Jenis Buah-buahan yang Dapat Meningkatkan Kekuatan Otot

Jenis Buah-buahan Untuk┬áMeningkatkan Kekuatan Otot –┬áSeiring dengan bertambahnya usia, otot akan mengalami penurunan dalam hal massa maupun kekuatannya. Jika ingin menjaga kesehatan dan kekuatan otot, kita harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Kebanyakan orang akan berpikir harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dalam jumlah besar. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah, namun bukan hanya protein yang dibutuhkan jika ingin memiliki kekuatan otot yang terjaga.

Jenis Buah-buahan yang Dapat Meningkatkan Kekuatan Otot

Beberapa jenis buah-buahan ternyata juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot baik secara langsung maupun tidak langsung. Kekuatan otot memang tidak akan bisa kita hindari sama sekali, karena kondisi tersebut memang sudah pasti akan terjadi. Namun hal tersebut bisa kita perlambat salah satunya dengan rutin mengkonsumsi beberapa buah berikut ini.

Buah-buahan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot

1. Apel

Buah apel memang sangat ampuh untuk mengembalikan keremajaan otot, karena buah yang memiliki warna memikat ini mengandung senyawa ursolic acid. Senyawa tersebut dapat menghambat protein ATF4 yang dipercaya dapat mempercepat penurunan kekuatan otot. Tentu saja untuk mendapatkan manfaat tersebut kita harus mengkonsumsi apel dengan rutin, setidaknya satu buah setiap harinya.

2. Tomat

Tomat lebih sering kita lihat didapur untuk digunakan sebagai salah satu pelengkap bumbu masakan. Namun siapa sangka kalau buah yang memiliki rasa sedikit asam ini juga dapat memberikan manfaat sebagai penambah kekuatan otot. Tomat mengandung senyawa tomatidine yang fungsinya hampir sama dengan senyawa ursolic acid, yaitu menghambat dan melawan protein ATF4 yang dapat mempercepat penurunan massa dan kekuatan otot. Tomat sangat mudah didapat dan harganya pun relatif terjangkau. Jadi tidak ada salahnya memilih tomat untuk dikonsumsi setiap hari agar kekuatan otot terjaga.

Loading...

[ Baca juga : 30 Manfaat Tomat bagi kesehatan ]

3. Buah Bit

Buah bit memang lebih sering dikategorikan sebagai jenis sayuran, namun buah ini banyak sekali mengandung nutisi yang sangat penting bagi tubuh. warnanya yang merah pekat sering dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami. Ternyata buah bit juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan yang membantu meningkatkan kekuatan otot. Buah bit mengandung senyawa nitrat, dimana senyawa tersebut dapat mempertahankan otot untuk tetap kuat dan memperlambat atrofi atau penyusutan otot.

[ Baca juga : 30 Manfaat buah Bit bagi kesehatan ]

4. Pisang

Pisang mengandung senyawa bromelain yang dapat meningkatkan kadar hormon testosterone. Hormon tersebut berperan aktif dalam membentuk otot yang padat berisi dan juga kuat. Pisang bisa dikonsumsi dengan memakannya langsung ataupun dengan menjadikannya jus yang segar.

[ Baca juga : 30 Manfaat Pisang bagi kesehatan ]

5. Alpukat

secara tidak langsung alpukat juga memiliki peranan yang penting dalam usaha meningkatkan kekuatan otot. Alpukat kaya lemak baik yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Alpukat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet namun ingin memiliki otot yang kuat. Karena lemak baik dalam alpukat dapat mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh sehingga serat otot akan lebih terlihat.

[ Baca juga : 30 Manfaat buah Alpukat bagi kesehatan ]

6. Nenas

Buah nenas juga berkontribusi secara tidak langsung dalam hal membantu meningkatkan kekuatan otot. Nenas mengandung zat bromelin yang dapat membantu tubuh memproduksi enzim untuk mencerna protein sehingga proses pencernaan protein yang diperlukan untuk otot dapat berjalan lebih optimal. Namun, hati-hati mengkonsumsi buah nenas bagi yang memiliki sakit magh. Karena kandungan asamnya dapat mengiritasi lambung.

Nah, sudah tahu kan buah apa saja yang dapat dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan otot? Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara rutin ya biar hasil yang didapat juga maksimal. Karena memang masalah atrofi atau penyusutan otot itu pasti akan dihadapi saat usia semakin tua. Tapi lebih baik memperlambatnya agar kita tetap dapat beraktivitas dengan lancar.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet