5 Cara alami menghilangkan bekas luka yang membandel

Cara Menghilangkan Bekas Luka – Bekas luka bagi perempuan merupakan hal yang mengganggu penampilan karena menimbulkan kesan kulit kotor dan buruk saat dipandang. Terutama bekas luka yang berada di beberapa bagian tubuh seperti betis, wajah, tangan dan lain sebagainya.

Bekas luka bisa disebabkan oleh banyak hal seperti jahitan, bekas jerawat, bekas cacar dan lain-lain. Untuk mengembalikan penampilan yang prima tanpa adanya bekas luka yang bersarang, berbagai cara dilakukan wanita dari mulai membeli produk salep khusus penghilang luka berharga cukup mahal hingga melakukan operasi plastik dengan biaya yang sangat mahal. Sebenarnya ada cara menghilangkan bekas luka yang lebih murah bahkan gratis namun dengan hasil yang maksimal dengan cepat.

Cara menghilangkan bekas luka

Gambar ilustrasi

5 Cara alami menghilangkan bekas luka

1). Menggunakan Green Tea (Teh Hijau)

Green Tea tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saat diminum tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti menghilangkan bekas luka, mengendalikan kadar minyak pada wajah, mengurangi peradangan kulit, dll. Untuk cara menghilangkan bekas luka dengan memanfaatkan green tea adalah dengan membuat toner green tea. Toner terbuat dari air seduhan teh hijau (green tea), toner yang telah jadi digunakan untuk membasahi handuk kecil atau kapas. Sebelum mengoleskan handuk atau kapas dari toner pada bekas luka, bekas luka harus dibersihkan terlebih dahulu. Bekas luka bisa hilang karena teh hijau mengandung anti oksidan yang 200 kali lebih tinggi dibandingkan vitamin E.

[ Baca juga : Manfaat teh hijau untuk kecantikan & kesehatan ]

2). Menggunakan Daun Pare

Cara menghilangkan bekas luka dengan memanfaatkan daun pare adalah dengan membuat lotion pare. Untuk membuat lotion pare, daun pare harus dicuci terlebih dahulu dan dihaluskan. Daun pare yang sudah halus ditambahkan dengan air hangat, kemudia peras daun pare hingga menghasilkan air. Untuk membentuk air ini menjadi lotion, air perasan daun pare dicampur dengan 2 sendok teh tepung beras. Lotion yang telah jadi dioleskan pada bagian tubuh yang luka hingga menjadi kering dan bilas dengan air bersih. Kandungan yang terdapat pada sayuran pahit ini mampu menyamarkan bekas luka agar terlihat lebih bersih.

[ Baca juga : 30 Manfaat pare untuk kesehatan ]

3). Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memang lebih banyak dikenal sebagai tanaman penyubur rambut, padahal lidah buaya memiliki banyak khasiat lainnya karena kandungan asam amino, lignin dan anti-radang pada lendirnya. Kandungan asam amino berkhasiat untuk membantu proses regenerasi kulit dan kandungan lignin berkhasiat melembabkan kulit. Sedangkan kandungan anti-radang yang terdapat pada lendir lidah buaya berkhasiat menghilangkan bekas luka pada kulit. Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya juga sama seperti penggunaan pada rambut. Pertama potong sedikit lidah buaya agar lendirnya bisa keluar, setelah lendir dari tanaman lidah buaya telah keluar, langsung oleskan pada bekas luka yang ingin dihilangkan.

[ Baca juga : 30 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan & kecantikan ]

4). Menggunakan Daun Mint

Cara menghilangkan bekas luka yang lain adalah dengan memanfaatkan daun mint. Daun mint umumnya digunakan pada obat kumur, minyak angin dan pasta gigi. Tetapi belum banyak yang tahu bahwa daun mint juga bisa menghilangkan bekas luka, jerawat  dan luka bakar. Cara membuat penghilang bekas luka daun mint sama seperti bahan lainnya yaitu membuat scrub dengan menghancurkan daun mint hingga halus dan mengoleskannya pada kulit yang memiliki bekas luka.

[ Baca juga : 30 Manfaat daun mint untuk kesehatan & kecantikan ]

5). Menggunakan Madu

Cara menghilangkan bekas luka yang terakhir dan banyak dilakukan adalah dengan menggunakan madu. Cairan madu asli mampu menghilangkan bekas luka, mengurangi nyeri, merangsang regenerasi sel kulit dan sebagainya. Untuk menghilangkan bekas luka dengan madu juga sangat mudah yaitu hanya dengan langsung mengoleskan madu pada bagian yang luka  secara merata. Setelah itu, diamkan luka yang terlapisi madu selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, luka sebaiknya diolesi madu asli secara rutin.

[ Baca juga : 30 Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan ]

Loading...
7 Shares
Share7
+1
Pin
Tweet