Cara menyegarkan mata dengan bahan dapur

Cara menyegarkan mata – Mata merupakan salah satu dari indera tubuh kita. Mata sangat penting fungsinya karena dengan mata, kita bisa melakukan kegiatan sulit maupun mudah. Mata memberikan fungsi sebagai alat untuk melihat dan memberikan pandangan. Sehingga otak lebih mudah mengenali benda, orang bahkan alat dan juga memprosesnya dan mengenalinya dengan memberikan kode atau nama pada benda tersebut. Mata juga bisa memberikan pandangan seperti warna, bentuk, ruang dan masih banyak lagi.

Tetapi, karena mata sangatlah sensitif terkadang perawatannya sering dilewatkan oleh kita. Padahal perawatan mata sangatlah penting. Misalnya ketika kegiatan sehari-hari, terlalu lama bekerja atau terlalu lama anda berada di lingkungan berdebu atau berangin, yang paling pertama sakit atau memiliki kelainan pasti mata. Maka ada beberapa cara baik alami maupun non alami yang membantu anda merasa lebih segar pada mata anda. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba.

Tips menyegarkan mata yang bisa Anda coba di rumah

Cara menyegarkan mata

Gambar ilustrasi

1). Menggunakan kantung teh

Bagi anda yang sering mengonsumsi teh terutama menggunakan jenis teh kantung, ada baiknya jangan membuang penggunaan teh setelah diseduh. Ternyata rahasia banyak orang Jepang yang bekerja lebih dari 12 jam setiap harinya yakni menggunakan kantung teh untuk mengompres matanya. Agar lebih segar, tidak rentan terkena penyakit dan menghilangkan kantung mata yang berlebihan.

[ Baca juga : Manfaat teh hijau untuk kesehatan & kecantikan ]

Kantung teh mengandung tanin yang bisa menutrisi bagian mata agar tetap sehat dan tidak mudah lelah. Jika anda sudah meminum teh, diamkan dulu kantung teh yang sudah anda konsumsi. Jika lebih baik anda memasukan ke lemari es, namun jika suhu dari air panas sudah hilang. Setelah itu gunakan kantung teh dengan cara digosokan atau dioleskan pada bagian mata dan tutup mata anda. oleskan perlahan agar teh meresap pada kulit mata. Lakukan setiap malam agar hasil maksimal.

Baca Juga :  Cara memancungkan hidung tanpa operasi
ladyfem

2). Sendok dingin

Sendok merupakan alat makan yang berbentuk cekung dan memiliki bahan pembuat dari metal. Bahan ini akan terasa panas ketika terkena bahan panas dan akan dingin jika terkena bahan yang dingin. Ternyata sendok dingin bisa membantu mata menghilangkan bengkak dan juga merelaksasikan mata sehingga terasa segar. Masukkan sendok metal pada lemari es atau diamkan sejenak. Kemudian gunakan sendok tersebut dan tempelkan pada mata, gunakan bagian yang cekung untuk menghadap ke mata. lakukan selama 5 menit hingga dinginnya hilang dan sendok memiliki suhu tubuh yang sama dengan anda. anda bisa melakukannya setiap malam setelah anda beraktifitas, atau ketika anda kelelahan menatap televisi, atau layar komputer dan ponsel.

3). Menggunakan sayuran seperti timun

Anda sering melihat orang mengompres mata menggunakan timun bukan ? ini bukan semata-mata mengompres biasa. Timun mengandung caffeic acid yang ternyata berguna untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi di area mata. selain itu timun mengandung vitamin C yang bisa menutrisi kulit di bagian mata agar lebih sehat. Timun juga memiliki kandungan air cukup banyak, sehingga cukup untuk diserap kulit dan dinutrisi oleh kulit. Dengan menempelkan sehelai timun yang sudah dipotong dan mendiamkannya selama 10 menit hingga kandungan airnya hilang. Akan membuat mata anda lebih segar dan juga sehat. Gunakan timun yang segar atau yang masih dalam keadaan baik dan usahakan masukan lemari es terlebih dahulu. Agar ketika digunakan, mata akan merasakan sensasi lebih dingin dan anda akan merasa lebih rileks dan juga segar.

[ Baca juga : Cara menghilangkan kantung mata ]

4). Putih telur

Putih telur terkenal akan kandungannya yakni vitamin B dan riboflavon. Tingginya kandungan vitamin B2 atau riboflavin berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini lebih merujuk pada kesehatan mata dibanding menyegarkan mata. namun dengan lancarnya peredaran darah pada mata, maka mata tidak akan cepat lelah. Gunakan putih telur tepat dibagian bawah mata yang sering memiliki kantung mata seperti panda. Jika sudah diamkan dan putih telur akan menutrisi mata anda. selain menyegarkan mata, putih telur juga membantu menghilangkan kerutan yang ada dan menampilkan kulit yang kencang dan lebih muda. Gunakan masker putih telur selama satu minggu 2 kali, walaupun baunya cukup mengganggu namun sangat berguna untuk mata anda.

Baca Juga :  Cara menjalankan pola hidup sehat agar tubuh tetap bugar
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet