Cara meninggikan badan secara alami

Cara Meninggikan Badan – Penampilan fisik seseorang merupakan hal yang sering menjadi penilaian pertama. Entah anda memiliki wajah yang tampan ataupun cantik, terkadang tinggi badan menjadi nilai daya tarik yang lebih tinggi. Melamar beberapa pekerjaan pun saat ini sering disertai syarat untuk memiliki batasan tinggi badan tertentu. Hal-hal dalam keseharian ini lah yang mungkin menjadi alasan beberapa orang mengalami rasa minder karena kurangnya tinggi badan yang dimilikinya.

Pendapat mengenai laki-laki yang harus lebih tinggi dari wanita adalah salah satu contoh kebiasaan masyarakat yang menjadi alasan seperti disebutkan sebelumnya. Wanita yang cantik adalah wanita yang tinggi juga ramping juga merupakan contoh kebiasaan dan opini masyarakat yang membuat semakin banyak orang ini memiliki tinggi badan yang ideal.

Cara meninggikan badan

Gambar ilustrasi

Faktor yang mempengaruhi tinggi badan

Tinggi badan sendiri sebenarnya dipengaruhi oleh tiga hal dalam kehidupan manusia. Mereka adalah hal genetik, hal asupan gizi dan nutrisi, serta hal olahraga. Ketiga hal tersebut dapat menentukan tinggi badan yang anda miliki. Berikut ini penjelasan masing-masing hal yang mempengaruhi tinggi badan manusia tersebut.

  • Hal genetik; merupakan hal yang mempengaruhi tinggi badan manusia dari sejak lahir. Misalkan seorang anak lahir dari kedua orangtua yang memiliki tinggi badan yang cukup tinggi, maka tidak aneh rasanya jika anaknya pun tumbuh dengan tinggi badan yang ideal. Hal genetik sebagai hal yang mempengaruhi tinggi badan bukanlah hal yang dapat diatur dan dipilih oleh manusia itu sendiri. Kode genetik yang didapatkan seseorang tentu akan berbeda dan tidak dapat diusahakan untuk menjadi sesuai keinginan. Salah satu kode genetik yang populer untuk menentukan tinggi badan adalah gen HMGA2.
  • Hal asupan gizi dan nutrisi; sesuai dengan namanya, bagian ini menjelaskan bagaimana asupan gizi dan nutrisi memiliki peranan untuk menentukan tinggi badan seseorang. Akan tetapi asupan gizi dan nutrisi ini sangat berpengaruh untuk tinggi badan jika tercukupi di usia-usia pertumbuhan. Usia kanak-kanak seseorang merupakan usia pertumbuhannya. Jadi asupan gizi dan nutrisi yang mendukung pertumbuhan tinggi badan, tentu akan menghasilkan tinggi badan yang ideal juga. Asupan gizi dan nutrisi yang dimaksud adalah asupan protein dan kalsium khususnya. Karena kedua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dengan maksimal.
  • Hal olahraga; dalam mendapatkan tinggi badan yang ideal tentu harus ada hal usaha dibaliknya. Hal olahraga merupakan yang paling signifikan untuk dapat menambah tinggi badan. Olahraga teratur dapat merangsang tulang untuk tumbuh dengan maksimal dan tentunya lebih sehat. jenis-jenis olahraga apa yang dapat dilakukan untuk menambah tinggi badan akan dijelaskan di bagian berikutnya dalam artikel ini.

Olahraga yang Efektif untuk Meninggikan Badan

Olahraga merupakan cara yang paling efektif untuk meninggikan badan. Cara ini tentu lebih aman dibandingkan dengan mengonsumsi obat peninggi badan. Olahraga yang dapat dilakukan pun ada banyak jenisnya. Kebanyakan jenis olahraga meninggikan badan adalah olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah di waktu luang anda. Ingin tahu apa saja olahraga yang efektif untuk meninggikan badan? Berikut ini pemaparan yang dapat anda simak.

1). Lompat Tali / Skipping

Olahraga yang pertama untuk meninggikan badan adalah olahraga lompat tali. Jenis olahraga ini selain efektif membakar lemak, juga efektif untuk merangsang pertumbuhan tulang. Tulang yang digunakan untuk terus melompat akan terangsang untuk memproduksi hormon pertumbuhan tulang menjadi lebih tinggi. Olahraga ini mudah dilakukan di mana saja. Anda cukup menyiapkan tali untuk lompat saja. Jika anda melakukannya secara rutin dan berulang-ulang, maka anda akan mendapati tinggi badan anda bertambah secara perlahan-lahan. Langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk melakukan olahraga lompat tali tidaklah sulit. Hanya cukup melompat melewati tali secara terus menerus, hingga batas maksimal anda. Pastikan juga untuk meningkatkan jumlah lompatan setiap kalinya. Karna semakin banyak lompatan yang dilakukan, maka akan semakin maksimal juga hasil yang didapatkan.

Baca Juga :  Cara menjalankan pola hidup sehat agar tubuh tetap bugar

2). Berlari / Jogging

Olahraga untuk meninggikan badan yang paling mudah dan sederhana untuk dapat dilakukan adalah dengan berlari. Berlari atau yang juga dikenal dengan jogging merupakan olahraga yang sangat ampuh untuk merangsang pertumbuhan tulang. Akan tetapi hasil olahraga berlari untuk meninggikan badan hanya akan didapatkan jika jogging dilakukan dengan teratur. Anda harus melakukan olahraga berlari atau jogging ini secara rutin, bahkan setiap hari. Berlari atau jogging yang dilakukan setiap hari akan membantu tulang untuk lebih siap menghadapi pertumbuhan dalam tahap demi tahap. Jika anda terus melakukannya, maka tinggi badan ideal yang anda idamkan pun dapat anda dapatkan.

[ Baca juga : Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan ]

Untuk dapat berolahraga lari atau jogging anda hanya perlu menyiapkan waktu. Terkadang sulit sekali bagi masyarakat saat ini untuk menyediakan waktu luang untuk berolahraga. Padahal waktu yang dibutuhkan pun tidak harus selalu lama. Usahakan untuk menyediakan waktu berlari di pagi hari atau di malam hari. Hindari berolahraga di siang hari karena anda akan lebih mudah lelah dan tidak sebanding dengan kebutuhan olahraga yang diperlukan. Olahraga berlari di pagi hari bisa anda lakukan sebelum beraktivitas dan di malam hari setelah beraktivitas. Olahraga berlari di malam hari khususnya dapat membuat anda lebih lelap saat tidur. Jadi tidak ada salahnya untuk menyediakan waktu-waktu khusus berolahraga. Cukup sediakan 30 menit hingga 1 jam waktu luang untuk berolahraga. Hanya dalam waktu singkat tersebut anda akan mendapatkan tinggi badan yang anda impikan.

3). Menari / Dancing

Mungkin anda tidak percaya bahwa menari dapat meninggikan badan dengan maksimal. Menari atau juga berdansa dapat melenturkan tubuh dan membuat ruang-ruang pertumbuhan tulang semakin maksimal didapatkan. Menari dan berdansa pun termasuk dalam olahraga, karena terjadi kegiatan fisik yang dominan. Sendi-sendi pada tubuh pun akan meningkatkan rangsangan pertumbuhan tulang lebih cepat, jika menari dilakukan secara rutin.

Olahraga dengan menari sangat disarankan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain kemampuannya untuk meninggikan badan dengan efektif, menari juga dipercaya dapat melepaskan stress. Sehingga setiap orang yang menari akan lebih sehat dan awet muda dibandingkan orang yang tidak. Anda cukup meluangkan waktu untuk menari. Anda bisa mengikuti club tari atau menari sendiri di rumah. Jenis tari tidak terlalu bermasalah yang penting dilakukan secara rutin.

[ Baca juga : Cara mengecilkan paha menjadi proporsional ]

4). Bersepeda / Cycling

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang paling sederhana untuk dilakukan. Sama seperti berlari, olahraga yang dikenal juga dengan nama cycling ini efektif untuk meninggikan badan anda menjadi lebih proporsional. Bersepeda dapat anda lakukan di waktu-waktu luang anda. Dengan bersepeda anda dapat merangsang gerakan postur tubuh secara menyeluruh dan menghasilkan pertumbuhan tulang yang maksimal. Sama juga seperti berlari, lakukanlah olahraga bersepeda di pagi hari sebelum beraktivitas atau di malam hari setelah beraktivitas.

Anda cukup menyediakan sepeda dan waktu luang anda, sehingga anda bisa langsung bersepada. Pilihlah jalur yang aman dari gangguan kendaraan bermotor dengan kecepatan tinggi. Bersepeda dapat anda lakukan dalam waktu 30 menit saja. Mungkin di awal-awal anda memulai melakukan olahraga berlari secara rutin, anda akan merasakan rasa pegal luar biasa di bagian paha anda. Namun, anda tidak boleh menyerah. Anda harus terus melakukan olahraga bersepeda tersebut dengan rutin. Jika anda sudah terbiasa, maka lama kelamaan rasa pegal pada paha tersebut tidak akan lagi anda rasakan. Selain itu, olahraga bersepeda dengan rutin pun akan membantu anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan tinggi badan yang maksimal.

Baca Juga :  Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan

5). Berenang / Swimming

Manfaat dari olahraga berenang ini tentu sudah banyak anda dengar dan ketahui. Selain olahraga air ini sangat cocok untuk anda lakukan dalam mengisi waktu akhir pekan anda, berenang juga diketahui dapat menambah tinggi badan anda. Berenang juga diketahui sebagai salah satu cara efektif untuk meninggikan badan bahkan di usia 20 tahun hingga 30 tahun. Kebanyakan orang memang lebih menyukai olahraga berenang dibandingkan dengan berlari. Sebenarnya memang olahraga berenang lebih maksimal untuk merangsang pertumbuhan tulang. Selain itu, olahraga berenang jauh dari konotasi lengketnya keringat, sehingga olahraga ini sangat digemari kalangan tertentu.

Untuk dapat melakukan olahraga berenang anda dapat memanfaatkan kolam renang baik pribadi maupun umum. Lakukan minimal satu kali dalam seminggu, namun jika memungkinkan lakukanlah lebih sering untuk mmendapatkan hasil dalam waktu yang lebih singkat. Perlahan-lahan anda pun akan mendapatkan tinggi badan ideal yang lama anda impikan.

6). Squat Jump

Gerakan Squat Jump

Gerakan Squat Jump

Olahraga berikut ini adalah olahraga yang sudah banyak diketahui masyarakat. Akan tetapi, karena gerakannya yang agak sulit sedikit orang yang mau melakukan olahraga ini. Sebenarnya olahraga ini adalah olahraga jenis squat yang dilakukan dengan gerakan tambahan yaitu melompat. Jenis olahraga ini sangat bermanfaat untuk meregangkan otot-otot disekitar tulang dan memaksimalkan pertumbuhan tulang. Olahraga ini dapat dilakukan di rumah atau di ruangan khusus untuk berolahraga. Anda harus melakukannya dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Langkah-langkah untuk melakukan olahraga squat jump ini adalah sebagai berikut:

  • Kenakanlah pakaian yang cocok dan nyaman untuk berolahraga
  • Kemudian posisikanlah diri anda dengan berdiri tegak
  • Bukalah kaki anda selebar pundak dan letakkan tangan anda di pinggang
  • Berjongkoklah hingga posisi paha sejajar dengan lantai
  • Jika sudah melompatlah dan mendarat di posisi semula
  • Ulangi gerak hingga 15 kali setiap harinya

7). Basket

Berolahraga dengan bantuan bola basket merupakan olahraga yang dipercaya mampu meninggikan badan. Lihat saja atlet-atlet bola basket yang sangat tinggi dan menjulang. Tinggi-tinggi badan yang mereka miliki merupakan hasil olahraga basket yang mereka geluti sejak kecil. Berolahraga basket mampu membantu anda untuk lebih tinggi karena mayoritas gerakannya adalah gerakan melompat.

Anda dapat melakukan olahraga basket di mana saja dan lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain mendapatkan tinggi badan yang ideal, anda pun akan mendapatkan bentuk tubuh yang menawan dengan berolahraga basket.

8). Push Up

Olahraga push up merupakan olahraga yang melatih otot tangan dan kaki secara bersamaan. Olahraga ini dipercaya mampu untuk menambah tinggi badan seseorang. Anda dapat melakukan olahraga ini di mana saja dan kapan saja. Tidak ada alat khusus yang harus disiapkan. Anda cukup melakukannya dengan rutin untuk mendapatkan hasil sesuai harapan anda.

[ Baca juga : Cara mengecilkan perut ]

9). Lompat Jauh

Olahraga lompat jauh merupakan olah raga yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Olahraga ini banyak kita lakukan ketika sekolah dahulu. Olahraga ini sangat efektif untuk merangsang pertumbuhan tulang khususnya dari bagian pinggang ke bawah.

Baca Juga :  Manfaat pijat bayi untuk kesehatan

Anda dapat melakukan olahraga ini dimana saja. Jika anda tidak dapat menemukan keberadaan kotak lompat jauh, maka anda dapat membuatnya sendiri. Anda harus melakukannya secara rutin untuk mempercepat hasil tinggi badan yang anda idamkan.

10). Bergelantungan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap aktivitas yang melibatkan fisik dapat disebut sebagai olahraga. Termasuk juga aktivitas fisik dengan bergelantungan di sebuah rangen. Rangen adalah alat bergelantungan yang biasa kita temukan di taman-taman. Jika anda rajin meregangkan otot-otot anda dengan bergelantungan, maka anda secara tidak sadar juga telah merangsang pertumbuhan tulang dengan lebih cepat.

Anda dapat melakukan olahraga ini di wkatu-waktu luang anda. Lakukan sampai batas waktu maksimal anda dan ulangi beberapa kali. Hasil yang anda dapatkan akan sangat bergantung dengan kegigihan anda dalam berolahrag

Berikut tadi beberapa olahraga yang dapat anda lakukan untuk meninggikan badan. Selain dengan berolahraga, anda harus juga mencukupi kebutuhan asupan gizi untuk dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang. Berikut ini akan dipelajari lebih mendalam mengenai asupan gizi yang dapat mendukung proses pertumbuhan tulang.

Makanan Atau Minuman Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Meninggikan Badan

Beberapa makanan dan minuman harus anda konsumsi untuk mendukung pertumbuhan tulang yang dihasilkan dari olahraga. Makanan-makanan tersebut pada dasarnya harus mengandung tiga nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang. Berikut ini tiga nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan tulang dan jenis makanan atau minuman yang termasuk di dalamnya.

Makanan atau minuman yang kaya akan protein

Protein adalah kandungan gizi yang memiliki peranan penting untuk mendukung pertumbuhan tubuh. Oleh karena itu protein sangat dibutuhkan untuk meninggikan badan. Protein juga adalah yang diperlukan untuk mengaktifkan hormone pertumbuhan. Berikut ini beberapa makanan atau minuman yang mengandung protein tinggi antara lain adalah daging sapi, daging ayam, telur, kedelai (tahu dan tempe), dan oatmeal.

Makanan atau minuman kaya akan mineral

Mineral seperti kalsium merupakan mineral yang menopang pertumbuhan tulang dengan maksimal. Selain itu konsumsi yodium yang cukup pun menjadi penentu tulang dapat tumbuh dengan sehat. Berikut ini beberapa makanan atau minuman yang mengandung mineral tinggi adalah susu, keju, es krim, biji-bijian, dan coral calcium.

Makanan atau minuman kaya akan vitamin

Selain protein dan mineral, asupan vitamin juga memiliki peranan penting untuk meninggikan badan.  Vitamin sangat dibutuhkan untuk memastikan kalsium dapat terserap secara maksimal. Makanan atau minuman yang memiliki kandungan vitamin tinggi antara lain adalah buah-buah serta jus buah-buahan, sayur-sayuran serta jus sayur-sayuran, dan makanan bervitamin tinggi lainnya

Kemungkinan Pertumbuhan Tinggi Badan di Usia 20 Tahun hingga 30 Tahun

Pertumbuhan tinggi badan masih dapat mungkin terjadi di usia yang telah menginjak 20 tahun hingga 30 tahun. Hal yang perlu diperhatikan adalah konsisten dan komitmen dalam melakukan olahraga. Lakukan secara rutin dan berikan asupan gizi yang cukup. Sehingga pertumbuhan tinggi badan pun dapat dirasakan.

Selain itu jagalah pola hidup sehat untuk meningkatkan kemungkinan pertumbuhan tinggi badan anda. Perbanyak konsumsi air mineral dan lakukan yoga untuk mendapati tubuh anda lebih lentur. Cara-cara ini merupakan cara yang diketahui efektif untuk menambah tinggi badan di antara usia 20 tahun hingga 30 tahun.

Demikianlah pembahasan mengenai cara meninggikan badan mulai dari dengan berolahraga hingga dengan pencukupan kebutuhan gizi dan nutrisi. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk pembaca yang membutuhkan.

Lihat Juga :
Loading...
36 Shares
Share36
+1
Pin
Tweet