Cara mengecilkan paha menjadi lebih proporsional

Cara mengecilkan paha – Paha yang besar sering sekali menjadi masalah dan bahan pikiran bagi masyarakat, khususnya pada wanita. Wanita ingin memiliki paha yang kecil dan ramping, atau yang proporsional dengan ukuran tubuhnya. Seringkali wanita yang badannya tidak gemuk, tetapi memiliki paha dengan ukuran yang besar dan terlihat penuh dengan lemak. Oleh karena itulah, banyak masyarakat khususnya wanita mencoba berbagai cara untuk mengecilkan paha menjadi lebih proporsional.

Ukuran paha yang proporsional bisa didapatkan dengan beberapa cara. Cara yang pertama adalah dengan membakar lemak yang menumpuk di paha. Salah satu cara membakar lemak adalah dengan berolahraga. Terdapat beberapa olahraga tertentu yang khusus dilakukan untuk mengecilkan ukuran paha anda. Selain berolahraga,  terdapat juga pola diet yang dapat anda lakukan untuk mengurangi lemak di paha anda. Kedua cara tersebut akan lebih detail dijelaskan pada bagian berikut ini.

Cara mengecilkan paha

Gambar ilustrasi

Jenis-jenis Olahraga untuk Membakar Lemak di Paha

 

Ingin tahu apa saja jenis olahraga yang dapat digunakan untuk membakar lemak di paha dan mendapatkan bentuk paha yang proporsional. Berikut ini beberapa olahraga yang dapat anda lakukan tersebut. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

1). Berlari atau Jogging

cara mengecilkan paha

Berlari untuk mengecilkan paha

Olahraga untuk mengecilkan paha yang paling mudah dan sederhana untuk dapat dilakukan adalah dengan berlari. Berlari atau yang juga dikenal dengan jogging merupakan olahraga yang sangat ampuh untuk membakar lemak dan kalori yang menumpuk di paha anda. Akan tetapi hasil olahraga berlari pada paha anda ini tidak bisa terlihat hanya dengan sekali saja dilakukan. Anda harus melakukan olahraga berlari atau jogging ini secara rutin, bahkan setiap hari. Berlari atau jogging yang dilakukan setiap hari akan membakar lemak di bagian paha anda dan dapat membuat mengecil tahap demi tahap. Jika anda terus melakukannya, maka paha anda pun akan terlihat lebih indah dan sehat.

[ Baca juga : Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan ]

Cukup sediakan 30 menit hingga 1 jam waktu luang untuk berolahraga. Hanya dalam waktu singkat tersebut lebih dari 700 kalori anda akan terbakar begitupun dengan lemak. Lakukan secara rutin dan bayangkan berapa banyak kalori pada paha anda yang akan terbakar. Sehingga anda pun akan mendapatkan paha anda mengecil dan menjadi proporsional.

2). Bersepeda atau Cycling

Cara mengecilkan paha

Bersepeda untuk mengecilkan paha

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang paling sederhana untuk dilakukan. Sama seperti berlari, olahraga yang dikenal juga dengan nama cycling ini efektif untuk mengecilkan paha anda menjadi lebih proporsional. Bersepeda dapat anda lakukan di waktu-waktu luang anda. Dengan bersepeda anda dapat membakar lemak pada paha karena anda menggerakkan sepeda dengan gowesan kaki anda. Sama juga seperti berlari, lakukanlah olahraga bersepeda di pagi hari sebelum beraktivitas atau di malam hari setelah beraktivitas.

Anda cukup menyediakan sepeda dan waktu luang anda, sehingga anda bisa langsung bersepada. Pilihlah jalur yang aman dari gangguan kendaraan bermotor dengan kecepatan tinggi. Bersepeda dapat anda lakukan dalam waktu 30 menit saja. Mungkin di awal-awal anda memulai melakukan olahraga berlari secara rutin, anda akan merasakan rasa pegal luar biasa di bagian paha anda. Namun, anda tidak boleh menyerah. Anda harus terus melakukan olahraga bersepeda tersebut dengan rutin. Jika anda sudah terbiasa, maka lama kelamaan rasa pegal pada paha tersebut tidak akan lagi anda rasakan. Selain itu, olahraga bersepeda dengan rutin pun akan membantu anda untuk mendapatkan ukuran paha kecil dan bebas lemak.

3). Squat Jenis Pertama

Cara mengecilkan paha

Squad

Jenis pertama dari olahraga squat merupakan squat yang dilakukan dengan kaki yang diarahkan keluar. Olahraga ini dapat anda lakukan di rumah saja, tidak perlu keluar atau tempat tertentu. Selain itu anda pun tidak memerlukan alat apapun. Anda cukup melakukan olahraga ini dengan cara dan posisi tubuh yang tepat. Sehingga, jika anda terus melakukan olahraga ini secara rutin dan berulang-ulang maka anda akan mendapatkan paha anda mengecil dan menjadi bentuk yang lebih indah.

Cara melakukan squat jenis pertama dengan kaki keluar ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kenakanlah baju yang nyaman untuk berolahraga
  • Berdirilah tegak dengan kaki yang dibuka sejajar dengan pundak
  • Menjongkoklah hingga batas paha menjadi sejajar dengan lantai dan lutut menjadi ada di belakang ujung jari kaki anda.
  • Kemudian beridirilah kembali dengan mengangkat satu kaki keluar dan sejajar dengan lantai
  • Sambil melakukan gerakan di atas, tekanlah perut anda berulang-ulang.
  • Lakukan minimal 30 kali ulangan untuk masing-masing kaki

4). Squat Jenis Kedua

Cara mengecilkan paha

Squad

Olahraga squat jenis kedua adalah dengan mengarahkan kaki melebar. Latihan ini juga dapat anda lakukan di rumah saja di waktu-waktu luang anda. Olahraga ini juga tidak memerlukan alat khusus. Anda harus melakukan olahraga ini berulang kali, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pada dasarnya, olahraga ini akan melatih paha dalam anda sehingga lemak-lemak di bagian tersebut akan terbakar habis. Lemak pada paha memang paling banyak menumpuk di bagian paha dalam. Oleh karena itu, manfaat dari squat jenis kedua ini sangatlah efektif untuk mengecilkan paha anda.

Untuk dapat melakukan olahraga squat kaki anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kenakanlah pakaian yang layak dan nyaman untuk berolahraga
  • Berdirilah dengan tegak lalu bukalah kaki anda sebesar jarak pundak anda
  • Kemudian menjongkoklah hingga paha tegak lurus dengan betis anda sambil kaki melebar
  • Tekanlah perut anda selama melakukan gerakan ini
  • Ulangi hingga sekitar 30 kali setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal

5). Squat Lompat atau Jump Squat

cara mengecilkan paha

Olah raga Jump Squat

Olahraga berikut ini adalah jenis squat yang dilakukan dengan gerakan tambahan yaitu melompat. Jenis ini lebih efektif lagi dalam mengecilkan paha menjadi lebih proporsional bentuknya. Dapat dilakukan di rumah atau di ruangan khusus untuk berolahraga. Anda harus melakukannya dengan rutin untuk mendapatkan paha yang ideal.

Langkah-langkah untuk melakukan olahraga squat lompat ini adalah sebagai berikut:

Advertisement
ladyfem
  • Kenakanlah pakaian yang cocok dan nyaman untuk berolahraga
  • Kemudian posisikanlah diri anda dengan berdiri tegak
  • Bukalah kaki anda selebar pundak dan letakkan tangan anda di pinggang
  • Berjongkoklah hingga posisi paha sejajar dengan lantai
  • Jika sudah melompatlah dan mendarat di posisi semula
  • Ulangi gerak hingga 15 kali setiap harinya

6). Bersepeda Udara atau Leg Circles

cara mengecilkan paha

Olah raga Leg Circles

Upaya mengecilkan paha menjadi lebih proporsional dengan olahraga dapat dilakukan dengan melakukan jenis olahraga leg circles ini. Anda hanya perlu menyiapkan karpet olahraga yang disiapkan di suatu ruangan. Anda bisa menggunakan ruang-ruang di rumah anda, termasuk juga ruang kamar. Olahraga ini dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Kenakanlah pakaian yang nyaman dan sesuai digunakan untuk berolahraga
  • Berbaringlah telentang dan posisikan tangan anda di sisi tubuh
  • Tekanlah perut dan angkatlah salah satu kaki anda ke atas
  • Tekuk dan lakukan gerakan melingkar bergantian dengan kaki kanan anda
  • Sambil memutar kedua kaki, putarlah juga badan bergantian
  • Ulangi hingga mencapai 20 kali per harinya

7). Theraband Leg Curl

cara mengecilkan paha

Olah raga Theraband Leg Curl

Olahraga ini merupakan gerakan paha yang sangat bermanfaat untuk mengecilkan ukurannya. Dilakukan dengan memposisikan kaki untuk melakukan gerakan berulang untuk membakar lemak dan kalori yang menumpuk di bagian paha anda. Persiapkanlah karpet sebagai alas untuk melakukan olahraga ini. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan olahraga theraband leg curl.

  • Pertama tama persiapkanlah pakaian olahraga anda yang nyaman dan sesuai agar tidak mengganggu prosesi olahraga yang akan dilakukan
  • Berbaringlah pada karpet dengan posisi telungkup
  • Posisikanlah siku anda sejajar dengan lantai untuk menopang tubuh
  • Sambil mengambil napas, tekuklah kaki kiri anda secara perlahan lahan
  • Ulangi pada kaki kanan dan seterusnya bergantian
  • Lakukan hingga 20 kali, 10 kali untuk masing-masing kaki

8). Sit Up

Cara mengecilkan paha

Olah raga Sip Up

Merupakan olahraga yang sudah cukup banyak diketahui oleh masyarakat. Olahraga ini dilakukan tanpa menyiapkan bahan-bahan ataupun alat khusus. Anda cukup menyiapkan satu buah karpet. Sediakan waktu khusus selama beberapa menit saja setiap harinya. Jika anda melakukan sit up dengan rutin setiap harinya anda akan mendapatkan paha anda kembali ke bentuk yang ideal. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan olahraga sit up adalah seperti berikut ini:

  • Persiapkanlah diri anda dengan mengenakan pakaian khusus berolahraga
  • Jika sudah berbaringlah dengan posisi telentang
  • Kemudian angkatlah bagian tubuh atas anda mulai dari pinggang secara berulang kali
  • Untuk memaksimalkan gerak anda, mintalah bantuan seseorang untuk memegangi kaki anda
  • Hitunglah jumlah sit up yang berhasil anda lakukan setiap harinya
  • Hasil yang maksimal terlihat jika jumlah sit up anda terus bertambah setiap hari
  • Ulangi secara rutin dan dapatkan paha ideal tanpa lemak

9). Lompat Tali

Cara mengecilkan paha

Lompat tali untuk mengecilkan paha

Olahraga lompat tali merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dan lemak di paha anda, khususnya di bagian paha bawah. Jenis olahraga ini tidak sulit dilakukan dan hanya membutuhkan alat tali. Jika anda melakukannya secara rutin dan berulang-ulang, maka anda akan lebih cepat mendapatkan paha kecil anda. Langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk melakukan olahraga lompat tali tidaklah sulit. Hanya cukup melompat melewati tali secara terus menerus, hingga batas maksimal anda.

10). Peregangan Otot Paha

cara mengecilkan paha

Peregangan paha

Merupakan olahraga ringan yang ternyata sangat bermanfaat untuk mengecilkan ukuran paha anda. Posisikan diri anda duduk dengan kaki lurus ke depan. Jika sudah maka anda harus merenggangkan tangan anda hingga jari tangan anda dapat menyentuh ujung jari kaki anda. Tahanlah bentuk selama anda mampu. Kemudian ulangi hingga beberapa kali. Gerakan ini akan membuat paha anda meregang dan lemak-lemak di bagian tersebut akan terbakar serta digantikan oleh otot-otot paha.

[ Baca juga : Cara mengecilkan perut secara efektip ]

Cara Diet yang Tepat untuk Mengurangi Lemak di Paha

Selain dengan melakukan olahraga, paha dapat memiliki bentuk kecil dan ramping dengan melakukan diet makanan yang tepat. Diet untuk mengecilkan paha dilakukan dengan mengurangi porsi dari makanan yang kita makan sehari-hari. Hal ini dilakukan dikarenakan, paha yang membesar merupakan akibat dari kelebihan kadar lemak dan kalori yang dikonsumsi dan menumpuk di bagian paha. Untuk mengatasinya tentu diet mengurangi porsi makan adalah cara yang cukup ampuh. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan diet mengecilkan ukuran paha. Berikut ini daftar hal-hal dalam diet paha yang harus anda perhatikan dan lakukan.

Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang mengandung serat tinggi dan bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan. Sehingga kadar lemak yang dikonsumsi pun tidak menumpuk di paha anda.

[ Baca juga : 20 Macam makanan yang cocok untuk diet ]

Kurangi Konsumsi Nasi

Nasi memiliki kandungan gula serta karbohidrat yang tinggi. Sehingga konsumsi nasi yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan hasil olahan pencernaan di bagian paha. Itulah mengapa dalam diet untuk mengecilkan paha, usahakan untuk mengurangi konsumsi nasi hingga semaksimal mungkin.

Konsumsi Kacang-kacangan

Lemak jahat akan diikat dan dimusnahkan oleh nutrisi yang terkandung pada kacang-kacangan. Oleh karena itu, jika anda ingin mengecilkan paha anda maka usahakanlah untuk tetap memasukkan kacang pada menu makanan anda.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Dengan mengonsumsi air putih, sistem metabolisme pun akan bekerja lebih maksimal. Sehingga tidak akan terjadi penumpukkan lemak di bagian-bagian tubuh anda. Terutama bagian paha.

[ Baca juga : Cara diet sehat dengan air putih ]

Konsumsi Teh Hijau

The hijau merupakan minuman yang kandungannya mampu membakar lemak-lemak yang menumpuk di bagian tubuh anda. Tidak terkecuali juga lemak pada paha anda. Oleh karena itu, rutinlah mengonsumsi teh hijau untuk melengkapi olahraga anda dalam upaya mengecilkan paha anda.

[ Baca juga : Manfaat teh hijau untuk kesehatan ]

Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol mengandung gula yang sangat tinggi jumlahnya. Oleh karena itu sebagai upaya diet mengecilkan paha, hindarilah konsumsi minuman beralkohol dengan semaksimal mungkin.

Demikianlah berbagai cara mengecilkan paha menjadi lebih proporsional. Berolahraga dengan rutin dan disiplin dalam menerapkan diet mengecilkan paha akan membantu anda untuk mendapatkan ukuran paha idaman. Paha yang kecil dan ramping, indah dan juga terlihat sehat bukanlah lagi hanya angan-angan. Semoga anda dapat segera mendapatkan ukuran paha idaman anda.

Lihat Juga :
Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet