4 Cara mengobati gusi bengkak secara alami

Cara mengobati gusi bengkak – Gusi adalah salah satu bagian dalam mulut yang memiliki peran cukup penting. Oleh karena itu, apabila terjadi permasalahan pada gusi khususnya pembengkakan pastinya akan sangat mengganggu. Untuk mengatasinya Anda perlu menyimak ulasan berikut ini tentang cara mengobati gusi bengkak secara aman dan efektif. Mengapa dikatakan aman dan efektif? Pasalnya, cara-cara berikut ini tidak akan menimbulkan efek samping dan terbukti dapat menyembuhkan pembengkakan gusi dalam waktu yang relatif cepat. Pastinya Anda ingin mengetahuinya bukan? Namun sebelum membahas hal tersebut, terlebih dahulu akan dibahas tentang beberapa hal yang menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Penyebab utama pembengkakan gusi adalah kebersihan gigi dan gusi yang tidak terawat dengan baik sehingga sering meninggalkan sisa kotoran. Penyebab lain, yaitu kekurangan vitamin C, penggunaan kawat gigi yang terlalu menekan gusi dan adanya virus serta bakteri di area mulut. Setelah mengetahui apa saja penyebab gusi bengkak, berikutnya Anda dapat memilih cara yang paling tepat untuk mengatasinya.

cara mengobati gusi bengkak

Tips mengobati gusi bengkak

1). Kumur menggunakan air garam

Cara mengobati gusi bengkak yang paling lazim dilakukan adalah dengan kumur menggunakan air garam. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab gusi bengkak karena adanya virus dan bakteri di area mulut, oleh karena itu, kumur dengan menggunakan air garam terbilang sangat efektif. Hal ini dikarenakan air garam mengandung zat antiseptik yang mampu membunuh penyebab pembengkakan pada gusi tersebut. Caranya sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu mencampurkan garam pada air hangat dan menggunakan untuk berkumur 2 hingga 3 kali setiap harinya. Agar hasilnya lebih maksimal disarankan agar Anda melakukan hal tersebut secara rutin.

Loading...

2). Kumur menggunakan baking soda

Cara untuk mengatasi pembengkakan pada gusi yang berikutnya adalah kumur menggunakan baking soda. Bahan ini memang dikenal sebagai bahan untuk membuat kue namun tahukah Anda jika ternyata baking soda juga dapat digunakan untuk mengobati gusi yang bengkak. Caranya dengan mencampurkan baking soda di dalam air dengan takaran yang sesuai dan gunakanlah sebagai bahan untuk kumur. Baking soda atau hidrogen peroksida ini mampu mengurangi rasa sakit akibat gusi bengkak.

3). Kumur menggunakan daun sirih

Cara mengobati gusi bengkak yang ketiga adalah dengan kumur menggunakan daun sirih. Seperti yang diketahui bahwa daun sirih memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengobati pembengkakan pada gusi. Cara pengobatannya terbilang cukup sederhana yaitu dengan memasukkan 10 lembar daun sirih pada rebusan air sebanyak 500 cc, tunggu hingga mendidih. Kemudian tambahkan juga kunyit dan garam dengan takaran secukupnya untuk memaksimalkan pengobatan. Apabila telah mendidih, terlebih dahulu Anda harus menyaring sebelum menggunakannya untuk berkumur atau diminum langsung.

[ Baca juga : 30 Manfaat daun sirih untuk kesehatan & kecantikan ]

4). Menggosok gigi secara rutin

Cara mengobati gusi bengkak yang terakhir adalah dengan menggosok gigi secara rutin. Hal ini mungkin terdengar kurang efektif namun apabila Anda memiliki kebiasaan menggosok gigi dengan baik maka kemungkinan terjadinya pembengkakan pada gusi akan sangat kecil. Dalam sehari Anda setidaknya menggosok gigi 2 hingga 3 kali agar sisa makanan yang tertinggal tidak menyebabkan plak yang dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi.

[ Baca juga : 10 Cara memutihkan gigi secara alami ]

Itulah keempat cara mengobati gusi bengkak secara efektif yang bisa Anda coba. Bagaimana semuanya sangat mudah untuk dilakukan bukan? Mulai saat ini Anda tidak perlu tergesa-gesa pergi ke dokter apabila dapat mengobatinya sendiri.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet