Cara membuat bedak dingin untuk merawat wajah

Cara membuat bedak dingin – Sebagian wanita mungkin ada yang belum mengetahui apa itu bedak dingin sebab mereka lebih menyukai produk kosmetik yang praktis dalam pemakaian, bedak dingin merupakan bedak tradisional yang terbuat dari bahan beras organik, dan air sari bengkoang, bedak ini di gunakan secara turun temurun hingga sekarang, bahkan konon para wanita bagsawan jaman dahulu juga menggunakan perawatan dengan bedak dingin.

Kelebihan menggunakan bedak dingin dari bedak kosmetik biasa yaitu terbebas dari penggunaan bahan kimia karena bedak dingin 100% di buat dengan bahan alami yang sangat aman / ramah untuk kulit, bahkan untuk jenis kulit sensitif sekali pun, sementara itu kekurangannya adalah cara membuatnya yang agak ribet, namun hal ini bisa di siasati dengan membuat bedak dingin yang telah di keringkan sehingga lebih tahan lama dan kita bisa menyimpannya untuk di gunakan lagi.

Cara membuat bedak dingin

Gambar ilustrasi

Manfaat bedak dingin

Apibila kita rutin menggunakan bedak dingin sebagai pengganti bedak kosmetik biasa, maka manfaatnya yang bisa kita peroleh yaitu kulit menjadi halus, kulit menjadi lembab, mencegah tanda-tanpa penuaan, dan mencegah timbulnya jerawat, selain itu air sari bengkoangnnya juga dapat membuat kulit kita lebih cerah.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

Cara membuat bedak dingin

Alat yang perlu di siapkan :

  • Blender / cobek / ulekan
  • Alat penyaring
  • Ember dan mangkuk

Bahan-bahan yang di gunakan :

  • Beras organik
  • Air
  • Bengkoang

Membuat air sari bengkuang :

Haluskan buah bengkuang dengan cara di blender atau di parut. Setelah bengkoang menjadi halus kemudian beri sedikit air lalu aduk-aduk selama beberapa menit.

Siapkan alat penyaring untuk menyaring bengkoang yang sudah di haluskan tadi, simpan airnya pada wadah mangkuk, peras ampas bengkoang agar bisa mendapatkan air sari bengkoang lebih banyak.

Membuat tepung beras :

Siapkan dua genggaman beras organik (beras tanpa pemutih) lalu rendam selama satu malam atau lebih dalam ember. Setelah di rendam, tekstur beras akan menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk di haluskan.

Setelah di rendam, tiriskan beras lalu masukan ke dalam blender untuk di haluskan, jika perlu gunakan alat penyaring untuk memisahkan bubuk beras yang halus dengan bubuk beras yang masih kasar. Bubuk beras yang masih kasar bisa di masukan kembali ke dalam blender untuk di haluskan.

Tahap selanjutnya, campurkan air sari bengkoang dengan bubuk beras, namun campuran air bengkoangnya jangan terlalu banyak, aduk-aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulat, lalu pipihkan hingga berbentuk seperti biskuit.

Jemur adonan berbentuk biskuit tadi sampai mengering sehingga lebih tahan lama, adonan ini bisa di sebut bedak dingin kering. anda dapat membuat banyak bedak dingin kering untuk di simpan dan di gunakan untuk perawatan selanjutnya.

Cara menggunakan bedak dingin

Ambil bedak dingin kering lalu beri sedikit air, aduk-aduk sampai melunak dan menjadi agak kental, bersihkan wajah anda terlebih dahulu kemudian oleskan bedak dingin ke wajah, atau area kulit lainnya, diamkan sekitar 15 menit atau hingga mengering, setelah itu bilas wajah dengan air segar.

Demikian tips cara membuat bedak dingin kali ini, anda dapat mempraktekannya di rumah untuk perawatan wajah jangka panjang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Loading...
6 Shares
Share6
+1
Pin
Tweet