Biji Chia Ternyata Ampuh Untuk Mengecilkan Perut

Manfaat biji Chia untuk mengecilkan perut – Masyarakat Indonesia mungkin sedikit kurang familiar dengan yang namanya biji chia atau chia seeds. Memang Makanan satu ini bukan berasal dari dalam negeri, melainkan berasal negara Meksiko. Sekilas biji chia mirip dengan biji selasih, namun keduanya sangat berbeda baik dari warna maupun kandungan nutrisinya. Biji chia digadang-gadang sebagai super food karena kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Bahkan dikabarkan biji chia sangat ampuh untuk dijadikan menu makanan bagi orang yang sedang merencanakan diet untuk mengecilkan perut.

Manfaat biji Chia untuk mengecilkan perut

Tentu saja hal tersebut bukan sekedar isapan jempol belaka, karena memang khasiatnya dalam menurunkan berat badan sudah terbukti. Meski sedikit sulit ditemukan dan harganya yang lumayan mahal, tidak ada salahnya untuk mencoba diet dengan biji chia yang kaya nutrisi. Selain perut menjadi rata, tubuh pun menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Lalu bagaimana biji chia bisa mengecilkan perut yang mengandung lemak berlebih? Yuk simak fakta berikut ini.

Manfaat Biji Chia untuk Mengecilkan Perut

1. Kaya Serat

Biji chia mengandung cukup banyak serat. Seperti yang kita tahu, serat dapat membantu melancarkan pencernaan dengan merangsang gerak peristaltik usus, melembabkan permukaan dinding usus sehingga makanan lebih untuk lewat, dan membuat sisa makanan lebih mudah untuk dikeluarkan. Serat sangat penting untuk tubuh agar organ pencernaan tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan dan mengeluarkannya dalam bentuk feses. Ditambah lagi serat pada biji chia mampu mengikat lemak yang menumpuk di usus, sehingga dapat membantu dalam menghindari perut buncit.

2. Sedikit Karbohidrat

Makanan yang banyak mengandung karbohidrat sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan, karena karbohidrat yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh dan tidak diubah menjadi energi akan diubah menjadi lemak sebagai cadangan makanan. Ini tentu saja akan mempercepat perut menjadi buncit. Jika ingin ngemil atau makan banyak, konsumsilah biji chia, yang dalam satu onsnya hanya mengandung 12 gram karbohidrat. Jadi tidak perlu khawatir menjadi gemuk karena terlalu banyak mengkonsumsinya.

3. Kandungan Protein yang Tinggi

Biji chia juga mengandung protein yang cukup banyak, sehingga dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Protein tidak seperti karobhidrat yang cepat dicerna, karena itu protein sangat direkomedasikan untuk dikonsumsi agar Anda tidak cepat merasa lapar dan keinginan ngemil menjadi berkurang. Salah satu sumber protein nabati terbaik bisa Anda dapatkan dari biji chia.

4. Mampu Menyerap Air

Rasa kenyang yang ditimbulkan dari biji chia bukan hanya dari kandungan proteinnya saja, karena biji chia ternyata juga dapat menyerap air lebih banyak. Artinya jika kita memakannya perut akan lebih cepat kenyang. Biji chia juga sangat bagus dalam hal menghidrasi tubuh sehingga cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak buru-buru diproses untuk kemudian dibuang kembali dalam bentuk urin.

5. Mengandung GelĀ  untuk Detoksifikasi

Ada yang unik pada biji chia, yaitu kandungan gelnya yang dapat menyerap racun dan senyawa kimia yang menumpuk di dalam tubuh. Jika kita rutin mengkonsumsi biji chia, itu artinya sama dengan kita membantu dalam mengurangi racun dalam tubuh. Proses detoksifikasi dengan biji chia tergolong sangat mudah, karena kita tinggal memakannya saja dan keesokannya semua zat berbahaya dalam tubuh akan dikeluarkan bersama feses.

[ Baca juga : 30 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan & kecantikan ]

Wah, ternyata biji chia benar-benar luar biasa. Selain ampuh dalam mengatasi perut buncit, juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Biji chia juga sangat cocok dikonsumsi untuk mengatasi stres, sehingga dapat dimanfaatkan juga dalam hal menjaga mood tetap baik.

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet