Buah-buahan Yang Wajib Dikonsumsi Bagi Penderita Demam Berdarah

Buaha Yang Baik┬áDikonsumsi Bagi Penderita Demam Berdarah – Orang yang sedang sakit biasanya akan disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan, termasuk bagi penderita demam berdarah. Tujuannya agar tubuh tetap mendapat asupan nutrisi, berbagai vitamin dan mineral untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Bagi penderita demam berdarah, ternyata ada buah-buahan khusus yang sangat disarankan untuk dikonsumsi agar dapat meningkatkan produksi antibodi dan meningkatkan kadar trombosit darah yang menurun secara drastis.

Buah-buahan Yang Wajib Dikonsumsi Bagi Penderita Demam Berdarah

Seperti yang kita tahu, penyakit demam berdarah ditandai dengan demam dan panas tinggi hingga mencapai 41 derajat celsius, timbul bintik merah di kulit dan sekujur tubuh terasa nyeri. Jika dilakukan tes darah, maka akan terlihat jumlah trombosit yang jauh menurun dari angka normal. Tentu saja demam berdarah tidak boleh dianggap remeh, karena jika terlambat ditangani maka penderita bisa meninggal dunia. Selain mengandalkan pengobatan medis, kita bisa mempercepat penyembuhan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang disarankan.

Buah yang Wajib Dikonsumsi Penderita Demam Berdarah

1. Jambu Biji Merah

Jambu biji merah mengandung nutrisi lebih banyak dari jambu biji biasa, dengan kandungan vitamin C yang tinggi dari buah lainnya. Karena itu jambu biji merah sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang mengalami penyakit demam berdarah. Vitamin C akan meningkatkan daya tahan tubuh dan berbagai nutrisi di dalamnya akan membantu tubuh untuk pulih lebih cepat.

2. Jus Kurma

Jus atau sari kurma juga terbukti sangat mujarab untuk mengobati penderita demam berdarah. Banyak pasien yang merasa lebih cepat sehat dan bugar setelah mengkonsumsi jus kurma. Berbagai kandungan nutrisi dalam kurma sangat bagus dalam mendongkrak kadar trombosit dalam tubuh, karena itu jus atau sari kurma wajib untuk dicoba. Jika malas membuat sendiri, di toko obat sudah banyak yang menjualnya dalam bentuk sari kurma yang praktis dan bisa langsung diminum.

3. Buah Jeruk

Sama seperti jambu biji, jeruk juga kaya akan vitamin C. Vitamin C merupakan booster yang paling efektif dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk penderita demam berdarah, sebaiknya jeruk dikonsumsi dengan dijadikan jus. Cukup kupas jeruk 1-2 buah lalu blender hingga halus. Tambahkan satu sendok makan madu dan minumlah 2 kali sehari sampai DBD sembuh.

[ Baca juga : 30 Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan & kecantikan ]

4. Kelapa Muda

Mungkin kelapa muda tidak secara langsung memulihkan pasien dari penyakit DBD, namun air dari kelapa muda mengandung banyak elektrolit alami untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Pasien demam berdarah biasanya mudah berkeringat sehingga rentan mengalami dehidrasi. Dengan begitu, tubuh tidak akan kekurangan cairan dan proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat.

5. Pepaya

Buah pepaya juga tidak secara langsung membantu menyembuhkan penyakit demam berdarah, namun dengan mengkonsumsinya secara rutin penyakit Anda akan segera sembuh. Pepaya juga mengandung air dan vitamin C yang sangat bermanfaat dalam menjaga imunitas tubuh tetap stabil dan terhindar dari dehidrasi. Pepaya bisa dimakan langsung atau dijadikan jus yang segar.

[ Baca juga : Manfaat buah pepaya bagi kesehatan ]

6. Strawberry

Buah strawberry mungkin terasa agak asam sehingga tidak semua orang menyukainya. Namun buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita demam berdarah agar stamina cepat pulih dan tubuh bisa kembali sehat. Selain vitamin C, strawberry juga mengandung multivitamin dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Lebih baik jika dijadikan jus dan ditambah sedikit susu agar khasiatnya lebih terasa.

Itulah beberapa buah-buahan yang dapat dikonsumsi oleh penderita demam berdarah. Bagaimana cara mengkonsumsinya itu terserah Anda. Asalkan tetap diperhatikan, bila memiliki riwayat penyakit magh, sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi buahdi atas yang bersifat asam.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet