Cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami

Cara mengobati sakit gigi – Hal yang paling menyakitkan adalah ketika sakit gigi. Ketika sakit gigi kita akan sangat susah berbicara karena sedang merasakan sakit yang luar biasa. Emosi pun menjadi tidak stabil apalagi ketika mendengar suara yang cukup kencang. Menurut ahli, sakit gigi juga bisa menjadi salah satu gejala serangan stroke ringan. Maka dari itu, jangan sekali-kali menyepelekan sakit gigi.

Cara yang cukup ampuh mengobati sakit gigi adalah pergi ke dokter gigi atau membeli obat sakit gigi di apotik. Tapi bagaimana jika kondisi sakit gigi yang sedang anda alami terjadi di malam hari?. Tanpa harus pergi ke dokter ada cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan alami. Cara tersebut bisa menjadi alternatif jika Anda tidak sempat pergi ke dokter atau hanya sekedar membeli obat di apotik.

cara mengobati sakit gigi

Gambar ilustrasi

Cara Mudah Mengobati Sakit Gigi Dengan Bahan Alami

1). Bawang Putih

Sejak dahulu bawang putih telah dipercaya menjadi cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan alami. Kandungan zat antiseptic yang ada di dalam bawang putih terbukti bisa membunuh bakteri yang menimbulkan sakit gigi. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kupas bawang putih, cuci bersih lalu tumbuklah hingga benar-benar halus. Jika sekiranya sudah halus letakkan halusan bawang putih tersebut pada gigi yang sakit. Lakukan secara rutin agar sakit gigi dapat berangsur-angsur hilang.

2). Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga bisa menjadi bahan alami untuk mengobati sakit gigi. Kandungan zat antiseptic yang sama dengan bawang putih dan juga zat antimikroba inilah yang mampu mengobati sakit pada gigi. Cara mengobati sakit gigi menggunakan bawang merah pun sama dengan menggunakan bawang putih. Anda cukup menumbuknya sampai halus lalu diletakkan pada bagian gigi yang sakit. Jika Anda sanggup mengunyah, Anda bisa mengunyah bawang merah selama beberapa menit hingga dirasanya sakit gigi bisa sedikit hilang.

Advertisement
ladyfem

3). Air Garam

Air garam menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi yang cukup populer karena biasanya orang-orang lebih memilih menggunakan air garam ketimbang bahan lainnya. Anda cukup membuat larutan air garam lalu kumur-kumurlah menggunakan air garam tersebut. Selain dengan kumur-kumur, Anda juga bisa menempelkan air larutan garam yang telah diteteskan di kapas pada gigi yang sakit tersebut. lakukan sesering mungkin sampai sakit gigi benar-benar hilang.

4). Jeruk Nipis

Walaupun rasanya asam tetapi jeruk nipis ternyata bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengobati sakit gigi. Caranya pun cukup mudah, peras jeruk nipis pada sebuah tempat lalu campurkan air perasan tersebut dengan air hangat, aduk merata. Cara pemakaiannya pun sama seperti air garam. Kumur-kumurlah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis tetapi jangan sampai tertelan. Lakukan cara ini secara rutin pagi hari dan malam hari sebelum tidur hingga sakit gigi hilang.

5). Daun Sirih

Masih sama penerapannya dengan air garam dan jeruk nipis pada daun sirih, cara pemakaiannya Anda cukup merebuskan daun sirih sampai mendidih lalu diamkan sesaat hingga air rebusan sudah tidak terlalu panas. Setelah itu, kumur-kumurlah menggunakan air rebusan daun sirih tersebut.

Baca juga : Cara mengobati gusi bengkak secara alami

Setelah sakit gigi hilang, maka tindakan selanjutnya adalah merawat kebersihan gigi dan mulut agar terhindar dari sakit gigi karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Anda cukup sikat gigi teratur, kumur setelah makan dan hindari makan-makanan yang dapat memicu timbulnya sakit gigi. Sebenarnya masih banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi tetapi kelima bahan di atas merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling sering dipilih oleh orang-orang.

Lihat Juga :
Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet