5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil – Menjadi hal yang penting untuk diperhatikan agar proses kehamilan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan hingga proses melahirkan nantinya. Makanan sehat yang tepat, tidak hanya akan menguatkan kandungan calon ibu tetapi juga memberikan nutrisi yang bagus untuk perkembangan janin.

Jika ingin memiliki anak yang sehat dan cerdas, Anda perlu mempertimbangkan aspek makanan yang dikonsumsi calon ibu selama masa kehamilan. Beberapa makanan di bawah ini memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang ibu selama masa kehamilan.

Makanan sehat untuk ibu hamil

Gambar ilustrasi

Makanan sehat untuk Ibu hamil yang bernutrisi tinggi

1). Susu Tanpa Lemak

Anda tentu sering mendapati iklan di TV Nasional mengenai berbagai merek susu untuk ibu hamil yang beredar di pasaran. Ternyata hal itu bukan tanpa alasan, penelitian membuktikan bahwa ibu hamil membutuhkan kalsium 2 kali lipat lebih banyak dari biasanya untuk diserap tubuh dan janin. Wajar jika susu tanpa lemak menjadi makanan sehat untuk ibu hamil yang paling utama dan paling dibutuhkan selama masa kehamilan. Susu tanpa lemak mampu memenuhi 30% kebutuhan gizi ibu hamil dari total kebutuhan ibu hamil yang mencapai 1000 miligram. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah pemilihan susu tanpa lemak yang terbukti baik untuk tubuh. Calon ibu bisa bertanya kepada wanita yang telah berpengalaman dalam proses kehamilan mengenai produk susu tanpa lemak yang bagus.

2). Sereal

Sereal merupakan makanan yang banyak dikonsumsi untuk sarapan bagi beberapa orang di penjuru dunia. Warga Indonesia sendiri masih sangat jarang yang mengkonsumsi sereal sebagai menu sarapan. Padahal, ternyata sereal merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang juga perlu dikonsumsi. Sereal mengandung nutrisi yang sangat diperlukan selama proses kehamilan yaitu Vitamin B dan Asam Folat. Vitamin B adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh pada masa awal kehamilan atau trimester pertama. Sedangkan, para ahli juga menyatakan bahwa ibu hamil sebaiknya mendapatkan 400 mikrogram asam folat setiap hari selama masa kehamilan untuk mendapatkan kandungan yang sehat. Jadi, para ahli sangat merekomendasikan konsumsi sereal selama masa kehamilan.

Baca Juga :  Manfaat menggunakan krim malam untuk kecantikan

[ Baca juga : Cara mengjalankan pola hidup sehat ]

3). Daging Tanpa Lemak

Makanan sehat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah daging tanpa lemak. Daging mengandung 2 kali Zinc yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Daging yang dipilih juga tidak sembarangan, melainkan daging tanpa lemak. Daging biasa jika dikonsumsi ibu hamil bisa menyebabkan kegemukan atau kegendutan setelah proses persalinan. Konsumsi daging juga tidak perlu setiap hari, cukup sesekali saja karena daging membuat kebutuhan nutrisi lainnya dan protein yang dibutuhkan tubuh menjadi tercukupi selama masa kehamilan. Pilihlah daging tanpa lemak yang berkualitas dan terjaga kebersihan dan keamanannya.

4). Ubi Jalar/ Ubi Ungu

Ubi Jalar/Ubi ungu juga menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil karena mengandung zat karotenoid yang sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan. Zat karotenoid adalah pigmen tanaman yang berubah menjadi mineral vitamin A selama proses pengolahan. Zat karotenoid pada ubi jalar/ubi ungu berbeda dengan karotenoid lainnya karena hanya dirubah jika tubuh memerlukan saja sehingga tubuh terhindar dari efek negatif zat ini dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

[ Baca juga : 20 Jenis makanan yang cocok untuk program diet ]

5). Aneka Kacang-kacangan

Aneka kacang-kacangan juga sangat bagus bagi kesehatan ibu hamil karena mengandung lemak tak jenuh yang bisa menggantikan lemak jenuh dari daging. Lemak memang menjadi salah satu nutrisi dan mineral yang penting untuk perkembangan otak janin. Umumnya lemak didapatkan dari daging, tetapi lemak daging adalah lemak jenuh yang kurang bagus untuk kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, kebutuhan akan lemak digantikan dengan lemak tak jenuh dari aneka kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang polong dan banyak lainnya. Jika ibu hamil tidak mau mengemil kacang, bisa juga diganti dengan selai kacang.

Baca Juga :  Cara mengencangkan kulit kendur setelah melahirkan

[ Baca juga : Cara mengecilkan paha secara alami ]

Setelah menyimak penjelasan di atas ternyata asupan makanan yang tepat juga sangat berperan penting terhadap kesehatan ibu hamil dan calon bayi selama masa kehamilan. Memang terkesan dibatasi oleh beberapa makanan saja namun semuanya demi kesehatan calon ibu dan bayi sebelum memasuki proses persalinan. Sekian sedikit ulasan mengenai apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para calon ibu yang sedang berbahagia dengan kehamilannya.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet