Cara menjalankan pola hidup sehat agar tubuh tetap bugar

Cara menjalankan pola hidup sehat – Setiap orang pasti ingin menjalankan pola hidup sehat sebagai pola hidup sehari-hari. Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara menjalankan pola hidup sehat yang benar. Kebanyakan dari mereka hanya sekedar ikut-ikutan atau mencontoh beberapa orang yang mereka yakini sudah menjalankan pola hidup sehat. Menjalankan pola hidup sehat memang gampang-gampang susah meskipun demikian tidak ada salahnya mencoba menjalankan pola hidup tersebut demi menjaga kesehatan dan kebugaran Anda.

Tips mudah menjalankan pola hidup sehat

Kondisi fisik masing-masing orang berbeda-beda sehingga pola hidup sehat masing-masing orang pun berbeda. Contohnya dari pola tidur, mungkin bagi sebagian orang, tidur selama 7 jam setiap hari itu sudah cukup tetapi tidak menutup kemungkinan ada juga yang menganggap tidur yang cukup adalah tidur selama 8 jam sehari. Lalu bagaimana cara menjalankan pola hidup sehat yang benar? Apakah ada porsi-porsi tertentu?

cara menjalankan pola hidup sehat

Gambar ilustrasi

Perhatikan pola makan

Menjaga pola makan adalah salah satu cara menjalankan pola hidup sehat yang paling mudah. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna memang merupakan menu makan yang paling direkomendasikan mengingat semua kebutuhan baik itu vitamin, nutrisi, serta gizi akan terjamin. Tidak hanya menu makanan yang perlu diperhatikan karena berapa kali Anda makan juga perlu diperhatikan. Untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan, paling tidak Anda harus makan 3 kali sehari.

ladyfem

Tidur atau istirahat yang cukup

Tidur atau istirahat yang cukup ternyata merupakan salah satu cara pola hidup yang sehat. Umumnya, tubuh harus diistirahat pada jam 9 malam sampai jam 6 pagi. Beberapa peneliti menyarankan untuk tidur paling tidak 8 sampai 9 jam setiap harinya. Jumlah tersebut dianggap sebagai jumlah tidur yang sehat dan tepat dan apabila kurang dari waktu tersebut maka tubuh akan lebih rentang terkena penyakit. Porsi tidur tersebut memang tidak bisa dijadikan patokan, asalkan waktu tidur atau istirahat Anda cukup maka itu sudah masuk dalam pola hidup yang sehat.

Baca Juga :  Cara memancungkan hidung tanpa operasi

Perhatikan banyaknya jam kerja yang dimiliki

Berapa banyak jam kerja yang Anda miliki sekarang? Perlu diketahui, rata-rata daya tahan tubuh untuk bekerja adalah 10 jam sehari. Lebih dari itu, ditakutkan tubuh Anda tidak akan tahan dan menjadi rentan terhadap berbagai banyak penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu memforsir jam kerja Anda, begadang boleh-boleh saja tetapi jangan setiap hari.

Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga merupakan salah satu cara menjalankan pola hidup sehat yang harus secara rutin dilakukan. Selain menjaga pola makan, pola tidur, serta pola kerja Anda juga harus secara rutin melakukan latihan fisik. Hal ini penting mengingat olahraga akan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Lakukanlah olahraga paling tidak 3 kali seminggu.

Hindari junk food, rokok dan makanan atau minuman yang mengganggu kesehatan

Ingin menjalani hidup sehat? Maka Anda harus menjauhi junk food atau makanan cepat saji, rokok, ataupun minuman serta makanan yang memiliki dampak buruk pada kesehatan.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol dengan merubah pola hidup ]

Cara-cara di atas merupakan beberapa cara yang bisa Anda tempuh sebagai cara menjalankan pola hidup sehat. Dari kesemua cara tersebut mungkin ada yang tidak Anda lakukan baik itu karena masalah pekerjaan atau faktor-faktor lain. Anda tentu bisa menyesuaikan mana yang menurut rutinitas keseharian yang dijalani. Semoga pembahasan mengenai cara hidup sehat tersebut bisa bermanfaat.

Loading...
14 Shares
Share14
+1
Pin
Tweet