5 Gejala diabetes yang harus di waspadai

Gejala diabetes – Diabetes merupakan penyakit dimana mengalami peningkatan jumlah gula dalam darah. Umumnya orang mengenal diabetes dengan sebutan kencing manis. Penderita dari penyakit gula darah ini banyak dialami oleh para orang tua. Namun sekarang ini sudah mulai banyak juga orang yang masih berumur kepala dua tetapi sudah menderita penyakit diabetes. Yang lebih buruk lagi diabetes ini merupakan menyakit yang bisa menyerang tiba-tiba sehingga dunia mengenalnya dengan sebutan silent killer karena memang sulit untuk teridentifikasi.

Umumnya faktor penyebab dari penyakit diabetes yaitu faktor keturunan sehingga sangat sulit untuk disembuhkan. Tidak hanya itu saja penyebab lainnya yaitu makanan serta minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi. Lalu bagaimana dengan gejala diabetes? Berikut akan dijelaskan mengenai berbagai gejala yang sering muncul dan patut untuk diwaspadai.

gejala diabetes

Gambar ilustrasi

Berbagai jenis gejala diabetes

1). Kesemutan

Jika Anda sering mengalami kesemutan secara terus-menerus, maka Anda harus mewaspadainya. Karena memang kesemutan merupakan gejala diabetes yang muncul pada tahap awal dari penyakit ini. Biasanya kesemutan ini terjadi pada bagian jari-jari kaki serta tangan. Hal ini bisa terjadi karena sistem saraf akan mulai mengalami kerusakan sehingga kemampuan saraf untuk bisa merasakan akan berkurang. Beberapa penderita bahkan bisa merasakan mati rasa pada bagian-bagian tubuh tertentu.

ladyfem

2). Sering Buang Air Kecil dan Merasa Haus

Gejala diabetes yang selanjutnya yaitu akan merasa haus secara berlebihan hingga terkadang seperti orang yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Dengan minum banyak air ini sehingga menyebabkan intensitas buang air kecil yang meningkat dari biasanya. Namun, terkadang juga ada penderita yang tidak banyak minum pada saat sebelum tidur, namun intensitas buang air kecilnya juga meningkat sampai dengan tiga kali setiap malamnya. Jika Anda merasa mengalami gejala ini maka harus mewaspadainya karena bisa jadi gejala tersebut merupakan gejala penyakit diabetes.

Baca Juga :  Penyakit Lupus, Ciri-ciri, Gejala, dan Penyebabnya

3). Penurunan Kemampuan Daya Lihat Mata

Orang yang mengalami diabetes umumnya kadar gula atau glukosa pada darahnya karena meningkat yang mana peningkatan ini akan menyebabkan pembuluh darah menjadi rusak. Jika pembuluh darah rusak maka jumlah cairan yang dibutuhkan oleh mata juga akan mengalami penurunan sehingga kemampuan melihat dari mata tersebut akan berkurang atau kabur. Gejala diabetes dalam penurunan tingkat penglihatan ini bisa diminimalisir jika kadar gula darah pada penderita diabetes menjadi normal seperti semula.

4). Tubuh Menjadi Lemas dan Mudah Lelah

Orang yang menderita penyakit kencing manis ini akan merasakan tubuhnya menjadi lemas serta cepat sekali lelahnya. Hal ini disebabkan karena hormon insulin dalam darah tidak bisa aktif lagi untuk bekerja. Ketidak aktifan hormon insulin ini membuat darah akan sulit untuk melewati membran sel pada tubuh sehingga gula darah akan mengalami penumpukan. Tubuh menjadi lemas ini karena tidak adanya hormon yang bisa mengubah gula darah menjadi energi sehingga lemak dalam tubuh akan diubah menjadi energi secara terus menerus sampai lemaknya habis. Oleh karena itu juga, penderita diabetes akan memiliki tubuh dengan badan yang kurus.

5). Mudah Terkena Infeksi Jamur

Sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga menyebabkan virus-virus ataupun jamur dapat dengan mudah menyerang kesehatan penderita diabetes. Oleh karena itu jika luka sedikit saja maka akan lama sembuhnya.

Baca juga : Cara mengobati asam urat

Itulah berbagai jenis dari gejala diabetes yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut maka Anda perlu untuk waspada karena bisa jadi penyakit diabetes mulai menyerang Anda.

8 Shares
Share8
+1
Pin
Tweet