6 Gejala demam berdarah yang harus diwaspadai

Gejala demam berdarah -Siapa yang tidak mengenal penyakit demam berdarah? Ya, bisa dibilang hampir semua orang pasti mengetahui mengenai penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Musim penghujan sendiri biasanya pasti diidentikkan dengan wabah demam berdarah atau DBD ini. Memang bisa dibilang penyakit demam berdarah ini sudah menjadi momok yang banyak ditakuti oleh masyarakat pada saat musim hujan tiba. Hal ini dikarenakan penyakit ini banyak sekali menyerang manusia khususnya pada anak-anak.

Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan juga bahwa gejala demam berdarah ini bisa dengan mudah ditemukan pada orang dewasa. Bisa dibilang penyakit ini bukan penyakit yang bisa dianggap sepele. Karena memang setiap tahunnya saja bisa terjadi lebih dari seratus juta kasus penyakit demam berdarah ini di seluruh dunia. Pengetahuan mengenai gejala penyakit demam berdarah sendiri sangat minim sekali pada masyarakat. Memangnya apa saja berbagai jenis gejala dari penyakit mematikan ini?

gejala demam berdarah

Gambar ilustrasi

6 Gejala utama demam berdarah

1). Demam Tinggi

Setelah sekitar empat hari digigit nyamuk Aedes Aegypti, orang yang terinfeksi tersebut akan menunjukan berbagai gejala awal penyakit ini. Demam tinggi menjadi gejala demam berdarah yang akan muncul pertama kali. Orang yang telah terinfeksi akan meningkat suhunya hingga mencapai 40 derajat celcius. Demam tinggi ini bisa terjadi selama berhari-hari karena memang susah untuk turun panasnya. Walaupun suhu badan tinggi, namun terkadang orang tersebut akan merasakan kedinginan serta pusing.

2). Sakit Tenggorokan

Gejala demam berdarah yang selanjutnya yaitu sakit tenggorokan. Tenggorokan yang sakit ini menunjukkan jika virus telah mulai menginfeksi area tenggorokan. Umumnya orang yang menderita demam berdarah akan merasa kesakitan pada tenggorokannya pada saat digunakan untuk menelan makanan.

Baca Juga :  Penyakit Lupus gejala dan penyebabnya

3). Bintik Merah di Kulit Tubuh

Gejala yang paling identik dengan demam berdarah dan bisa dilihat jelas secara kasat mata pada penderita demam berdarah yaitu adanya ruam atau bintik-bintik merah yang ada di permukaan kulit. Bintik merah ini bisa muncul karena akibat dari reaksi kulit yang telah digigit oleh nyamuk serta adanya virus yang telah menginfeksi tubuh. Umumnya bintik merah kecil ini akan muncul sedikit namun jika penyakit demam berdarah semakin parah maka bintik merah ini akan semakin banyak.

4). Pendarahan

Orang yang terinfeksi oleh penyakit ini kemudian akan mengalami juga pendarahan. Gejala penyakit demam berdarah ini bisa terjadi dalam bentuk mimisan atau pendarahan di bagian gusi pada mulut si penderita.

[ Baca juga : 30 Manfaat bayam untuk kesehatan ]

5). Nyeri Sendi

Bisa dibilang nyeri sendiri ini biasanya banyak terjadi pada orang tua. Namun ternyata anak-anak atau orang yang terkena penyakit yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti ini akan mengalami gejala nyeri sendi. Otot, sendi hingga bagian tulang akan terasa sangat sakit sekali pada saat digerakkan. Oleh karena itulah orang dengan gejala demam berdarah ini akan tidak bisa melakukan banyak gerak sehingga hanya bisa berbaring saja.

6). Nafsu Makan Menurun

Karena gejala sakit tenggorakan tadi akan menyebabkan penurunan nafsu makan pada penderita penyakit ini. Oleh karena itu, tubuh penderita akan semakin kurus karena jarang sekali makan.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

Baca Juga :  5 Gejala diabetes yang harus di waspadai

Gejala-gejala tersebut bisa dikenali dengan mudah. Namun, untuk lebih jelasnya untuk memastikan penyakit demam berdarah bisa melakukan uji lab. Jika Anda menemukan atau mengalami gejala demam berdarah seperti yang telah dipaparkan di atas, maka sebaiknya Anda harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan yang lebih lanjut.

4 Shares
Share4
+1
Pin
Tweet