Cara Alami Untuk Menyingkirkan Jamur Kuku

Cara Menyingkirkan Jamur Kuku –┬áMasalah jamur kuku merupakan masalah yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Kondisi kuku yang mengerak, menebal, rapuh, bahkan terpisah dari kulit dan menimbulkan bau tak sedap adalah bentuk dari kerugian yang ditimbulkan dari jamur kuku. Jamur kuku dapat menular ke orang lain melalui alas kaki yang dipakai bergantian dan gunting kuku yang dipakai bersama.

Cara Menyingkirkan Jamur Kuku

Jamur yang menyerang kuku dapat muncul dikarenakan berbagai hal seperti terlalu lama menggunakan kaos kaki dan sepatu sehingga jari kaki dalam kondisi lembab, melemahnya imunitas tubuh, kurang menjaga kebersihan dan membiarkan kaki tetap basah setelah mandi. Jika Anda mengalami masalah jamur kuku, jangan buru-buru panik. Karena ada cara dan bahan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi jamur kuku di kaki. Cara melakukannya sangat mudah, dengan bahan yang mudah terjangkau dan praktis.

Cara Alami Menyingkirkan Jamur Kuku

1. Air Lemon

Air perasan lemon mengandung asam yang cukup pekat dan dapat menyingkirkan jamur dengan mudah. Air perasan lemon dapat bertindak sebagai antiseptik alami yang dapat membunuh jamur dan mencegahnya muncul kembali. Cara menggunakannya terbilang sangat mudah. Cukup dengan mengoleskan secara perlahan dan menyeluruh air perasan lemon pada seluruh permukaan kuku kaki. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air perasan lemon yang dicampur dengan sedikit minyak zaitun untuk terapi pijat kuku.

[ Baca juga : Manfaat Jeruk Lemon untuk kesehatan & kecantikan ]

2. Cuka Apel

Sama seperti lemon, cuka apel juga memiliki kandungan asam yang sangat tinggi berupa asam asetat. Sifat asam tersebut bersifat sebagai antimikroba sehingga dapat membasmi jamur kuku dan mencegahnya datang kembali. Bahkan cuka apel sangat ampuh dalam menghambat persebaran jamur kuku. Cara menggunakannya, rendam kaki dengan air hangat yang dicampur cuka apel, atau bisa juga dengan mengoleskannya pada seluruh permukaan kuku yang sedang terinfeksi jamur. Diamkan selama kurang lebih setengah jam lalu bilas hingga bersih.

[ Baca juga : 10 Manfaat Cuka Apel untuk kesehatan & kecantikan ]

3. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh juga bersifat antiseptik, sangat ampuh dalam melawan bakteri dan jamur yang menyerang kuku dan kulit. Dengan mencampurkannya bersama minyak zaitun atau minyak kelapa, maka khasiatnya akan lebih terasa. Gunakan campuran minyak pohon teh dengan mencelupkan kapas ke dalamnya lalu ditempelkan pada kuku yang terinfeksi jamur. Diamkan selama 10 menit lalu sikat kuku dengan lembut menggunakan sikat gigi. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, sebaiknya lakukan cara ini 2-3 kali sehari.

4. Baking Soda

Siapa sangka baking soda bisa digunakan untuk membasmi jamur dan mengatasi masalah jamur kuku. Cara menggunakannya, campurkan satu setengah cangkir baking soda dengan satu seperempat cangkir larutan hidrogen peroksida dan satu setengah cangkir garam Epsom, masukkan ke dalam wadah yang berisi 4 cangkir air hangat. Bila perlu tambahkan juga satu seperempat cangkir cuka putih lalu aduk hingga rata. Gunakan untuk dioleskan pada kuku yang terkena jamur dan diamkan selama 10 menit. Lakukan selama seminggu dengan intensitas 2 kali sehari.

5. Obat Kumur atau Cairan Pembersih Mulut

Infeksi yang disebabkan oleh jamur kuku juga bisa disembuhkan dengan menggunakan obat atau cairan pembersih mulut. Karena cairan tersebut mengandung antiseptik dan alkohol sehingga sangat ampuh dalam membasmi bakteri dan jamur. Caranya, sediakan air dalam baskom lalu tambahkan dengan cairan pembersih mulut. Rendam kaki selama 30 menit sambil kuku digosok dengan lembut, lakukan setiap hari hingga kuku sembuh.

Demikian cara menyingkirkan jamur kuku secara alami. Hasil yang diperoleh memang relatif tergantung tingkat keparahan. Namun dengan menggunakan bahan alami kita tidak perlu takut dengan efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet