Cara membuat anak kembar

Cara membuat anak kembar – Setiap pasangan yang telah menikah pasti ingin segera memiliki keturunan. Hadirnya sang buah hati di tengah pernikahan akan semakin menambah kebahagiaan dan keharmonisan rumah tangga. Dan tak jarang pula pasangan suami istri menginginkan anak kembar. Ya, anak lembar memang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Begitu banyak orang yang merasa gemas dengan melihat dua anak kembar yang lucu-lucu dan terkadang sulit dibedakan dari tampilan fisik.

Anak kembar sendiri terbagi menjadi dua tipe berdasarkan sel telur yang dibuahi. Anak kembar identik berasal dari satu sel telur yang sama, dan pada perkembangannya setelah dibuahi sel telur membelah menjadi dua sehingga terbentuk dua zigot.. Untuk jenis kembar identik, hampir seluruh tampilan fisik terlihat sangat mirip sehingga sangat sulit dibedakan. Sedangkan kembar tak identik berasal dari dua sel telur yang berbeda yang dilepaskan secara bersama-sama dalam satu waktu. Biasanya anak yang kembar tak identik memiliki tingkat kemiripan sangat kecil, malah terkadang bisa berbeda sama sekali.

cara membuat anak kembar

Gambar ilustrasi

Lalu bagaimana cara mendapatkan anak kembar? Jika dilakukan secara alami sebenarnya agak sedikit sulit, karena tidak ada metode atau cara yang pasti yang bisa dilakukan untuk sengaja membuat anak kembar. Kita hanya bisa melakukan hal-hal yang dapat memperbesar peluang terlahirnya bayi kembar. Berikut ini langkah dan cara membuat anak kembar dengan metode yang alami.

12 Tips membuat anak kembar

1). Faktor Keturunan

Hal yang paling besar pengaruhnya terhadap kehamilan anak kembar adalah faktor keturunan. Hal tersebut sudah terbukti, dan memang kebanyakan orang yang melahirkan anak kembar memiliki garis keturunan kembar juga, baik itu orang tua, nenek atau bibi sekalipun. Malah lebih besar lagi peluangnya jika Anda sendiri yang dilahirkan kembar, karena faktor genetik yang dapat diturunkan pada generasi selanjutnya.

Baca Juga :  Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan

2). Aktivitas Menyusui

Ketika menyusui banyak hormon yang dihasilkan oleh sang ibu. Meski dalam keadaan menyusui, tidak menutup kemungkinan sang ibu hamil kembali. Malah ibu yang sedang dalam masa laktasi memiliki peluang untuk mendapatkan anak kembar Sembilan kali lipat lebih besar daripada ibu yang tidak menyusui bayinya. Karena aktivitas hormon dalam tubuh dapat merangsang ovulasi dengan cepat dan mengeluarkan sel telur dua sekali periode.

3). Rutin Mengkonsumsi Kentang dan Ubi

Kebanyakan orang sangat menyukai ubi dan kentang, karena kedua makan ini kaya karbohidrat sehingga dapat dijadikan pengganti nasi. Ubi dan kentang ternyata dipercaya mampu merangsang produksi sel telur lebih dari satu. Karena itu, dengan rutin mengkonsumsi ubi dan kentang maka peluang untuk hamil anak kembar akan semakin besar.

4). Mengkonsumsi Produk Susu

Mengkonsumsi produk susu termasuk produk olahannya akan meningkatkan nutrisi bagi tubuh sehingga akan meningkatkan kemungkinan keluarnya sel telur lebih dari satu. Tidak hanya susu olahan pabrik, susu sapi murni juga memiliki penagruh yang sama. Bahkan dibanding vegetarian, kesempatan hamil anak kembar bagi wanita yang rutin mengkonsumsi susu lebih besar lima kali lipat.

5). Mengkonsumsi Tiram

ladyfem

Tidak hanya wanita saja yang harus berusaha untuk mendapatkan anak kembar. Para suami juga bisa melakukan usaha untuk membantu memperbesar peluang kehamilan anak kembar. Pria yang mengkonsumsi beberapa tiram akan memproduksi sperma yang sehat, banyak dan lebih cepat pergerakannya. Hal tersebut dikarenakan kandungan sengnya yang tinggi yang membantu dalam produksi sperma. Dengan begitu, saat dihasilkan dua sel telur, sperma yang sehat dan cepat dapat membuahi keduanya.

6). Mengkonsumsi Asam Folat

Asam folat sangat penting manfaatnya bagi kehamilan, terutama untuk calon bayi di dalam kandungan. Bagi wanita, asam folat dapat membantu percepatan proses ovulasi sehingga dapat memperbesar peluang hamil anak kembar. Sumber asam folat dalam makanan cukup banyak, seperti ikan laut, sayuran hijau, alpukat dan kacang merah. Selain itu, asam folat juga tersedia dalam bentuk suplemen yang dapat dibeli di toko obat.

Baca Juga :  Cara menghilangkan bau mulut secara alami

7). Menghentikan Pemakaian Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi terutama dalam bentuk pil dapat memicu terlahirnya bayi kembar. Alasannya, saat menggunakan alat kontrasepsi hormon tidak seimbang dan menekan proses ovulasi. Setelah pemakaian alat kontrasepsi dihentikan, tubuh akan kembali melepaskan sel telur, dan terkadang sampai kelebihan produksi. Artinya, peluang untuk hamil anak kembar menjadi lebih besar.

8). Posisi dalam Berhubungan Intim

Posisi saat berhubungan turut mempengaruhi apakah akan mengandung anak kembar atau tidak. Posisi dengan penetrasi sempurna akan memperbesar peluang sperma masuk lebih dalam dan memudahkan pembuahan untuk dua sel telur sekaligus. Posisi side by side dan doggy style bisa menjadi pilihan untuk dicoba.

9). Faktor Usia

Kehamilan di atas usia 35 tahun akan meningkatkan peluang hamil anak kembar. Pasalnya wanita tersebut menghasilkan FSH (follicle stimulating hormone) lebih besar sehingga lebih besar kemungkinan pelepasan dua sel telur dalam satu siklus ovulasi. Namun sangat tidak disarankan hamil di atas usia tersebut karena tubuh tidak lagi sekuat usia 20-30 tahun dalam menjalani kehamilan. Selain itu, hamil di usia tua dapat beresiko tinggi terhadap keguguran, dan sulit untuk melahirkan secara normal.

[ Baca juga : Manfaat puasa bagi Ibu hamil ]

10). Bentuk Tubuh yang Ideal

Tubuh wanita yang tinggi dan besar juga bisa memiliki peluang hamil anak kembar lebih besar. Tinggi besar bukan berarti gemuk, melainkan proporsi tubuh yang ideal, tidak kurus dan tidak gemuk. Tentu saja bentuk tubuh tidak cukup jika kesehatan tidak dijaga. Tubuh yang ideal harus diimbangi dengan olahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar vitalitas tubuh meningkat. Dengan begitu hormon akan dihasilkan dengan teratur dan produksi sel telur juga meningkat.

Baca Juga :  7 Cara menghilangkan bau badan dengan rambuan tradisional

11). Pengaruh Lokasi dan Cuaca

Lokasi di dataran lebih rendah dan cuaca yang hangat membuat produksi FSH lebih tinggi dibandingkan cuaca dingin. Dengan tingginya kadar FSH dalam tubuh, kemungkinan dihasilkannya dua sel telur jauh lebih besar. Paparan sinar matahari yang cukup dapat meningkatkan kadar FSH, namun jangan sampai berlebihan terkena paparan sinar matahari jika tidak ingin mendapat masalah dengan kulit.

12). Program Fertilisasi atau Bayi Kembar

Ini adalah cara yang paling cepat dengan tingkat keberhasilan yang cukup besar dalam mendapatkan bayi kembar. Namun cara ini membutuhkan biaya yang sangat mahal. Selain itu, dibutuhkan tenaga dokter dan ahli medis yang benar-benar ahli dalam melakukan program anak kembar. Cara fertilisasi ini menerapkan penanaman embrio pada rahim wanita, dengan jumlah embrio yang diinginkan.

Meski telah menerapkan semua cara di atas, tidak ada yang bisa menjamin keberhasilan 100%. Karena semua yang terjadi menjadi rahasia Allah SWT, karena itu berdoa juga menjadi salah satu cara untuk memiliki anak kembar. Persiapan diri juga tak kalah penting, dengan meningkatkan kesiapan fisik dan mental menjalani kehamilan anak kembar akan terasa menyenangkan. Demikian artikel cara membuat anak kembar, semoga bermanfaat.

0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet