6 Gejala penyakit Jantung yang harus di waspadai

Gejala penyakit Jantung – Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan nomor satu di dunia. Menurut catatan WHO saja pada tahu 2008 ada lebih dari 7,25 juta jiwa manusia yang melayang akibat dari penyakit yang paling mematikan ini yang mana tersebar di seluruh penjuru dunia. Yang lebih mengerikannya lagi penyakit ini tidak mengenal batasan usia, jadi mulai dari bayi sekalipun hingga orang tua bisa dengan mudah terkena menderita penyakit jantung.

Penyakit jantung terjadi karena ketidakmampuan organ jantung untuk bisa memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Lalu apa saja gejala penyakit jantung? Bisa dibilang gejala penyakit ini cukup sulit untuk dipahami. Karena bisa jadi orang yang telah mengalami gejala-gejala penyakit jantung tidak sadar jika dirinya telah terkena penyakit mematikan ini. Berikut ini beberapa gejala dari penyakit jantung yang harus Anda waspadai sejak dini.

gejala penyakit jantung

Gambar ilustrasi

Jenis-jenis gejala penyakit jantung

1). Mudah merasa kelelahan

Gejala penyakit jantung yang pertama yaitu tubuh cepat sekali kelelahan padahal tidak melakukan pekerjaan berat. Terkadang orang banyak berpikir jika kelelahan ini hanya hal yang biasa saja dan tidak merujuk pada gejala dari penyakit jantung. Namun, jika kelelahan ini terus menerus dan terjadi secara ekstrem misalnya maka perlu Anda waspadai. Jika Anda setelah bangun tidur lalu merasa kelelahan maka bisa jadi rasa lelah atau letih ini menjadi gejala awal dari penyakit jantung.

2). Batuk berdarah

Gejala penyakit jantung selanjutnya yaitu penderita mulai untuk batuk namun disertai dengan keluarnya darah pada dahak batuknya. Gejala batuk berdarah ini mengindikasikan bahwa jantung penderita tersebut mengalami tanda-tanda dari gagal jantung. Jadi, jika Anda tidak pernah batuk disertai darah, namun kemudian suatu hari mengalami gejala ini maka segeralah periksa ke dokter.

3). Terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu

Gejala lain dari orang yang mempunyai penyakit jantung yaitu beberapa bagian tubuh tiba-tiba terjadi pembengkakan. Biasanya pembengkakan terjadi pada bagian perut, kaki, bagian pergelangan kaki. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya cairan yang mana menumpuk pada tubuh yang membengkak tersebut.

4). Keluar keringat dingin

Penderita penyakit jantung biasanya akan mengeluarkan keringat dingin walaupun tidak melakukan berbagai kegiatan fisik apapun. Keringat dingin ini bisa terjadi tanpa sebab apapun sebelumnya.

5). Sesak napas

Bagi Anda yang memiliki penyakit sesak napas pastikan untuk selalu mewaspadainya. Karena memang sesak napas bisa menjadi salah satu dari gejala penyakit jantung. Sesak napas ini bisa terjadi karena adanya pembuluh darah yang mana menghambat aliran dari darah yang sedang didistribusikan oleh jantung untuk seluruh bagian tubuh. Jika hal ini terjadi maka bisa mengakibatkan hal-hal yang lebih fatal lagi yaitu seperti denyut jantung yang tidak teratur, terjadi penebalan pada otot jantung serta adanya kelainan pada katup jantung.

6). Nyeri pada Bagian Dada

Gejala yang paling umum terjadi pada setiap penderita penyakit jantung yaitu terjadi nyeri di bagian dadanya. Nyeri ini terjadi karena memang adanya arteri yang tersumbat sehingga darah tidak bisa mengalir secara lancar menuju ke seluruh bagian tubuh. Tidak hanya nyeri pada bagian dada, tetapi terkadang bagian tubuh lain juga mengalami kesakitan karena penyumbatan pembuluh darah arteri ini. Biasanya bagian tubuh yang sering sakit ini yaitu seperti tangan, bahu, leher serta siku.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

Itulah berbagai gejala penyakit jantung. Mungkin berbagai gejala tersebut terkadang dianggap sepele oleh orang-orang. Padahal jika tidak segera dibawa ke dokter maka bisa jadi terlambat dalam penanganannya.

Loading...
16 Shares
Share16
+1
Pin
Tweet