Cara mengobati Asam Urat dengan bahan alami

Cara mengobati Asam Urat – Cukup banyak masyarakat Indonesia yang mencari obat asam urat dengan bahan kimia di pasaran. Padahal ada cara lain yang bisa digunakan secara alami untuk mempercepat penyembuhan asam urat ini. Sebelum membahas obat alami asam urat, alangkah baiknya jika kita cari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan asam urat dan bagaimana sebenarnya gejala yang ditimbulkan ketika seseorang merasakan penyakit ini.

cara mengobati asam urat

Gambar ilustrasi

Berdasarkan pengertiannya, asam urat merupakan keadaan dimana zat yang dihasilkan oleh proses metabolisme di dalam tubuh berupa purin tidak bisa dikeluarkan melalui urin pada ginjal dalam kondisi yang normal. Seharusnya, zat bernama asam urat ini dikeluarkan ginjal agar tidak terlalu berlebih dalam darah. Dengan adanya zat yang tidak bisa dikeluarkan secara benar, pada akhirnya zat ini akan tertimbun atau menumpuk di  daerah persendian dalam bentuk berupa kristal. Adanya kristal-kristal asam urat inilah yang membuat persendian terasa nyeri bahkan sampai dengan bengkak dan meradang. Obat asam urat yang dicari adalah obat yang bisa melepaskan kristal-kristal asam urat tersebut sedikit demi sedikit dari persendian agar tidak lagi terasa nyeri. Pada intinya asam urat merupakan kondisi di mana adanya asam urat berlebih pada darah yang kemudian membentuk kristal di bagian persendian.

Gejala Asam Urat

Ada beberapa gejala yang mengindikasikan bahwa tubuh sedang terkena asam urat, beberapa di antaranya adalah persendian yang sering kesemutan, terasa ngilu atau nyeri atau bahkan sampai membengkak berwarna merah. Biasanya rasa nyeri ini akan sangat terasa saat malam hari atau baru bangun dari tidur. Rasa nyeri atau ngilu ini akan dirasakan berulang-ulang di daerah persendian siku, lutut, tumit dan tangan.

Baca Juga :  6 Gejala penyakit Jantung yang harus di waspadai

Namun, untuk lebih pastinya konsultasi ke dokter merupakan cara terbaik selain untuk mengetahui keadaan asam urat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan obat asam urat atas resep dokter. Meskipun begitu, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan penyakit asam urat ini. Oleh karen itu, berikut ini akan kami ulas terkait obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan asam urat.

Cara mengobati Asam urat dengan bahan alami

Sebenarnya untuk menyembuhkan asam urat ini ada beberapa ramuan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Selain menggunakan bahan-bahan alam yang aman, meracik ramuan penyembuh asam urat sendiri tentu akan meminimalisir risiko efek samping karena pemakaian obat kimia. Bahan-bahan alami yang digunakan untuk obat asam urat ini juga bisa dikatakan terjangkau dan sangat mudah didapatkan dari toko-toko atau warung terdekat. Berikut ini adalah beberapa racikan sederhana obat penyembuh penyakit asam urat yang mudah dibuat.

1). Tanaman Kumis kucing

Tanaman dengan nama latin Orthosiphon aristatus ini memang telah diketahui banyak sekali memiliki manfaat untuk kesehatan manusia, salah satunya adalah sebagai tanaman obat untuk penyakit asam urat. Di masyarakat, penggunaan tanaman kumis kucing untuk pengobatan bukan lagi hal yang aneh atau jarang. Biasanya tanaman ini bisa dimanfaatkan dalam keadaan kering, namun juga bisa digunakan dalam keadaan basah.

ladyfem

Seringnya, tanaman kumis kucing dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakit rematik karena kemampuannya untuk meluruhkan air kemih. Untuk bisa dijadikan obat asam urat alami, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama di petik 4 sampai 5 helai daun tanaman kumis kucing serta 5 helai tanaman meniran. Setelah itu, daun yang telah dipetik tersebut direbus dalam air bersih sebanyak 2 gelas sampai dengan mendidih. Biarkan rebusan mendidih sampai dengan hanya menyisakan 1 gelas sisa air rebusan. Yang terakhir, air rebusan tersebut bisa diminum selama 3 kali dalam sehari agar proses penyembuhan bisa maksimal.

Baca Juga :  Virus Zika : Gejala, Penyebab, Dan Pengobatannya

2). Rebusan Daun Salam

Daun salam ternyata selain dikenal sebagai bahan masakan juga bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan penyakit asam urat. Daun salam sangat baik untuk pembuatan obat asam urat karena kandungan zat alami yang dimilikinya yaitu flavonoid, polifenol, tanin, minyak asiri dan lain sebagainya. Jadi, bukan hanya bisa digunakan untuk obat asam urat saja melainkan bisa juga digunakan untuk obat herbal kolesterol tinggi, kencing manis, diare dan maag.

Untuk mendapatkan ramuan herbal untuk obat asam urat ada dua racikan yang bisa digunakan. Racikan ramuan herbal yang pertama adalah dengan merebus 10 lembar daun salam dengan daun dewa sebanyak 25 gram dan batang sereh pada 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas sisa air rebusan. Air inilah yang kemudian diminum untuk obat herbal asam urat. Racikan yang kedua adalah dengan merebus 10 sampai dengan 15 lembar daun salam menggunakan 2 gelas air hingga air rebusan menyusut sampai 1 gelas.

3). Rebusan Jahe

Jahe selain bisa dibuat untuk minuman menghangatkan juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan asam urat. Untuk membuat obat asam urat  alami ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Namun, tidak perlu khawatir karena hal yang perlu dilakukan tidaklah sulit. Cukup merebus bahan utama jahe sebanyak 15 gram dengan bahan alami lainnya seperti 5 buah kapulaga, 5 gram bengle, satu buah kayu manis, 10 butir lada, 5 butir cengkeh dan 5 gram biji pala pada 2 gelas air sampai dengan mendidih. Setelah semua air dan bahan mendidih dan tercampur dengan baik, tunggu beberapa saat agar ramuan lebih hangat dan bisa diminum.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol ]

Baca Juga :  Cara mengobati perut kembung secara alami

4). Daun dan buah pare

Meskipun buah pare memiliki rasa yang sangat pahit, namun khasiatnya untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu lagi dipertanyakan. Tanaman pahit ini memiliki banyak kandungan zat yang sangat baik untuk tubuh di antaranya adalah polipeptida, asam folat, alkaloid, glikosida, elasterol, hydroxytryptamine serta beberapa vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu vitamin A, B1, B12, C, serta vitamin E. Buah pare mengandung mineral seperti: zing, zat besi, mangan, fosfor, tembaga. Selain itu, pare juga mengandung senyawa seperti pantothenic acid, lutein, likopen, dan serat. Kandungan tersebutlah yang membuat buah tanaman pare ini sangat baik digunakan untuk obat asam urat. Sebenarnya, tanpa di racik pun memakan buah pare dalam sebuah masakan rumah biasa juga bisa membantu tubuh dalam proses penyembuhan penyakit asam urat.

[ Baca juga : Gejala penyakit jantung ]

Penyakit asam urat ini pada dasarnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Biasanya penderita asam urat adalah mereka yang kurang teratur berolah raga dan  meminum air putih. Selain itu, mengonsumsi makanan-makanan cepat saji merupakan cara tercepat seseorang terkena penyakit asam urat ini. Apalagi bagi mereka yang sering meminum minuman bersoda. Sekian ulasan terkait ramuan herbal obat asam urat, semoga bermanfaat untuk para pembaca yang membutuhkan informasi terkait obat alami untuk penyakit asam urat ini.

0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet