10 Cara menghilangkan bekas cacar air

Cara menghilangkan bekas Cacar Air – Cacar air merupakan salah satu penyakit yang pasti menyerang manusia, baik dari usia masih anak-anak hingga sudah dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh sebuah virus yang dinamakan virus Varicella zoster. Dengan adanya virus ini maka cacar air akan timbul. Ciri khas penyakit cacar air yakni bagi orang dewasa yang sudah terkena cacar tidak akan tertular kembali.

Umumnya gejala yang terkena cacar air yakni, mengalami demam dengan suhu tinggi. Biasanya memang demam timbul beberapa hari sebelum benjolan air yang menjadi ciri cacar tumbuh. Selain itu kepala akan sakit dan badan terasa pegal secara keseluruhan seperti akan terserang flu. Setelah demam datang tidak lama akan timbul bentol yang akan menyebabkan koreng. Keropeng atau koreng ini akan bertahap menghilang hingga 2 minggu kedepan.

cara menghilangkan bekas cacar air

Gambar ilustrasi

Cacar air ini tentu saja meninggalkan bekas. Sama seperti jerawat yang biasa meradang kemudian digaruk atau diganggu. Bekas cacar air umumnya timbul diseluruh tubuh, tidak hanya di wajah saja. Namun yang paling mengganggu tentu saja jika muncul di bagian wajah. Bekas cacar air menahun sangat sulit dihilangkan, terutama jika terkena cacar air saat masih kecil. Sedangkan anda baru merasa terganggu ketika beranjak dewasa 8-10 tahun kemudian. Umumnya akan sulit menghilangkan bekasnya.

10 Solusi menghilangkan bekas cacar air

Berikut ada dua solusi yang bisa dilakukan. Pertama yakni alami dengan bahan alam. Khusus untuk anda yang terkena cacar baru-baru saja. Bahan alami akan ampuh dan paling aman. Jangan menggunakan salep atau bahan kimia terlebih dahulu. Terutama jika bekas cacar benar-benar baru kering seminggu setelahnya. Menggunakan bahan alami akan lebih dingin dan nyaman. Metode atau cara kedua yakni dengan cara dokter atau modern. Umumnya bekas cacar menahun akan memilih cara ini, karena cara alami sudah tidak mungkin dilakukan. Bekas cacar menahun sudah menempel pada jaringan sehat atau kulit sehat. Jika dihilangkan sudah tidak bisa, karena kulit rusak tidak dalam keadaan basah atau baru-baru. Namun dengan metode dokter, umumnya menggunakan metode fisik yakni radiasi dan laser atau lainnya. Bahkan ada metode yang menggunakan operasi agar kulit rusak bekas cacar terangkat.

Baca Juga :  Cara merawat wajah dengan masker alami

Maka bagaimana solusinya ? pertama ketika cacar sedang berlangsung atau akan selesai jangan sampai anda menggaruk karena akan berbekas. Lalu, bagaimana jika sudah berbekas atau anda cacar terkena pada anak-anak yang tidak tahan untuk menggaruknya. Berikut beberapa tips yang bisa jadi ampuh untuk anda.

1). Manfaatkan jagung muda

jagung muda atau semi merupakan salah satu sayur yang biasa dikonsumsi, bagi masyarakat Indonesia jagung muda dikonsumsi sebagai sayuran tumis. Jagung mudah memiliki ukuran yang kecil dengan buah yang bisa dikonsumsi semua tanpa bonggol. Ternyata semi atau jagung muda ini yang bisa membantu menghilangkan cacar air. Gunakan jagung muda segar, buang bagian kelobot dan juga rambut jagungnya. Setelah itu cuci hingga bersih, karena jika kotor akan menimbulkan jerawat jika digunakan di bagian jerawat. Setelah itu parut dan ratakan pada bagian tubuh yang membekas cacarnya.

2). Menggunakan buah mengkudu

Mengkudu memang buah yang berbau, walaupun rasanya hambar dan juga tidak disukai. Namun, mengkudu ternyata banyak manfaatnya. Selain dikonsumsi, mengkudu juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas cacar. Jus atau haluskan buah mengkudu dan tempelkan pada bekas cacar air. Lakukan secara rutin setiap hari selama 30 – 60 menit sehari.

[ Baca juga : 30 Manfaat mengkudu untuk kesehatan & kecantikan ]

3). Manfaatkan lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak nutrisi, seperti vitamin C dan vitamin E. Lidah buaya memang terkenal sebagai tanaman yang bisa menutrisi kulit dan rambut. Jika anda butuh bahan alami untuk perawatan maka bisa menggunakan lidah buaya. Salah satunya adalah menghilangkan bekas cacar. Ambil lidah buaya dan buang kulitnya, setelah itu gunakan daging atau gel nya kemudian oleskan pada bagian kulit yang terdapat bekas cacar tersebut. Jika sudah diamkan kemudian bersihkan, lakukan hal ini sangat rutin maka anda akan mendapatkan hasil yang baik.

ladyfem

[ Baca juga : 30 Manfaat lidah buaya bagi kesehatan & kecantikan ]

4). Menggunakan Madu

Madu merupakan bahan alami lainnya yang sering digunakan untuk perawatan. Nah, bagi anda yang ingin menghilangkan bekas cacar ternyata madu bisa membantu menghilangkannya. Gunakan madu alami atau madu hitam, kemudian oleskan pada bekas cacar air. Madu yang alami dan kandungannya benar-benar asli yang akan ampuh untuk menghilangkan bekas cacar dengan mudah.

Baca Juga :  Cara menghilangkan kantung mata secara efektif

[ Baca juga : 30 Manfaat madu untuk kesehatan & kecantikan ]

5). Memanfaatkan lemon

Lemon memang biasa digunakan untuk mencerahkan kulit atau merawat kulit. Bekas cacar air dikulit juga bisa dihilangkan dengan menggunakan lemon. Walaupun terkenal memberikan efek perih ketika dioleskan pada bekas luka atau kulit namun hal tersebut membuktikan bahwa vitamin C memberikan reaksi pada kulit. Maka lemon dipercaya bisa menghaluskan dan menghilangkan dari bekas cacar air. Gunakan lemon secara rutin setiap hari. Namun jangan terlalu lama, karena lemon bisa menyebabkan breakout alias kulit pecah-pecah.

[ Baca juga : Manfaat Jeruk Lemon ]

6). Gunakan kacang hijau

Biasanya kacang dimanfaatkan untuk bubur atau berbagai olahan lainnya. Ternyata kacang hijau bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas cacar. Kacang hijau memiliki protein dan vitamin E yang bisa meregenerasi kulit dan menghilangkan bekas cacar air. Rendam kacang hijau sebanyak 10 -20 biji, lalu ambil biji yang terendam. Setelah itu hancurkan biji seperti di tumbuh dan campurkan air hingga berbentuk seperti krim. Jika sudah maka oleskan pada bekas cacar secara merata, dan lakukan berulang-ulang hingga hilang bekas cacarnya. Jangan lupa setelah mengering maskernya, bilas hingga bersih dengan air.

7). Air kelapa

Umumnya air kelapa bukan hanya menyegarkan, namun air kelapa sering dimanfaatkan sebagai obat. Bagi yang sedang sakit, air kelapa bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan dan mengembalikan energi. Begitu juga untuk anda yang memiliki bekas cacar air. Ternyata mencuci muka dan mengoleskan bekas cacar air dengan air kelapa dengan rutin akan menolong anda dalam menghilangkan bekas cacar. Air kelapa merupakan detoks alami untuk menghilangkan racun di dalam tubuh.

8). Krim Vitamin E

Krim vitamin E ternyata bisa membantu anda menghilangkan bekas jerawat. Krim ini mudah didapatkan di apotik atau toko obat yang besar yang biasa ada di supermarket. Usahakan mendapatkan vitamin E dengan bentuk krim atau salep sehingga mudah mengaplikasikan pada bekas cacar. Selain itu, vitamin E bisa menutrisi kulit dan melembabkan kulit. Bekas cacar pun akan mudah hilang. Oleskan minyak atau salep vitamin E, kemudian berikan pijatan lembut dan merata. Lakukan secara rutin dan berulang untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga :  5 Cara menghilangkan kutil dengan bahan alami

9). Laser

Cara berikut ini mungkin termasuk cara modern. Banyak yang melakukan cara ini jika cacar air terjadi ketika kecil sedangkan pasien sudah dewasa bahkan sudah berusia lebih dari 20 tahun. Cara laser ini bisa membantu menghilangkan bekas cacar di kulit dan bisa meremajakan kulit kembali. Selain itu, laser bisa menumbuhkan kolagen sehingga kulit menjadi tampak lebih muda, kenyal dan halus seperti bayi. Cara dokter merupakan cara termahal dalam menghilangkan bekas cacar, karena biasa dikonsentrasikan pada kulit wajah saja, tidak untuk tubuh. Metode ini sudah banyak masuk di berbagai ahli kecantikan besar dan terpercaya. Selain itu dokter sudah menggunakan laser tidak hanya untuk menghilangkan cacar, bisa juga bekas jerawat atau perawatan kulit saja.

10). Microdermabrasion

Cara ini merupakan cara modern kedua yang dilakukan oleh para dokter kulit. Microdermabrasion merupakan metode yang membuang bagian bekas cacar, karena kulit tersebut merupakan kulit rusak. Selain itu setelah dibuang, kulit yang ditumbuhi bekas akan diregenerasi dan kembali seperti kulit asli atau kulit asalnya. Metode ini seperti mengembalikan kulit dimana tubuh atau wajah anda belum terkena cacar air. Microdermabrasion masih sangat jarang dan harganya lebih mahal dibandingkan laser.

Itulah 10 cara menghilangkan bekas cacar air baik yang baru maupun yang menahun. Semua kembali pada penderita yang memilih instan atau menggunakan bahan alami. Karena semua yang digunakan berlebihan pasti ada efek sampingnya. Memang akan membutuhkan waktu yang agak lama baik metode modern maupun alami karena bekas cacar air merupakan kerusakan kulit yang paling membandel. Namun jangan patah semangat!

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet