Cara menambah berat badan dengan langkah sehat

Cara menambah berat badan – Memiliki ukuran atau bentuk tubuh yang ideal memang sudah menjadi impian bagi banyak orang. Sehingga tidak mengherankan apabila cara menggemukkan badan atau cara menguruskan badan menjadi kata kunci yang cukup populer di berbagai situs pencarian.

Memiliki badan yang terlampau kurus atau bahkan terlampau gemuk memang memiliki risiko tersendiri khususnya bagi kesehatan. Memiliki berat badan di bawah normal atau kurus dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor genetik, kurang asupan gizi, stres atau tertekan, kurang olahraga, dan masih ada beberapa faktor lainnya.

Cara menggemukan badan

Gambar ilustrasi

Tips menambah berat badan ideal

Memiliki berat badan di atas rata-rata memang sangat rawan terserang penyakit yang disebabkan oleh kolesterol berlebih, seperti penyakit jantung dan juga kencing manis. Akan tetapi memiliki tubuh yang kurus juga memiliki risiko tersendiri karena bagi Anda yang memiliki tubuh kurus, Anda sangat rawan terkena gangguan jantung, patah tulang, depresi, sakit paru-paru dan penyakit lain. Berikut adalah beberapa cara menambah berat badan secara alami.

1). Konsumsi makanan dengan rentang yang lebih sering

Kebanyakan orang kurus jarang sekali memperhatikan pola makan. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menggemukkan badan sebaiknya perhatikan pola makan Anda kembali. Untuk membuat badan Anda lebih berisi dari pada sebelumnya sebaiknya menambah jumlah waktu makan atau intensitas makan Anda ditambah tetapi porsi makanannya dikurangi. Misalkan sebelumnya Anda makan 3 kali sehari dengan porsi besar diubah menjadi 4 kali sehari dengan porsi makan kecil atau sedang.

2). Konsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi

Cara menambah berat badan secara alami bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi seperti roti gandum, nasi, alpukat, jagung, gandum, atau makanan lain yang memiliki kadar karbohidrat tinggi. Meskipun demikian, jangan mengonsumsi makanan tersebut dalam porsi berlebih karena akan berpengaruh pada jumlah gula darah Anda.

3). Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah dan sayur juga sangat membantu dalam proses penggemukan berat badan. Tidak hanya itu, dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur, kesehatan khususnya pada sistem pencernaan. Anda tentu tidak mau memiliki tubuh yang gemuk tetapi memiliki masalah pencernaan bukan?

4). Hindari minum sebelum makan

Hal yang satu ini terbilang cukup sepele meskipun begitu tidak ada salahnya dicoba. Dengan mengonsumsi banyak air sebelum makan akan membuat Anda merasa kenyang terlebih dahulu bahkan sebelum menghabiskan makanan yang tersedia habis.

5). Perbanyak mengonsumsi keju

Kandungan lemak baik pada keju dapat membantu Anda dalam program penggemukan badan. Hasil olahan susu yang satu ini memang cukup direkomendasikan bagi Anda yang ingin menambah berat badan. Selain mengonsumsinya secara langsung, Anda juga memakan olahan susu ini dengan dipadukan dengan makanan lain seperti roti.

6). Rutin berolahraga

Cara menambah berat badan lain yang bisa dilakukan adalah dengan rutin berolahraga. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kebugaran fisik dan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh obesitas. Beberapa olahraga yang akan membuat tubuh Anda terlihat lebih berisi adalah push up, angkat beban dan latihan aerobik.

[ Baca juga : Cara menjalankan pola hidup sehat agar tubuh tetap bugar ]

Beberapa tips serta cara menambah berat badan secara alami di atas hanyalah sebagian contoh yang bisa Anda terapkan saat ingin menambah volume berat badan. Semoga cara-cara di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menambah berat badan. Semoga sukses.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet