sebaiknya Dihindari untuk Mengobati Cedera?

Jika selama ini es batu menjadi pertolongan pertama bagi Anda untuk mengatasi pembengkakan akibat cedera, sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut. Memang benar es batu dapat mencegah pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri, namun hal tersebut justru memberikan dampak buruk terhadap cedera itu sendiri. Apalagi cedera yang dialami memiliki luka, maka es batu bukan solusi tepat untuk mengatasinya.

Alasan terhadap pernyataan di atas adalah karena peradangan merupakan proses tubuh untuk menyembuhkan luka yang dialaminya. Secara otomatis, jika ada luka atau cedera maka aliran darah akan lebih cepat untuk berkumpul di sekitar luka. Darah tersebut membawa berbagai protein untuk membantu memperbaiki jaringan dan mempercepat penutupan luka. Memang darah yang berkumpul tersebut menyebabkan area sekitarnya menjadi bengkak, namun hal tersebut merupakan reaksi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Es batu ternyata juga bisa menghalangi aliran cairan limfatik yang justru sangat bermanfaat dalam proses menyembuhkan luka. Selain itu, es batu juga dianggap sebagai penyebab lambatnya pergerakan, mengurangi kekuatan otot tertentu dan koordinasi setiap jaringan tubuh dalam mengatasi cedera tersebut. Sensasi dingin dari es batu akan memperlambat aktivitas sel sehingga sintesa protein untuk penyembuhan luka pun menjadi lebih lama. Peradangan memang dianggap sebagai masalah pada tubuh sehingga harus segera diatasi, padahal kenyataannya justru peradangan adalah bentuk reaksi tubuh untuk melakukan penyembuhan.

Jika tidak ada peradangan maka saat itulah proses penyembuhan luka telah berhenti. Jadi tidak masalah jika Anda tidak menemukan es batu saat mengalami cedera, apakah itu dalam bentuk luka maupun memar atau nyeri sendi. Biarkan tubuh secara alami menyembuhkan dirinya sendiri dengan segala proses biologis yang terjadi di dalamnya. Anda hanya perlu memberikan tubuh kesempatan untuk beristirahat dan menghindari pekerjaan yang dapat memperparah cedera.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet