Cara mengobati perut kembung secara alami

Cara Mengobati Perut Kembung – Berdasarkan ilmu akupresur, perut kembung bisa disebabkan karena fungsi lambung dan limpa mengalami gangguan, karena penyebab penyakit luar maupun penyebab penyakit dalam. kembung juga bisa terjadi jika makanan yang masuk tidak cocok dan menjadi masalah. Banyak orang Indonesia yang berasumsi bahwa perut kembung disebabkan oleh angin yang masuk ke perut.

Perut kembung juga bisa terjadi karena kelebihan gas di dalam usus dan mengendap di saluran pencernaan, sehingga gas tersebut menyebabkan perut kembung. Ada beberapa makanan yang notabene mengandung gas, dan bagi anda yang mudah terkena perut kembung. Ada baiknya menghindari makanan tersebut. Jika sudah terlanjur lalu bagaimana mengatasi perut kembung ?

cara mengobati perut kembung

Gambar ilustrasi

6 Cara alami mengatasi perut yang kembung

1). Menggunakan bawang merah

Karena masyarakat Indonesia percaya akan bahan alami yang bisa menyembuhkan. Maka bawang merah menjadi pilihan utama dalam mengatasi perut kembung. Bahan alami ini bisa mengatasi perut kembung walaupun memang baunya tidak terlalu enak untuk dihirup. Gunakan dua sampai tiga siung bawang merah untuk dewasa, kemudian parut. Setelah itu tempelkan ke bagian pusar untuk menghangtkan. Lalu perut kembung pun akan tertasi.

[ Baca juga : 30 Manfaat bawang putih untuk kesehatan ]

2). Konsumsi makanan hangat dan juga ringan

Jika perut kembung terjadi yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang hangat namun ringan. Misalnya sup atau teh manis hangat. Maka perut kembung akan teratasi. Selain itu anda juga bisa menjalankan olahraga agar tubuh sedikit berkeringat. Dengan berkeringat maka gas yang ada didalam perut berkurang. Hal ini sangat cocok untuk ibu hamil yang mengalami kembung. Karena sangat mengganggu terutama perut kembung membuat perut terasa penuh. Ada baiknya jangan menempelkan benda panas karena akan memberi efek bagi bayi. Konsumsi saja makanan hangat.

Loading...

3). Banyak bergerak

Banyak beraktifitas membantu menghilangkan perut kembung. Hal ini juga bisa diadaptasikan bagi anak-anak. Karena anak-anak akan sulit makan jika perut tidak nyaman maka ajak mereka bergerak dan juga memicu keluarnya udara dari perut. Selain itu perut juga tidak akan terasa sesak dan kencang karena banyaknya pergerakan yang dilakukan. Selain itu cara ini baik untuk anak-anak karena mereka tidak perlu mengonsumsi atau menggunakan bahan-bahan yang membuat mereka tidak nyaman untuk mengatasi kembung.

[ Baca juga : Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan ]

4). Meminum air putih

Kebiasaan meminum air berkarbonasi seperti soda akan membuat tubuh dan perut kembung. Hal itu memang sudah biasa terjadi, maka usahakan mengonsumsi air putih sebagai minuman konsumsi. Walaupun mengonsumsi air putih terlalu banyak juga justru menyebabkan kembung, maka ada baiknya minum secara cukup dan sesuai takaran. Selain itu, segera hindari minuman berasa yang lebih mudah membuat perut kembung dan juga terasa sesak.

[ Baca juga : Cara diet dengan air putih ]

5). Hindari makanan dengan proses digoreng

Kebiasaan masyarakat Indonesia adalah memakan camilan yang digoreng. Padahal gorengan bisa membahayakan, selain meningkatkan kolesterol jahat tubuh, goregan juga bisa membuat perut kembung dan merasa tidak nyaman. Apalagi makanan gorengan rendah serat dan bersifat berat karena mengandung lemak jenuh yang sulit dicerna. Untuk itu hindari goreng-gorengan ketika perut anda mengalami kembung. Jika terus memakan gorengan maka metabolisme anda tidak bekerja dengan baik dan malah menyebabkan perut begah tak kunjung selesai.

[ Baca juga : Cara menjalankan pola hidup sehat ]

6). Konsumsi makanan berserat

Makanan sayuran memang bermanfaat bagi tubuh, apapun keadaanya. Bagi anda yang sedang mengalami perut kembung, makan makanan berserat bisa membantu tubuh dalam melakukan proses pencernaan. Sehingga sisa makanan atau gas bisa terbuang lewat kotoran. Selain itu serat juga bisa mengikat lemak yang tidak enak pada tubuh. Konsumsi sayuran hijau atau buah setiap harinya. Dengan begitu perut kembung anda teratasi .

Dari berbagai hal diatas pilihlah tips yang menurut anda cocok dengan kondisi tubuh anda. jika anda mengalami perut kembung karena minuman yang dikonsumsi terlalu banyak maka ganti dengan berolahrga. Jika anda mengalami salah makan maka ganti dengan tips mengonsumsi sup atau makanan berserat. Tidak semua tips cocok untuk mengatasi perut kembung, pilihlah tips yang sesuai karena faktor perut anda mengalami kembung. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet