Cara Menjaga Asam Lambung Agar Kembali Normal

Cara Menjaga Asam Lambung Agar Kembali Normal –¬†Penyakit naiknya asam lambung bukan perkara yang boleh dibiarkan begitu saja. Jika dibiarkan semakin lama akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius, seperti tukak lambung, pusing berkepanjangan, mual dan muntah serta nafsu makan yang menurun drastis. Tentu saja kita harus segera memeriksakan diri ke dokter jika dirasa asam lambung sedang naik. Ditambah lagi segera jauhi makanan pedas, mengandung gas, dan sulit dicerna agar penyakit asam lambung tidak semakin parah.

Cara Menjaga Asam Lambung Agar Kembali Normal

Saat kadar asam lambung meningkat, kita juga harus bisa menghindari stres. Karena jika pikiran tertekan otak akan mengirim pesan ke lambung untuk memproduksi asam lebih banyak. Jika kita segera pergi untuk berobat ke dokter, tentu kita akan menjalani berbagai program sampai sembuh dan kadar asam lambung kembali normal. Nah, ada cara yang bisa dilakukan untuk menjaga asam lambung kembali normal yaitu seperti berikut ini.

Tips menjaga asam lambung kembali normal

1. Menghindari Kebiasaan Minum Antasid Tanpa Resep Dokter

Obat penghambat histamin atau antasid bisa kita peroleh dengan bebas di toko obat, karena itu jika terasa gejala yang kurang nyaman di lambung kita langsung meminumnya. Padahal tindakan tersebut tidaklah tepat. meminum obat tanpa resep dokter bisa menyebabkan kita ketergantungan pada obat tersebut dan membuat penyakit asam lambung menjadi sering kambuh.

2. Hindari Paparan Asap Rokok dan Alkohol

Bila Anda seorang perokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Karena asap rokok dapat memicu produksi asam lambung meningkat. Bahkan jika Anda seorang perokok pasif, hindari orang dan tempat yang menjadi sumber asap rokok tersebut. Selain itu, hindari juga minuman beralkohol, karena kandungan alkohol yang pekat bisa merusak organ lambung dan organ penting lainnya dalam tubuh.

3. Hindari Minuman Berkafein dan Mengandung Sitrat

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat merangsang lambung untuk menghasilkan zat asam lebih banyak. Begitu pula dengan minuman yang mengandung sitrat seperti jus jeruk, anggur, nanas dan yang lainnya. Minuman dengan kadar asam yang tinggi dapat melukai dinding lambung dan menambah konsentrasi asam pada lambung. Penderita asam lambung juga dianjurkan untuk menghindari minuman bersoda karena tidak baik untuk kesehatan lambung.

4. Biasakan Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat

Agar lambung tidak bekerja terlalu berat, biasakan untuk mengkonsumsi serat setiap hari, seperti berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Makanan dengan bahan dasar kedelai juga cocok dikonsumsi untuk membantu mempercepat penyembuhan sakit asam lambung. Untuk menambah efek dingin dan mencegah iritasi pada dinding lambung, Anda bisa mengkonsumsi jus lidah buaya setidaknya satu gelas setiap hari. Jus lidah buaya sangat efektif dalam menjaga kesehatan lambung dan saluran pencernaan secara keseluruhan.

5. Hindari Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Berlemak dan Berminyak

Makanan yang banyak mengandung lemak dan minyak dapat meningkatkan produksi asam lambung dan membuat kerja lambung semakin berat. Jika Anda menginginkan kadar asam lambung kembali normal, sebaiknya mulailah untuk menghindari makanan tersebut. Kurangi frekuensi untuk memakan makanan yang digoreng, makanan yang dimasak dengan santan dan lemak hewani. Jika Anda bisa melepaskan diri dari makanan tersebut, maka kondisi lambung yang buruk bisa berangsur pulih.

Nah, itulah cara menjaga asam lambung kembali normal jika memang sedang dalam kondisi meningkat. Asam lambung memang berfungsi dalam mencerna makanan namun jika kadarnya berlebihan justru dapat melukai dinding lambung dan saluran cerna lainnya. Jadi, jika asam lambung Anda meningkat segera lakukan tips di atas, bila perlu segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Loading...
3 Shares
Share3
+1
Pin
Tweet