Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Tidur

Kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur – Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia, dan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas ada beberapa hal yang harus dilakukan. Tidur yang berkualitas bukan berpatokan dengan lamanya waktu tidur, namun bagaimana kita bisa menjadi lebih segar dan tubuh lebih fit setelah bangun tidur. Tidur bertujuan untuk menghilangkan lelah dan memberi kesempatan bagi otak untuk beristirahat. Masalahnya tujuan tersebut tidak akan terpenuhi jika tidur tidak berkualitas.

Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Tidur

Tanda-tanda tidur yang tidak berkualitas adalah mudah mengantuk di pagi hari, sulit berkonsentrasi, mudah lelah dan tidak memiliki semangat dalam bekerja. Nah, untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur. Kebiasaan yang sering tidak disadari dilakukan saat menjelang tidur ini ternyata berdampak pada kualitas tidur yang menurun. Lalu apa saja hal yang tidak boleh dilakukan saat akan memasuki waktu tidur? Simak penjelasan berikut ini.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Tidur

1. Menonton TV

Kita seringkali menonton tv hingga larut malam, dengan alasan mencari hiburan di malam hari karena siang hari padat dengan aktivitas di luar. Menonton tv memang tidak dilarang asalkan tidak berlebihan dan dapat mengatur jarak pandang mata dengan tv. Sayangnya, efek sinar biru dari layar televisi yang masuk ke mata memberikan pengaruh terhadap produksi hormon melatonin sebagai hormon yang hanya dapat dihasilkan jika kita dalam kondisi tidur nyenyak.

Loading...

2. Menggunakan Gadget

Gadget memang sudah menjadi sebuah tren dan bukan lagi sesuatu yang mewah karena hampir setiap orang memilikinya. Penggunaan gadget pun sudah menjadi lebih bebas hingga seseorang bisa menggunakannya hingga berjam-jam. Namun, gadget seperti smartphone dan tablet juga sama seperti layar tv yang menghasilkan cahaya biru. Cahaya biru tersebut menghambat otak menghasilkan hormon melatonin sehingga kita menjadi kesulitan untuk memasuki fase tidur.

3. Bekerja di Tempat Tidur

Bagi orang yang sangat sibuk, waktunya sangat berharga sehingga saat berada di tempat tidur pun ia sempatkan untuk melakukan pekerjaan. Hal ini memang menunjukkan etos kerja yang tinggi, namun hati-hati dengan kebiasaan tersebut karena mencampurkan semua aktivitas di tempat tidur akan membuat Anda menjadi tidak nyaman lagi beristirahat di dalamnya. Jadi, pastikan Anda memfungsikan tempat tidur hanya untuk aktivitas tidur saja.

4. Mengkonsumsi Obat Tidur

Mungkin Anda yang sering mengalami kesulitan tidur atau insomnia mengandalkan obat tidur agar bisa terlelap dalam tidurnya. Padahal, obat tidur yang diperoleh tanpa seizin dokter memberikan pengaruh jangka panjang terhadap pola tidur kita. Salah satu dampak buruk dari obat tidur adalah mudah lupa, sering mengalami nyeri otot, dan menjadi ketergantungan. Jika sudah ketergantungan, Anda tidak akan bisa tidur sebelum meminum obat tidur. Tentu saja hal tersebut tidak baik bagi kesehatan terutama fungsi ginjal.

5. Minum Alkohol

Alkohol memang minuman memabukkan, yang akan membuat orang yang meminumnya akan menjadi tidak sadar. Namun bukan berarti dengan mengkonsumsi alkohol Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak, karena alkohol justru dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan tidur dan merasa gelisah di malam hari.

Nah, sudah tahu kan apa saja hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan sebelum tidur? Segera perbaiki kebiasaan tersebut dan mulailah untuk membiasakan diri untuk tidur lebih cepat. Jika tidur memiliki kualitas yang baik, maka keesokan paginya tubuh akan menjadi segar bugar. Sebaliknya, jika kualitas tidur terganggu tubuh akan merasa pegal-pegal dan tidak bersemangat.

Loading...
3 Shares
Share3
+1
Pin
Tweet