10 Cara mengobati masuk angin tanpa kerokan

Cara mengobati masuk angin secara alami – Masuk angin merupakan permasalahan terbesar terutama bagi masyarakat Indonesia. Walaupun uniknya, di dunia medis tidak ada penyakit masuk angin. Namun masih lebih dari 90% masyarakat Indonesia merasa bahwa memang ada penyakit masuk angin dan sering menyerang baikkalangan anak-anak hingga orang dewasa. Umumnya gejala masuk angin adalah badan yang tidak enak, mual, susah buang air atau sebaliknya justru diare, badan terasa demam, keringat dingin dan lain-lain.

Penyebab masuk angin dianggap bermacam-macam, diantaranya memakan-makanan yang mengandung gas tinggi, terkena angin malam, berpergian lama, terkena kipas atau pendingin ruangan terlalu lama dan lainnya. Lantas, jika memang dipercaya terkena masuk angin bagaimana mengobati nya ? berikut ada beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengobati masuk angin.

cara mengobati masuk angin

Gambar ilustrasi

Tips mengobati masuk angin tanpa kerokan

1). Mengonsumsi sup ayam

Anda pasti bingung kan dengan obat pertama ? sup ayam merupakan makanan yang berasa netral dengan kandungan yang tidak berefek buruk jika dikonsumsi saat masuk angin. Ketika anda masuk angin, maka perut akan terasa kembung dan lidah terasa pahit atau tidak enak. Konsumsilah sup ayam yang hangat dan juga baru matang. Selain karena kehangatannya yang bisa meredakan masuk angin, rasanya pun lebih baik dari obat dan sekaligus mengisi tenaga. Selain itu kandungan lada atau merica pada sup ayam yang biasa digunakan akan membantu menghangatkan tubuh dan mengeluarkan masuk angin yang menyerang.

2). Meminum Air Jahe

Jahe merupakan bahan rempah alami yang berasal dari Asia dan salah satunya Indonesia. Jahe memiliki rasa pedas namun berbeda dengan cabai atau lada. Jahe yang rasanya pedas dan menghangatkan ini karena mengandung minyak esen yang sama seperti daun mint jika diekstrak. Rebus jahe kemudian saring dan campurkan bersama dengan gula merah agar rasanya lebih enak. Jahe yang hangat akan menghangatkan tubuh dan membantu tubuh berkeringat. Dengan begitu, masuk angin akan cepat reda.

3). Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih merupakan bawang-bawangan yang terkenal akan meredakan berbagai penyakit. Diantaranya adalah kanker, darah tinggi hingga jantung. Kelebihan dan efek konsumsi bawang putih tidak harus menunggu lama, karena kerjanya cepat dan memberikan efek samping menyehatkan. Walaupun bau nya sangat tajam dan berbekas cukup lama. Namun, bawang putih juga bisa meredakan masuk angin yang anda alami, terutama masuk angin yang sudah parah hingga menyebabkan diare. Kandungan zatallicin di dalam bawang putih cukup tinggi, dan zat ini memiliki fungsi sebagai antibiotik alami yang menghambat pertumbuhan bakteri dan virus di dalam tubuh. Konsumsi bawang putih secara mentah atau tumbuk dan rebus bersama air, setelah itu saring dan minum bawang putih.

[ Baca juga : Manfaat bawang putih untuk kesehatan & kecantikan ]

4). Teh Lemon serta Madu

Siapa yang tidak menyukai teh ? rasanya manis dan hangat, ternyata bisa menghilangkan dan mengobati masuk angin. Teh yang ampuh adalah teh lemon, karena teh ini memiliki kandungan vitamin C yang meredakan tubuh dan juga membuat tubuh semakin rileks. Penggunaan madu merupakan pengganti gula sehingga lebih alami. Teh lemon serta madu ini bisa dikonsumsi ketika anda terkena masuk angin. Usahakan konsumsi selagi masih hangat, agar tubuh juga ikut merasa hangat setelah meminum teh lemon dan madu. Teh bisa diganti dengan menambahkan sedikit bubuk kayu manis dengan fungsi menghangatkan tubuh.

[ Baca juga : Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan & kecantikan ]

5). Rebusan daun pepaya

Seperti yang diketahui, bahwa daun pepaya memang sangatlah pahit. Namun, rebusan daun pepaya ternyata bisa meredakan masuk angin sangat cepat. Walaupun pahit, daun pepaya memiliki manfaat yang sangat banyak dan beragam. Bahkan untuk darah tinggi, maka daun pepaya sangatlah bagus. Daun ini juga membantu menghilangkan tubuh dari toksik atau racun dan membersihkan aliran darah. Daun pepaya sangat penting bagi para pria, karena pria tidak mengalami menstruasi dan membersihkan darah. Jika untuk masuk angin, pilih daun pepaya lalu cuci hingga bersih. Setelah itu rebus didalam 3 gelas air dan diamkan hingga matang dan menjadi 2 gelas saja. Konsumsi rebusan tersebut sehari 2 kali hingga masuk angin terasa hilang.

Loading...

[ Baca juga : Manfaat daun Pepaya bagi kesehatan ]

6). Berkumur dan Sikat Gigi

Mungkin cara ini agak membingungkan anda. ternyata orang tua di Jepang banyak yang menyuruh berkumur-kumur dan juga sikat gigi saat hendak tidur agar bakteri dan kuman hilang dalam gigi. Karena kuman dan bakteri tersebut bisa merusak gigi dan menyebabkan penderita mudah terkena masuk angin. Bagi anda juga yang memiliki gigi bolong atau keropos, bisa saja masuk angin disebabkan hal tersebut. usahakan berkumur dan sikat gigi rajin dengan baik. Untuk berkumur, akan lebih manjur apabila dilakukan dengan air hangat yang dicampur sesendok teh garam dan sedikit baking soda. Jangan hanya berkumur namun bersihkan juga bagian tenggorokan.

[ Baca juga : 10 Cara memutihkan gigi secara alami ]

7). Mengonsumsi buah dan vitamin C

Vitamin C memang baik untuk tubuh, ternyata masuk angin bisa diobati dengan makanan yang mengandung vitamin C. Makanan tersebut bisa saja buah-buahan seperti jeruk dan juga tomat. Namun, usahakan mengonsumsi jangan dengan rasa yang dingin. Karena dingin atau es-es dapat menyebabkan masuk angin lebih parah. Konsumsi vitamin C memiliki khasiat yang sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tahap awal masuk angin biasanya ditandai dengan perut kembung dan sakit di bagian langit-langit mulut saat menelan. Dengan adanya gejala awal tersebut, langsung baiknya mencari buah bervitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.

8). Menggunakan Bawang Merah

Jika tadi menggunakan bawang putih dan dikonsumsi, sekarang ini berganti menjadi bawang merah. Namun bukan untuk dikonsumsi seperti bawang putih. Khasiat panas bawang merah lebih terasajika dioleskan dan digosok pada tubuh. Gunakan beberapa siung bawang merah lalu hancurkan hingga halus. Setelah itu oleskan pada perut terutama bagian pusar, setelah itu oleskan pada punggung. Jangan oleskan pada leher atau hidung seperti minyak angin, karena bawang merah sangat panas dan bersifat tajam baunya. Setelah itu tunggu hingga demam hilang atau sudah mulai berkeringat. Jika sudah buang bawang merah dan bisa dibersihkan dengan tisu atau kapas. Bawang merah sangat baik untuk menghangatkan tubuh tanpa harus mengonsumsinya. Jika yang mengalami masuk angin anak-anak, akan sulit menyuruh mereka megonsumsi obat alami, maka bawang merah inilah yang bisa menjadi obat paling utama.

9). Konsumsi air putih

Walaupun masuk angin menyebabkan perut kembung, bukan berarti anda bisa mengurangi konsumsi air putih. Seperti yang diketahui, air putih bisa berguna untuk mengurani berbagai toksik atau racun dalam tubuh. Nah, dengan mengonsumsi air putih sirkulasi udara dan darah pada tubuh akan lancar dan menolong anda menghilangkan rasa masuk angin. Walaupun memang akan ada rasa mual ketika anda mengonsumsi air putih, namun dengan begitu akan ada reaksi baik dari ulu hati maupun lambung anda. konsumsi air putih dengan batas wajar dan lebih sedikit dari normalnya yakni lebih dari 5 gelas per hari. Hindari juga minuman berasa, karena akan memperparah masuk angin anda. terutama jika masuk angin yang anda alami menyebabkan buang air besar sangat sering dan diare. Maka hal tersebut akan menghilangkan banyak cairan dalam tubuh anda dan dapat menyebabkan dehidrasi. Dibandingkan harus diinfus karena kekurangan cairan, baiknya anda bersiap mengonsumsi air putih terlebih dahulu.

[ Baca juga : Cara diet dengan air putih ]

10). Minyak Angin atau Minyak Kayu Putih

Minyak angin atau minyak kayu putih merupakan cara terakhir yang bisa anda gunakan. bahan alami yang berasal dari kayu putih atau eucaliptus menghasilkan rasa hangat seperti menggunakan bawang merah atau meminum jahe. Menggunakan minyak angin ini cukup dioleskan pada tubuh dan anda akan merasa hangat. Minyak angin juga tidak berbau tajam layaknya rempah dan juga bisa digunakan di mana saja, termasuk di kepala seperti kening atau menghirupnya agar hidung merasa segar. Minyak angin bisa didapatkan di supermarket atau di toko apotik terdekat rumah anda. usahakan untuk menggunakan atau mengoleskan tepat pada punggung atau dekat pusar dan perut untuk menghindari masuk angin yang lebih parah.

Itu tadi 10 cara mengobati masuk angin secara alami, jangan menggunakan bahan yang berbahaya dan obat-obat.

Loading...
9 Shares
Share9
+1
Pin
Tweet