Cara menurunkan berat badan secara efektif

Cara menurunkan berat badan – Permasalahan berat badan pada masa sekarang ini sudah menjadi kompleks yang paling banyak menjadi fikiran dan masalah masyarakat. Ancaman kelebihan berat badan ekstrim seperti obesitas sudah semakin besar kemungkinannya. Tuntutan hidup dan kebiasan hidup yang tidak baik menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kelebihan berat badan pada seseorang.

Masalah berat badan dapat dikendalikan dengan cara yang tepat. Sebenarnya hal yang paling penting yang harus ada dalam upaya menurunkan berat badan adalah komitmen. Pengendalian diri yang berkomitmen untuk menjaga berat badan sangatlah diperlukan. Namun untuk melengkapi komitmen menurunkan berat badan, diperlukan cara yang efektif.

Cara Menurunkan Berat Badan

Gambar ilustrasi

Cara menurunkan berat badan secara efektif dapat dilakukan dalam beberapa upaya. Baik dengan menggunakan cara alami dengan melakukan pola hidup sehat, atau dengan melakukan upaya olahraga yang mampu mempercepat penurunan berat badan.

10 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Aman

Mendapatkan berat badan yang ideal dan normal menjadi impian banyak orang. Tubuh tanpa setitik pun lemak tentu bukanlah hal yang tidak mungkin. Semua mungkin didapatkan dengan langkah-langkah yang aman. Ingin tahu apa saja 10 cara menurunkan berat badan dengan aman? Berikut ini penjelasannya.

1). Minum Air yang Cukup

Air merupakan faktor penting dalam metabolisme tubuh. Semakin banyak kandungan air dalam tubuh anda, maka akan semakin keras kerja tubuh untuk menggunakan air dan membakar kalori pada tubuh. Air juga akan mengatasi rasa lapar yang sering tiba-tiba muncul. Sehingga air dapat menjadi pengganti cemilan yang suka anda konsumsi ketika lapar sebelum waktu makan normal. Biasakan juga diri anda untuk meminum air sebelum makan. Karena konsumsi air minum sebelum makan dapat mengurangi porsi makan anda karena rasa kenyang yang lebih dulu ditimbulkan oleh air. Sehingga air yang dikonsumsi cukup dan tidak berkekurangan, akan sangat membantu anda dalam menurunkan berat badan secara aktif.

[ Baca juga : Cara diet dengan air putih ]

2). Sarapan Setiap Hari

Cara menurunkan berat badan yang aman dan efektif bukanlah dengan tidak makan sarapan. Faktanya, orang yang tidak sarapan akan memiliki konsumsi dan nafsu makan lebih besar dibandingkan dengan orang yang sarapan. Rasa lapar akibat tidak sarapan juga dapat membuat anda mudah sakit dan lelah, sehingga kebutuhan makan anda pun harus semakin ditingkatkan. Hasilnya bukanlah mendapatkan penurunan badan, malah kebalikannya anda akan kesulitan mengontrol nafsu makan. Jadi tetaplah sarapan dan biasakan untuk sarapan makanan-makanan yang mengandung protein tinggi namun rendah lemak.

3). Hindari Makanan dan Minuman Tinggi Kalori

Ternyata makanan serta minuman manis khususnya mengandung kalori yang sangat tinggi. Memang rasanya lega dan puas sekali jika minum minuma manis serta menikmati lezatnya makanan-makanan manis. Akan tetapi makanan dan minuman tersebut tidak baik untuk metabolisme tubuh anda. Kalori dalam tubuh akan terlalu tinggi dan menyebabkan terjadinya obesitas. Gantilah minuman-minuman manis kemasan dengan air putih atau jus buah dan sayuran rendah kalori. Untuk makanan manis, hindarilah kue-kue seperti brownies, donat, dan jenis lainnya.

4). Makan Sering tapi Jumlahnya Sedikit

Semakin sering kita makan, maka kerja metabolisme pun semakin sering. Sehingga pengolahan makanan pun menjadi lebih maksimal. Akan tetapi untuk meningkatkan kerja metabolisme agar tetap aman dan dapat mengurangi berat badan juga, kurangilah porsi makan. Jadi walaupun makan hingga lebih dari 5 kali kalau porsinya sedikit, berat badan malah dapat turun dengan signifikan. Biasakan juga untuk menggunakan piring kecil, karena ternyata faktor kecil ini sangat mempengaruhi kebiasaan makan anda. Piring kecil akan mensugesti anda bahwa makanan yang anda makan sudah banyak dan lebih dari cukup.

Baca Juga :  Cara mengecilkan perut yang bisa di lakukan di rumah

5). Mengunyah Makanan dengan Tepat

Makanan yang dikunyah dengan lebih lama dan sampai halus benar, dapat membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih rendah. Kalori tersebut semakin dikit yang masuk, maka semakin cepat juga berat badan anda dapat turun. Cara yang sehat juga aman tentunya dilakukan oleh siapapun. Studi lain juga telah menunjukkan bahwa saat mengunyah dengan lama, aka nada waktu yang cukup bagi perut untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Sehingga rasa kenyang akan muncul walau makanan yang kita makan tidak sebanyak porsi biasa kita. Banyak kunyahan ideal untuk satu suap makanan adalah sekitar 32 hingga 50 kali kunyahan. Silahkan anda coba dan rasakan keefektifannya.

6). Hindari Makan Malam lewat dari pukul 19.00

Makan di jam malam lewat dari pukul 19.00 merupakan waktu-waktu di mana anda sudah minim aktivitas. Keadaan ini menyebabkan makanan yang anda konsumsi akan menumpuk dan menjadi lemak bukan energi. Tidak heran mengapa makan malam sangatlah tidak dianjurkan bagi kesehatan. Oleh karena itu, hindarilah makan makanan terlalu malam dan juga mengonsumsi cemilan. Karena semuanya hanya akan menambah berat badan anda saja. Gosoklah gigi untuk membuat anda enggan mengonsumsi makanan di malam hari.

7). Mengatur Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Kandungan dalam makanan ada banyak sekali jenisnya. Dalam rangka cara menurunkan badan, anda harus sangat memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi serta kandungannya. Pastikan untuk tidak memakan makanan dengan kandungan lemak jahat tinggi dan gula tinggi. Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang mencukupi kebutuhan protein anda. Protein rendah lemak wajib anda konsumsi selama diet, karena protein dapat membuat anda kenyang lebih lama dibandingkan kandungan makanan lain. Contoh makanan kaya protein dan rendah lemak adalah kacang-kacangan. Konsumsi juga makanan yang mengandung lada, merica, serta cabe banyak. Karena makanan-makanan tersebut mampu membakar kalori saat proses pencernaan di usus besar. Cukupi kebutuhan serat dari buah-buahan dan sayuran untuk memudahkan proses pencernaan selama diet.

[ Baca juga : 20 Macam makanan yang cocok untuk diet ]

8). Banyak Berolahraga

Olahraga merupakan cara terbaik dan teraman untuk menurunkan berat badan anda dengan efektif. Ingin tahu apa saja jenis olahraga yang dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan? Simak penjelasannya di bagian selanjutnya.

9). Mengatur Konsumsi dengan Jadwal Menu

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur jumlah kalori yang dimakan. Akan tetapi mengatur kalori tidaklah mudah. Sehingga saat diet anda dapat mensiasatinya dengan membuat jadwal menu makan yang mencukupi kebutuhan anda tanpa membuat anda kegemukkan. Berikut ini salah satu contoh jadwal menu yang dapat digunakan untuk makan pagi, siang, sore, hingga malam. Jadwal ini dibuat setelah mempertimbangkan kebutuhan nutrisi harian anda. Silahkan jika ingin dijadikan panutan untuk diet anda.

Baca Juga :  Cara diet dengan air putih yang sehat dan aman

jadwal-menu-makanan-harian-1

10). Tidur dengan Cukup

Tubuh saat dalam kondisi kurang tidur akan menghasilkan hormon bernama ghrelin. Hormon ini menyebabkan anda akan semakin bernafsu untuk makan. Sehingga jika anda kurang tidur, maka anda akan semakin makan dengan porsi yang sangat banyak. Selain itu, tidur yang tidak cukup akan membuat sistem metabolisme anda terganggu dan lemak akan menumpuk di beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan bergadang.

[ Baca juga : Cara mengecilkan perut yang bisa anda terapkan di rumah ]

Jenis-jenis Olahraga Ringan Yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Olahraga dipercaya sebagai cara efektif dan aman untuk menurunkan berat badan. Namun, kebanyaka orang beranggapan olahraga sulit dilakukan dan membutuhkan banyak waktu luang. Faktanya banyak olahraga yang bisa dengan mudah anda lakukan di wkatu-waktu luang anda saja. Ingin tahu apa saja olahraga ringan yang dapat membantu anda menurunkan berat badan? Berikut ini pemaparannya. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

[ Baca juga : Cara mengecilkan paha menjadi propolsional ]

Olahraga Berjalan

Berjalan merupakan salah satu jenis olahraga yang paling sederhana. Tidak membutuhkan alat khusus dan waktu khusus. Anda hanya memerlukan niat dan komitmen saja. Misalkan anda dapat membiasakan diri untuk berangkat dan pulang beraktivitas dengan berjalan kaki. Tidak harus terlalu jauh, cukup 1000 langkah per hari saja. Manfaatnya pun pasti akan cepat terasa oleh tubuh anda. Tubuh anda akan terasa lebih ringan dan berat badan anda pun akan cepat turun.

[ Baca juga : Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan ]

Olahraga Berlari

Olaharaga berlari merupakan olahraga yang bisa anda lakukan di pagi hari sebelum memulai aktivtas anda, atau di malam hari setelah anda kembali ke rumah. Berlari diketahui mampu membakar kalori dengan sangat efektif. Olahraga juga dapat membantu proses metabolisme tubuh. Satu jam lamanya anda berlari maka lebih dari 700 kalori akan terbakar habis dari tubuh anda. Untuk itu sempatkanlah untuk berlari dalam waktu luang anda dan anda akan mendapati berat badan anda berkurang waktu demi waktu.

Olahraga Berenang

Olahraga air ini sangat cocok untuk anda lakukan dalam mengisi waktu akhir pekan anda. Berenang juga dapat menurunkan badan dengan cepat dan aman. Kebanyakan orang memang lebih menyukai olahraga berenang dibandingkan dengan berlari. Sebenarnya kalori yang dibakar tidak berbeda jauh dengan berlari, dengan berenang selama satu jam anda dapat membakar juga lebih dari 700 kalori. Akan tetapi karena olahraga berenang jauh dari lengketnya keringat, olahraga ini sangat digemari kalangan tertentu.

Olahraga Senam / Yoga

Jenis olahraga ini sudah semakin banyak dilakukan, khususnya oleh para wanita. Senam atau yoga merupakan memungkinkan anda untuk mengurangi berat badan dengan efektif. Hanya perlu waktu 1 hingga 2 jam, kalori yang dibakar pun sangatlah tinggi. Anda juga dapat menjadikannya hobi, serta dapat memperbaiki postur tubuh anda. Itulah sebabnya, anda sangat disarankan untuk melakukan olahraga sebagai pendukung diet dalam menurunkan berat badan.

Olahraga Lompat Tali

Melakukan tompat tali dapat anda lakukan di mana saja, di taman, di halaman rumah, di ruang tamu, dan termasuk juga di kamar anda. Yang anda perlu siapkan hanya tali untuk melompat. Tali ini dapat anda beli di banyak toko, dan tidak sulit ditemukan. Melakukan lompat tali akan membakar kalori lebih banyak dibandingkan jenis olahraga lainnya. Olahraga yang terlihat ringan ini dapat membakar hampir 900 kalori dalam satu jam periode olahraga. Sangat besar bukan manfaatnya. Selain kalori, lompat tali pun efektif membakar lemak yang sudah ada dalam tubuh. Sehingga bagian-bagian tubuh yang menumpuk dengan lemak dapat mengecil seiring berjalannya waktu. Untuk itu lakukanlah lompat tali secara rutin dan dapatkan hasil maksimalnya.

Baca Juga :  20 Macam makanan yang cocok untuk diet

Pada dasarnya setiap olahraga dapat dilakukan untuk membantu dan mendukung cara menurunkan berat badan. Namun, pilihlah olahraga yang paling mungkin anda lakukan sesuai kondisi anda. Jika anda tidak memiliki waktu untuk berenang, maka ada pilihan lain yang bisa anda lakukan seperti berlari. Jika biaya untuk senam atau yoga terlalu mahal, ada berjalan yang tanpa biaya anda bisa lakukan. Apapun jenis olahraga, semua bermanfaat jika dilakukan dengan rutin dan teratur.

Pola hidup yang baik agar tidak kelebihan berat badan

Dalam hal menurunkan berat badan secara efektif dan aman, seperti telah dijelaskan sebelumnya terdapat 10 cara aman yang dapat dilakukan. Namun, dibutuhkan juga olahraga yang rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pola hidup yang baik dalam menjaga berat badan pun harus diingatkan kembali. Beberapa pola hidup yang baik yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan adalah:

  • Makan sesuai kebutuhan
  • Hindari konsumsi makanan cepat saji
  • Hindari makanan berlemak tinggi
  • Hitung konsumsi kalori yang telah anda makan
  • Tidak mengonsumsi alkohol
  • Tidak bergadang
  • Tidak malas berolahraga

Demikianlah beberapa pola hidup yang baik yang dapat mendukung cara menurunkan badan efektif yang dapat anda lakukan. Ingatlah bahwa yang terpenting dari semua usaha menurunkan berat badan adalah niat dan komitmen. Cara tersebut memang terlihat mudah dilakukan, akan tetapi tanpa niat dan komitmen tidak satupun cara tersebut dapat terlaksana.

[ Baca juga : Cara menjalankan pola hidup sehat ]

Ingatlah bahwa sekali saja anda lalai dan melupakan aturan diet anda, maka anda perjuangan anda sebelumnya telah kembali lagi ke titik awal. Anda harus memiliki niat bahwa anda ingin memiliki berat badan yang ideal. Anda harus berkomitmen bahwa anda bisa menurunkan badan. Tanpa pahan dan pemikiran yang positif, semua cara yang disebutkan di atas akan tidak berguna. Oleh karena itu, pastikanlah niat dan komitmen anda sebelum melakukan cara menurunkan berat badan yang telah disebutkan sebelumnya.

Hindari penggunaan obat-obat diet dan pengurus badan yang tidak resmi dan aman penggunaannya. Bukan berat badan yang ideal yang akan anda dapatkan, melainkan penyakit-penyakit membahayakan. Gunakan cara-cara alami dan banyaklah berolahraga, agar anda mendapatkan berat badan yang ideal dan normal. Berat badan yang ideal dan normal akan menjaga kehidupan anda tetap sehat dan tanpa penyakit. Karena berat badan berlebih merupakan salah satu awal penyakit bermula. Semoga semua langkah-langkah di atas dapat bermanfaat dan setiap anda dapat menjadi lebih sehat.

Loading...
19 Shares
Share19
+1
Pin
Tweet