Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional

Cara mengatasi nyeri haid – Nyeri haid yang sering dirasakan wanita memang berbeda-beda rasanya. Namu bukan rahasia lagi bahwa wanita membenci rasa sakit ketika nyeri datang. Terutama masa sebelum haid mulai keluar atau yang biasa disebut (PMS) atau kepanjangan dari pre-menstruation syndrome. Hal ini wajar dirasakan terutama bagi anda yang belum menikah. Hormon dan peluruhan darah pada rahim dilakukan dengan sangat kuat, sehingga sakit yang dialami cukup hebat.

Nah, bagi orang Indonesia hal tersebut bukan jadi halangan. Kepercayaan mengonsumsi obat tradisional menjadi salah satu cara atau andalan para leluhur untuk mengatasi rasa saki. Lalu obat atau ramuan tradisional apa saja yang ampuh mengatasi nyeri haid ? Ini dia.

cara mengatasi nyeri haid

Gambar ilustrasi

5 Cara alami mengobati nyeri haid

1). Air kelapa hijau

Sejak dulu banyak orang tua yang memberikan air kelapa hijau dibanding dengan obat atau bahan kimia yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat sekarang. Air kelapa memang sering dimanfaatkan sebagai ramuan penyembuh atau membantu mempercepat penyembuhan, termasuk ketika anda mengalami nyeri saat haid. Air kelapa juga tidak memberikan efek samping dan membantu tubuh menjadi lebih bertenaga. Jika ingin air kelapa yang maksimal, konsumsi buah kelapa yang masih dipetik di pohon bukan kelapa jatuhan. karena kelapa jatuhan biasanya tua dan khasiatnya sudah berkurang.

2). Ramuan Kunyit

Jika anda sering membeli jamu gendong ala tukang jamu jawa asli maka anda akan menemukan ramuan Kunyit yang selalu disodorkan bersamaan dengan air sirih. Ramuan ini dianggap akan membantu tubuh anda terutama bagian rahim yang meluruhkan darah dan membersihkan darah kotor dalam tubuh. Sirih membantu tubuh wanita terutama di bagian alat vital menjadi lebih sehat dan wangi. Sirih dan kunyit bisa menangkal bakteri dan berbagai kotoran yang menyerang.

Baca Juga :  Penyebab nafsu makan berkurang saat hamil & cara mengatasinya

Kandungan curcuminoid membuat tubuh anda bisa membersihkan sel-sel mati dan menyegarkan tubuh. Parut kunyit lalu rebus tiga gelas air. setelah itu masukan parutan kunyit. Jika sudah mendidih maka saring hasil rebusan dan minum selagi masih hangat. Gunakan gula merah sedikit saja agar rasanya tidak terlalu pahit.

ladyfem

[ Baca juga : Manfaat kunyit untuk kesehatan & kecantikan ]

3). Ramuan Asam Jawa

Kembali ramuan yang dibuat dari pulau jawa adalah asam jawa. Rasanya yang menyegarkan ketika diminum saat nyeri haid semakin menyegarkan. Selain itu asam jawa mengandung potassium yang bisa menguatkan otot rahim sehingga kontraksi akan berkurang. Sakit yang dialami karena kontraksi yang sangat kuat pada bagian rahim. Ramuan asam jawa bisa dikonsumsi setiap hari tidak hanya saat anda mengalami nyeri haid.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama cari asam jawa yang bagu. Lebih bagus lag jika anda mensapatkan dari pohon dan matan di pohon. Setelah itu anda bisa merebus asam jawa bersamaan dengan gula merah agar rasanya tetap menyegarkan namun tidak terlalu asam. Bagi wanita yang belum menikah, asam jawa bisa menjadikan tubuh singset dan tetap kencang.

4). Jus pepaya dan jus wortel

Umumnya yang dikatakan ramuan tradisional selalu berasal dari rempah. Namun jangan salah, ternyata jus pepaya dan jus wortel bisa membantu rasa haid. Jus pepaya bisa memperlancar haid, terutama ketika jus diminum sebelum jadwal haid hari pertama. Jus wortel juga bisa meredakan sakit ketika haid. Bersihkan wortel sebanyak 200gram kemudian bersihkan dan blender wortel. Silahkan konsumsi selama 2 kali dalam satu minggu atau 3 kali dalam satu minggu.

Jus buah ini juga bisa anda konsumsi, bukan hanya karena rasanya yang enak. Jus buah ini bisa menambah stamina dan juga menjaga tubuh dari penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Bagi anda yang tidak mengalami sakit saat haid tetap konsumsi secara rutin.

Baca juga : Cara menghilangkan bulu ketiak secara alami

5). Daun sridaging

Daun srigading merupakan daun yang bisa dikonsumsi terakhir jika haid mengalami kesakitan. Daun srigading dan bunga srigading dapat menyembuhkan haid. Terutama karena daun ini mudah ditemukan dulu. Siapkan bunga dan daun srigading, jeruk nipis, gula batu, air rebusan matang dan tambahkan jintan itam. Rebus bersamaan dengan bung, daun dan air dari 4 gelas hingga 2 gelas lalu konsumsi setiap haid merasa sakit. Anda bisa mengonsumsi ketika air sudah dingin.

Baca Juga :  Cara cepat hamil dengan merubah pola hidup
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet