4 Makanan Sehat Penurun Kolesterol

Makanan penurun kolesterol – Gaya hidup yang semakin tidak terkendali memicu banyaknya penyakit bermunculan dari mulai penyakit yang ringan hingga penyakit yang berat. Jika hanya penyakit ringan tentu tidak akan terlalu bermasalah tetapi berbeda dengan penyakit berat yang memerlukan pengobatan dengan biaya yang tidak sedikit.

Salah satu penyakit berat yang banyak diderita adalah penyakit jantung akibat kolesterol yang tinggi. Makanan penurun kolesterol menjadi hal yang banyak dicari agar penyakit jantung tidak semakin parah atau sebagai tindakan pencegahan saat sudah mulai muncul gejala penyakit jantung. Berikut beberapa makanan alami yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi yang bisa Anda konsumsi mulai dari sekarang demi kesehatan.

makanan penurun kolesterol

Gambar ilustrasi

Buah dan sayur penurun kolesterol

1). Alpukat

Makanan penurun kolesterol yang pertama adalah alpukat. Buah alpukat memang memiliki banyak penggemar karena selain rasanya yang unik, buah ini juga terkenal baik bagi kecantikan kaum hawa karena dipercaya mampu menghaluskan kulit.  Namun, ternyata selain bermanfaat bagi kecantikan, alpukat juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga mencegah munculnya penyakit jantung.  Hal ini karena di dalam buah alpukat terdapat kadar lemak baik yang tinggi hasil kombinasi dari lemak tak jenuh, serat pangan dan asam oleat. Hasil kombinasi ketiga kandungan ini adalah penurunan kolesterol buruk yang dibarengi dengan peningkatan kolesterol sehat. Buah ini lebih nikmat jika dikonsumsi dalam bentuk jus alpukat.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami ]

2). Lemon

Buah yang berfungsi sebagai penurun kolesterol yang kedua adalah lemon. Buah ini memang tidak banyak dikenal manfaatnya bagi kesehatan. Tetapi, siapa sangka buah yang lebih banyak dijadikan sebagai minuman ini mampu mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke jika rutin dikonsumsi baik dalam bentuk padat maupun cair. Beberapa senyawa yang terkandung dalam lemon adalah Flavonoid, Vitamin C dan Liminoid. Flavonoid berperan sebagai antioksidan sehingga mampu mengurangi oksidan LDL. Sedangkan kombinasi vitamin C dan Liminoid mampu mengurangi zat pemicu peningkatan kadar kolesterol darah yang disebut Apo B. Lemon juga tidak mengandung lemak, kolesterol dan sodium.

Baca Juga :  Flu Singapura : Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

[ Baca juga : Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan & kecantikan ]

3). Bayam

Makanan penurun kolesterol yang selanjutnya adalah sayur bayam. Bayam memang sudah terkenal baik bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah. Bayam mengandung senyawa yang sangat penting bernama lutein. Lutein berfungsi sebagai pelindung jantung dari kerusakan-kerusakan dengan cara mencegah penempelan lemak pada pembuluh darah. Tidak hanya itu, bayam juga mampu membuat mata menjadi lebih tajam. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dianjurkan mengonsumsi bayam setengah mangkuk setiap harinya.

[ Baca juga : 30 Manfaat bayam untuk kesehatan ]

4). Brokoli

Makanan penurun kolesterol yang terakhir adalah brokoli. Brokoli memang sayuran yang baik bagi kesehatan walaupun tidak banyak orang yang menyukai sayur ini. Serat pada brokoli berfungsi sebagai pengikat asam empedu yang terdapat di saluran kemih dan pencernaan. Hal inilah yang menyebabkan kolesterol terkuras dari dalam tubuh.  Untuk hasil yang lebih baik, brokoli cukup dikukus hingga matang dan dikonsumsi. Tetapi, jika belum terbiasa, Anda bisa menjadikan brokoli sebagai tumisan, sup dan salad.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang perlu di ketahui ]

Demikianlah beberapa makanan penurun kolesterol yang alami namun tetap ampuh untuk penyakit jantung maupun stroke.  Dibandingkan dengan pengobatan medis yang membutuhkan biaya yang besar. Tentu, mengubah pola makan setiap harinya lebih banyak dipilih karena hanya memerlukan biaya yang murah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sering mengalami peningkatan kadar kolesterol sebelum penyakit stroke ataupun jantung menyerang.

Baca Juga :  Pertolongan pertama sesak nafas
Loading...
9 Shares
Share9
+1
Pin
Tweet