Cara mengecilkan perut yang bisa di lakukan di rumah

Cara mengecilkan perut – Perut buncit merupakan hal yang saat ini menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Ukuran perut yang diluar batas wajar serta menonjol, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Mulai dari kesulitan mencari baju, kesulitan bernafas karena mudah lelah, dan gangguan lainnya. Sebenarnya perut buncit didapatkan karena kebiasaan yang kurang baik yang biasa dilakukan. Sehingga pendapat bahwa perut buncit didapatkan karena keturunan adalah tidak benar. Walaupun orang tua kita memiliki perut buncit, tidak berarti kita juga akan berperut buncit.

cara mengecilkan perut

Gambar ilustrasi

Oleh karena itu, diperlukan pola hidup yang sehat untuk mencegah kemunculan perut buncit yang mengganggu penampilan anda. Ingin tahu bagaimana cara mencegah terjadinya perut buncit dengan pola hidup yang sehat? Ingin tahu apa saja pola hidup sehat yang harus dilakukan? Berikut ini daftar pola hidup sehat yang harus anda lakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, tanpa perut buncit.

  1. Jangan mengonsumsi junk food; pola hidup sehat yang pertama adalah dengan menghindari konsumsi junk food. Jenis makanan junk food yang juga dikenal sebagai makanan cepat saji, memang merupakan jenis makanan yang paling mudah ditemui saat ini. Akan tetapi, anda tidak boleh terlalu sering mengonsumsinya. Kandungan makanan cepat saji diketahui memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat tinggi. Kandungan lemak dalam jumlah berlebihan akan sulit diolah oleh sistem pencernaan dan kemudian dapat menumpuk di bagian-bagian tubuh tertentu. Salah satunya menumpuk di perut dan dapat menyebabkan perut buncit.
  2. Jangan mengonsumsi alkohol; alkohol diketahui sebagai penyebab perut buncit yang paling banyak ditemukan. Para konsumer alkohol secara rutin pasti akan mendapati perut yang semakin besar dan menonjol. Hal ini disebabkan oleh alkohol yang memperberat kerja hati dalam menetralisir makanan dan minuman yang masuk. Karena kerja penetralan hati bertambah, maka kerja hati saat mengolah makanan menjadi menurun. Sehingga didapati perut buncit bagi para pengonsumsi alkohol.
  3. Jangan tidur setelah makan; kebiasaan yang tidak baik ini selain tidak sopan, juga tidak baik untuk kesehatan. Makanan yang kita konsumsi tidak akan bisa dicerna dengan sempurna jika kita langsung tidur. Oleh karena itu, lebih baik setelah makan lakukan aktivitas kecil sekitar 15 menit. Agar sistem pencernaan dapat mencerna makanan yang masuk dan juga mencegah terjadi penumpukan lemak di perut.
  4. Jangan makan di malam hari; pola hidup yang sehat yang paling mudah dilakukan adalah dengan menghindari makan di malam hari. Makanan tersebut khususnya makanan berlemak tinggi, karena di malam hari biasanya kita akan segera tidur. Saat tidur makanan yang kita konsumsi tidak dapat dicerna, sehingga terjadi penumpukan lemak di bagian perut. Oleh karena itu, hindarilah mengonsumsi makanan di malam hari sebelum anda tidur.
  5. Jangan malas berolahraga; pola hidup tidak sehat masyarakat kota yang paling umum adalah malas berolahraga. Keterbatasan waktu serta tempat olahraga saat ini, menjadi alasan mengapa semakin banyak masyarakat mengesampingkan manfaat dan pentingnya berolahraga. Jarang berolahraga dapat menyebabkan penyerapan nutrisi menjadi terganggu dan bentuk tubuh pun menjadi melebar dan menggemuk di mana-mana. Khususnya bagi anda yang menyukai kuliner, anda wajib untuk berolahraga secara berkala. Jangan sampai lemak terus menumpuk dan perut anda pun membuncit dan mengganggu penampilan anda secara keseluruhan.

[ Baca juga : Cara menjalankan pola hidup sehat ]

Jenis-jenis olahraga untuk membakar lemak perut

Lalu bagaimana jika perut buncit terlanjur terjadi pada anda? Tentu anda harus melakukan upaya penanggulangan, untuk mengembalikan bentuk perut normal. Jika anda jarang berolahraga, maka anda harus mulai berolahraga dari sekarang. Tidak perlu olahraga yang rumit dan menyita uang, anda cukup melakukan olahraga-olahraga yang dapat dilakukan dengan sederhana di rumah. Walaupun jenis olahraga ini terkesan sederhana, namun manfaatnya sudah terbukti dalam membakar lemak pada perut anda. Apa saja olah raga untuk membakar perut yang bisa kita lakukan di rumah? Berikut ini beberapa diantaranya:

1). Sikap Lilin

olah raga sikap lilin

Sikap lilin

Jenis olahraga sikap lilin merupakan olahraga sederhana yang bisa anda lakukan di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan karpet untuk alas anda berolahraga dan persiapan sudah selesai dilakukan. Selanjutnya, anda harus terlentang di atas karpet dan mengangkat kedua kaki anda ke atas. Angkat kaki anda semaksimal mungkin, hingga bagian perut anda pun terangkat dari permukaan lantai. Topang kaki anda dengan menggunakan tangan yang diletakkan di bagian pinggang belakang. Jika sudah cukup stabil, tangan pun dapat dilepaskan. Pertahankan bentuk sikap lilin ini selama mungkin yang anda bisa. Ulangi olahraga ini hingga beberapa kali dan anda akan merasakan perubahannya. Awal-awal anda akan merasa kesulitan karna perut yang mengganjal. Namun, lama kelamaan perut akan semakin mengecil dan lega untuk dapat melakukan sikap lilin.

2). Berlari

olah raga berlari

Berlari

Olahraga ini dapat dilakukan di rumah ataupun di lingkungan rumah. Berlari dipercaya dapat membakar lemak dengan cepat. Dengan berlari anda juga sebenarnya telah menggunakan otot perut untuk menjaga pernapasan tetap stabil. Sehingga lama kelamaan lemak di perut akan terbakar dan perut buncit anda pun dapat hilang. Lakukan olahraga berlari setiap hari, bisa di pagi hari ataupun malam hari. Jika anda tidak memiliki waktu di hari-hari kerja, anda dapat menggunakan teknologi treadmill untuk dapat berlari di dalam rumah. Semakin sering anda melakukannya, maka semakin cepat juga perut normal anda kembali.

3). Bersepeda

olah raga bersepeda

Bersepeda

Jenis olahraga yang sangat sederhana dan sudah ada alat yang bisa menggantikan juga untuk digunakan di rumah. Jika anda melakukan olahraga bersepeda secara rutin, maka anda akan mendapatkan lemak pada bagian perut yang terbakar dengan cepat. Bersepeda merupakan olahraga yang menggerakan otot-otot tubuh, terutama bagian perut ke bawah. Bagian-bagian ini akan mempercepat proses lemak pada perut rontok, sehingga perut normal anda pun dapat kembali dengan cepat.

4). Back Up

Olah raga back up

Back Up

Olahraga ini pun tidak memerlukan alat yang sulit ditemukan. Anda cukup menyiapkan karpet olahraga dan letakkan pada lantai. Jika sudah, maka silahkan anda berbaring dengan posisi tengkurap atau perut di bagian bawah. Lingkarkan dan satukan tangan anda ke belakang tubuh. Kemudian, angkatlah bagian tubuh mulai dari pinggang ke atas secara berulang kali. Pertahankan posisi tanpa menggerakkan bagi kaki. Untuk memaksimalkan gerak yang dilakukan, anda dapat meminta bantuan orang lain untuk memegangi kaki anda. Gerakkan ini akan menarik otot-otot perut dan membakar lemak di bagian tersebut. Sehingga jika terus dilakukan berulang kali, maka perut buncit anda pun akan lebih cepat lenyap.

Advertisement
ladyfem

5). Sit Up

olah raga sit up

Sit Up

Jenis olahraga ini tentu sudah tidak asing lagi bagi anda. Olahraga yang banyak dideklarasikan mampu mengecilkan perut ini memang terbukti kebenarannya. Anda hanya perlu menyiapkan karpet olahraga, sama seperti sebelumnya. Namun berbeda dengan back up yang tengkurap, pada olahraga sit up anda harus berbaring telentang. Kemudian letakkan tangan anda di bagian belakang kepala. Angkatlah bagian badan atas, dari pinggang ke atas secara berulang-ulang. Olahraga ini juga membutuhkan bantuan orang lain untuk memegangi kaki, agar olahraga yang dilakukan memberikan hasil yang maksimal. Sit up yang dilakukan secara berulang-ulang akan membakar lemak perut anda dan mengembalikannya ke bentuk normal.

6). Ball Crunch Sit Up

olah raga Ball Crunch Sit Up

Ball Crunch Sit Up

Olahraga ini sesuai dengan namanya merupakan sit up yang tidak dilakukan di lantai, melainkan di atas bola fitness besar. Bola ini dapat anda temukan dengan mudah. Sit up yang dilakukan di atas bola ini menyebabkan, tenaga yang harus dikeluarkan oleh otot perut untuk mempertahankan perut semakin besar. Sehingga, lemak pada perut yang terbakar pun menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, olahraga ball crunch sit up juga dapat dijadikan pilihan untuk memperbaiki ukuran perut anda.

7). Bicycle Crunch

Olah raga Bicycle Crunch

Bicycle Crunch

Merupakan jenis olahraga yang cukup sulit dilakukan bagi pemula. Olahraga ini dilakukan seperti anda sedang bersepeda tanpa sepeda. Oleh karena itu, olahraga ini dikenal juga dengan nama Air Bike. Langkah-langkah untuk melakukan olahraga ini adalah dengan menyiapkan karpet olahraga seperti sebelumnya. Selanjutnya, silahkan posisikan tubuh anda tidur terlentang di atas karpet. Letakkan kedua tangan anda dibelakang kepala atau disamping kepala. Angkat salah satu kaki anda dan tekuk ke atas. Saat anda mengangkat kaki kanan, angkat tubuh dan arahkan siku kiri anda ke arah lutut kanan. Begitu juga dengan siku kanan dan lutut kiri. Ulang terus sampai batas kemampuan anda. Latihan yang dilakukan secara rutin dan berulang dapat memaksimalkan hasil yang didapatkan.

8). Vertical Leg Crunch Sit Up

olah raga Vertical Leg Crunch Sit Up

Vertical Leg Crunch Sit Up

Jenis olahraga ini merupakan satu lagi olahraga yang dikembangkan dari olahraga sit up. Perbedaannya adalah pada posisi kaki. Anda harus melakukan sit up saat kaki anda berada pada posisi vertikal. Langkah yang harus anda lakukan untuk olahraga ini adalah dengan memposisikan diri seperti ingin sit up pada umumnya terlebih dahulu. Jika sudah, angkatlah kedua kaki anda ke atas secara vertikal, dan silangkan. Saat posisi kaki disilangkan secara vertikal, lakukanlah sit up. Olahraga ini membutuhkan tenaga yang lebih kuat lagi dibagian perut dibandingkan dua jenis sit up sebelumnya.

Selain dengan berolahraga, anda juga dapat memperbaiki perut buncit anda menjadi normal kembali dengan melakukan diet. Akan tetapi, jangan sama artikan diet ini dengan diet tidak sehat yang banyak diketahui masyarakat pada umumnya. Untuk mengetahui lebih jelas diet yang efektif untuk membakar lemak perut, mari simak penjelasannya berikut ini.

[ Baca juga : Tips mengecilkan paha agar terlihat proporsional ]

Cara diet yang efektif untuk membakar lemak perut

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengecilkan perut buncit anda dengan melakukan diet yang sehat:

Jenis makanan yang tepat dikonsumsi

Dalam melakukan diet, jenis makanan sangatlah penting untuk diperhatikan. Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat yang tinggi. Gantilah jenis makanan anda dengan makanan yang berprotein tinggi. Salah satu jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat diet adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Contoh kacang-kacangan yang bisa anda konsumsi adalah kacang kedelai, kacang polong, almond, dan walnut. Selain kacang, anda juga dapat mengonsumsi beberapa protein hewani dalam jumlah dan pengolahan yang baik. Ayam contohnya dapat anda konsumsi, namun baiknya konsumsilah bagian dadanya saja. Untuk daging, susu, dan yoghurt, pilihlah yang memiliki  kandungan lemak rendah. Jadi protein hewani anda pun tetap tercukupi. Lebih baik lagi jika anda hanya mengonsumsi protein hewani dari ikan yang memiliki lemak sehat. Selain itu konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat tapi kadar gulanya rendah seperti beras merah, gandum, dan sayur-sayuran seperti kentang. Lengkapi juga kebutuhan nutrisi anda dengan makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah-buahan.

[ Baca juga : 20 Macam makanan yang cocok untuk diet ]

Intensitas dan kuantitas makanan yang dikonsumsi

Biasakan diri anda untuk memahami diet bukanlah mengurangi instensitas makan anda, tetapi mengurangi kuantitasnya. Tidak ada manfaatnya jika anda hanya makan dua kali sehari, tapi porsi yang anda makan sangatlah besar dan tidak sehat. Akan lebih baik jika anda tetap makan tiga kali sehari, namun dengan porsi makan yang lebih sedikit dan hanya mengonsumsi makanan sehat saja. Bahkan jika memang porsi makanan yang anda makan sangat sedikit dan hanya makanan sehat saja, anda dapat mengulangi makan anda hingga lebih dari 3 kali. Makanan yang harus anda hindari konsumsinya antara lain, makanan berminyak tinggi, makanan bergula tinggi, dan makanan berlemak jahat tinggi.

Membuat jadwal menu makanan yang dikonsumsi

jadwal makan

Jadwal makan sehat untuk diet

Diet membutuhkan komitmen yang besar. Tidak ada toleransi dan dispensasi untuk keluar jadwal menu yang telah disiapkan. Jadwal menu yang dirumuskan pun sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh secara tepat. Anda tidak akan sakit karena kekurangan nutrisi, jika diet yang anda lakukan merupakan diet yang tepat.

Menu diet anda bisa ditentukan berdasarkan selera anda. Namun harus dipastikan bahwa di minggu pertama hingga minggu ketiga diet, anda tidak mengonsumsi lemak dan hanya mengonsumi karbohidrat dalam kadar rendah. Perbanyak makanan yang mengandung protein dan serat saja.

Setelah memasuk minggu keempat, barulah anda dapat mengembalikan dosis karhbohidrat normal anda untuk dikonsumsi. Dengan kata lain, selama tiga minggu pertama diet anda hanya akan mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk nasi sekitar 8 sendok per harinya. Diet sehat yang memperhatikan nutrisi ini dipercaya mampu membantu anda membakar lemak perut dan mengembalikan bentuk perut normal anda.

Demikianlah beberapa cara mengecilkan perut yang bisa anda terapkan di rumah. Yang perlu diperhatikan dalam hal olahraga adalah intensitasnya. Semakin sering anda berolahraga, maka hasil yang anda idamkan akan segera anda dapatkan. Sedangkan untuk diet, aturan makan dengan kebutuhan kalori yang tepat menjadi kuncinya. Hindari konsumsi yang berlebihan dan menyebabkan perut anda membuncit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Lihat Juga :
Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet