Cara menghindari asap rokok bagi perokok pasif

Cara menghindari asap rokok – Meski semua orang di dunia tahu bahaya dari merokok, nyatanya masih banyak orang yang tidak bisa lepas dari rokok. Bahkan tak jarang ada orang yang tidak memikirkan kondisi orang lain dengan merokok di sembarang tempat atau di tempat umum. Bagi yang sensitive atau tidak ingin terpapar asap rokok, hal tersebut benar-benar membuat jengkel.

Apalagi jika kita terpapar asap rokok, kita terpaksa harus menghirup zat berbahaya yang terkandung di dalamnya. Akibatnya, kita memiliki potensi yang sama dengan perokok untuk terkena penyakit berbahaya seperti sesak napas, kanker, paru-paru kotor, sakit jantung, bahkan kerusakan otak bagi bayi dan janin. Asap rokok bahkan lebih berbahaya bagi perokok pasif daripada perokok aktif itu sendiri. Karena itu, sangat penting bagi kita yang bukan perokok untuk menghindari asap rokok agar dapat terhindar dari resiko berbahaya tersebut.

cara menghindari asap rokok

Gambar ilustrasi

Jika begitu banyak bahaya yang ditimbulkan oleh asap rokok, mengapa setiap tahun jumlah perokok terus bertambah? Karena rokok mengandung senyawa nikotin yang membuat penghisapnya menjadi ketagihan atau candu. Jadi sekali mencoba, akan sulit untuk bisa berhenti kecuali ada niat yang kuat dari diri sendiri. Untuk menghindari asap rokok yang banyak bertebaran apalagi di tempat umum, cobalah beberapa cara berikut.

Tips menghindari ancaman asap rokok

1). Pakai Masker di Tempat Umum

Masker bisa menjadi alternatif bagi kita untuk terhindar dari asap rokok, bahkan melindungi kita dari udara yang kotor dan berdebu. Jadi sediakan masker di tas jika ingin bepergian.

ladyfem

2). Menegur Langsung si Perokok

Memang terkadang kita merasa tidak enak atau segan jika harus menegur orang yang sedang merokok apalagi di tempat umum. Namun bila kita tidak ingin mendapat dampak buruk dari asap rokok, tidak ada salahnya untuk menegur dengan bahasa yang sopan. Gunakan bahasa yang santun agar si perokok tidak tersinggung, dan buat dia mengerti bahwa orang di sekitarnya tidak nyaman dengan asap rokoknya.

Baca Juga :  Cara menurunkan kadar Kreatinin tinggi dalam tubuh

3). Jadikan Rumah No Smoking Area

Bahkan jika kita tidak menyukai asap rokok, ada saja anggota keluarga atau sanak saudara yang merokok. Jika Anda tidak ingin Anda dan anak-anak sakit akibat asap rokok, tegur dengan halus atau beritahukan bahwa rumah Anda merupakan no smoking area. Jika tetap ingin merokok, ajaklah untuk merokok di luar rumah.

4). Jauhi si perokok

Ini cara yang paling ampuh dan efisien untuk menghindari paparan asap rokok. Jauhi saja orang yang merokok tersebut, jika orang tersebut bertanya mengapa kita menjauh, akan lebih mudah bagi kita untuk memberitahu bahwa asap rokoknya sangat mengganggu.

5). Pilih Teman yang tidak Merokok

Teman ikut menentukan bagaimana kondisi kita. Jika teman kita merokok, tentu kita akan mendapat efek buruknya. Karena itu, penting untuk memilih teman yang tidak merokok agar kita bisa terhindar dari asap rokok. Kalaupun ada teman yang merokok, jangan dekati dia selagi dia merokok. Jangan pernah terbujuk rayuan teman untuk mencoba rokok, meski hanya sekali hisap.

6). Dukung Setiap Kenalan yang Ingin Berhenti Merokok

Meskipun sangat sulit untuk berhenti merokok, ada juga yang ingin terbebas dari asap rokok dan ingin berhenti dari kecanduan. Karena itu, beri dukungan penuh bagi orang yang ingin berhenti merokok, terutama kenalan kita. Karena jika mereka tidak merokok lagi kita juga akan terbebas dari asap rokok.

[ Baca juga : Cara menjalankan pola hidup sehat ]

Demikian beberapa cara menghindari asap rokok, semoga bisa diterapkan agar kita bisa terhindar dari bahaya asap rokok. Jika bukan kita yang peduli dengan kesehatan tubuh kita, siapa lagi?

Baca Juga :  Penyebab kencing bercabang
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet