20 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Air Kelapa – Semua orang pasti suka dengan rasa air kelapa yang segar dan manis, apalagi jika disuguhkan dengan es saat panas terik. Air kelapa memang menjadi minuman favorit yang dapat dinikmati kapan saja, karena buah kelapa sendiri sangat terjangkau dan mudah ditemukan. Pohon kelapa dapat tumbuh baik di dataran rendah mapun tinggi, namun lebih banyak kita temukan di dataran rendah dan pinggiran pantai. Jika sedang berlibur ke pantai, pasti tidak lupa untuk menikmati sajian air kelapa asli sambil menikmati suasana pantai.

Air kelapa yang disajikan besama dengan daging buahnya yang lembut tentu akan terasa lebih enak lagi, namun sebaiknya air kelapa murni tanpa campuran gula atau bahan lainnya. Selain untuk sekedar minuman, air kelapa ternyata juga menyimpan segudang manfaat yang sangat banyak, mulai untuk kesehatan hingga kecantikan. Karena itu semakin banyak orang yang menggemari air kelapa baik diminum langsung dari buahnya maupun disajikan dalam gelas. Mau tahu apa saja manfaat air kelapa bagi tubuh kita? Ini dia penjelasan lengkapnya.

manfaat air kelapa

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Minuman Isotonik Alami

Tubuh membutuhkan ion untuk membantu tubuh mempertahankan cairan tubuh. Kekurangan elektrolit dapat membuat tubuh kehilangan cairan sehingga tubuh menjadi lemas tidak bertenaga. Daripada meminum minuman isotonik yang dijual di warung lebih baik kita memilih air kelapa yang lebih menyehatkan karena alami langsung diambil dari buah kelapa. Kandungan elektrolit dalam air kelapa seperti kalium, natrium, magnesium dan kalsium dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang terutama setelah melakukan aktivitas fisik yang melelahkan.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan dengan merubah pola hidup ]

2. Mencegah Kelebihan Berat Badan

Air kelapa juga mengandung kalori yang dapat memberikan rasa kenyang saat kita meminumnya. Dengan begitu saat meminum air kelapa keinginan untuk mengkonsumsi makanan ringan yang membuat tubuh menjadi gemuk akan menurun. Jadi air kelapa dapat mencegah terjadinya kelebihan berat badan dengan memberikan rasa kenyang lebih lama sebelum waktunya makan tiba.

3. Melancarkan Pencernaan

Air kelapa memang sangat bagus dikonsumsi untuk membantu melancarkan pencernaan. Manfaat ini lebih besar didapat pada air kelapa hijau, yang mampu menyerap sisa lemak dan kotoran di dalam usus. Air kelapa akan membantu membuang zat sisa di dalam perut sehingga buang air besar menjadi lancar. Proses metabolisme juga akan menjadi lebih lancar karena kandungan senyawa bioaktif dalam air kelapa membantu menyehatkan usus sehingga bisa berfungsi lebih optimal.

4. Mencegah Penuaan Dini

Setiap wanita pasti sangat takut akan terjadinya penuaan dini, karena dapat mempengaruhi penampilan. Penuaan dini akan membuat wajah terlihat tidak menarik sehingga kondisi ini sangat dihindari. Nah, salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini adalah dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin. kandungan sitokin dan asam laurat membuat pertumbuhan dan pergantian sel yang rusak menjadi lebih lancar.

5. Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok

Memiliki masalah rambut rontok tentu sangat tidak nyaman karena khawatir akan kebotakan. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan air garam, namun kali ini kita tidak meminumnya melainkan mengoleskannya di kepala. Namun sebelumnya lubangi dahulu kelapa hingga kita bisa memasukkan garam ke dalamnya. Biarkan garam tercampur dengan airnya dan biarkan semalaman. Setelah itu air kelapa bisa langsung diaplikasikan hingga merata dan bungkus kepala agar air kelapa dapat bereaksi untuk menguatkan rambut.

[ Baca juga : 5 Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami ]

6. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Kita memang memiliki daya tahan yang cukup kuat sehingga tubuh tidak mudah sakit. Namun adakalanya imunitas dapat menurun karena padatnya aktivitas maupun paparan polusi yang tinggi sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan kembali fungsi dari sistem imun tubuh, kita bisa mengkonsumsi air kelapa setiap hari asalkan dengan jumlah yang tidak berlebihan. Air kelapa mengandung fitonutrien dan senyawa antioksidan yang mampu melawan berbagai penyakit.

7. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Air kelapa yang mengandung alkali juga dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Urin juga lebih mudah untuk keluar sehingga kesempatan terbentuknya endapan juga semakin kecil. Mengkonsumsi air kelapa secara rutin terbukti dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit batu ginjal yang sering terjadi pada masyarakat.

8. Bagus untuk Ibu Hamil

Air kelapa juga sangat bagus diminum oleh ibu hamil. Namun usahakan untuk tidak meminumnya saat hamil muda karena khawatir dapat memicu keguguran. Jika sudah memasuki hamil tua, air kelapa boleh dikonsumsi karena mengandung berbagai nutrisi dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi terdapat mitos bahwa ibu hamil yang rajin meminum air kelapa kelak anaknya lahir dengan kulit yang putih bersih.

[ Baca juga : Cara cepat hamil dengan merubah pola hidup ]

9. Meningkatkan Fungsi Jantung

Air kelapa sudah terbukti dapat meningkatkan fungsi jantung dan membantu menjaga kesehatannya lewat berbagai penelitian. Hal ini dikarenakan air kelapa dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan jantung dan mengandung kalium dan magnesium yang dapat merilekskan otot. Saat otot jantung menjadi rileks jantung pun tidak bekerja terlalu berat sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Loading...

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai ]

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

Santan dari kelapa memang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, namun tidak pada airnya. Air kelapa justru dapat menekan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh sehingga air kelapa juga bermanfaat dalam mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit kolesterol. Dengan begitu air kelapa secara tidak langsung juga memberikan peran untuk  mencegah terjadinya penyakit stroke.

[ Baca juga : Cara menurunkan kadar kolesterol secara alami ]

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan hanya tubuh saja yang perlu diperhatikan kesehatannya, namun kulit pun memiliki hak yang sama untuk mendapat perawatan agar tetap sehat. Salah satu cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air kelapa yang mengandung berbagai nutrisi. Selain diminum, sir kelapa juga bisa digunakan di luar kulit dengan mengoleskannya langsung pada kulit dan biarkan hingga semalaman.

12. Mengontrol Kadar Gula Darah

Air kelapa memang mengandung kalori dan sukrosa namun kadarnya tidak tinggi sehingga aman diminum oleh penderita diabetes. Bahkan air kelapa turut membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil karena kandungan gulanya berupa gula alami. apalagi air kelapa dapat mencegah obesitas yang menjadi pemicu seseorang menderita penyakit diabetes.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus diwaspadai ]

13. Mencegah dan Mengatasi Infeksi

Infeksi dan peradangan bisa saja terjadi baik disengaja ataupun tidak. Biasanya infeksi yang paling sering terjadi adalah infeksi saluran kemih dan infeksi saluran pernapasan. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa mengkonsumsi air kelapa yang dapat membunuh bakteri. Jika bakteri jahat dalam tubuh bisa disingkirkan maka kemungkinan terjadinya infeksi akan semakin kecil.

14. Detoksifikasi Tubuh

Air kelapa mengandung berbagai senyawa yang dapat menyerap racun hingga mendetoks tubuh dari tumpukan racun yang mengendap sejak lama di dalam tubuh. Zat dan senyawa elektrolitnya mampu menyerap zat sisa dan racun yang menempel pada dinding usus sehingga dapat mendetoksifikasi tubuh secara alami.

15. Mengobati Migrain

Tak disangka ternyata air kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan migrain atau sakit kepala sebelah. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan magnesium dalam air kelapa yang mudah diserap oleh tubuh dan mampu mengatasi migrain dengan segera. Selain itu pusing bisa menjadi pertanda tubuh mengalami kekurangan nutrisi atau asupan energi dan hal tersebut bisa kita peroleh dari air kelapa.

16. Sebagai Sumber Antioksidan

Air kelapa tidak hanya mengandung elektrolit namun juga mengandung beberapa senyawa aktif  berupa antioksidan yang efektif untuk menangkal serangan radikal bebas. Antioksidan juga mampu memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Terlebih lagi antioksidan dapat melindungi tubuh dan kulit dari kerusakan baik akibat polusi, radiasi maupun senyawa kimia dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

17. Sumber Energi yang Baik

Kita mendapat asupan energi dari makanan yang mengandung karbohidrat, namun jika berlebih akan menyebabkan tubuh kelebihan karbohidrat sehingga diubah menjadi lemak. Hal tersebut tidak baik bagi kesehatan karena selain dapat menyebabkan kegemukan lemak berlebih dapat mengundang sejumlah penyakit. Salah satu sumber energi yang mudah diserap oleh tubuh adalah air kelapa, terlebih lagi kita juga mendapatkan nutrisi lainnya dalam sekali konsumsi air kelapa dari satu butir kelapa muda yang segar.

18. Menurunkan Resiko Terjadinya Depresi

Seseorang bisa dengan mudahnya terkena depresi akibat rutinitas yang menumpuk dan berbagai permasalahan lainnya dalam hidup. Tentunya depresi harus segera diatasi, jika semakin parah maka dapat menyebabkan pikiran menjadi tertekan hingga akhirnya tubuh jatuh sakit. Untuk membantu menenangkan pikiran, cobalah mengkonsumsi air kelapa yang segar dengan sedikit tambahan es sambil duduk santai. Pikiran akan kembali fresh sesaat setelah meminum air kelapa tersebut.

19. Menormalkan Tekanan Darah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, sehingga dapat mencegah naiknya tekanan darah. Air kelapa akan mengurangi plak di dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi lebar. Plak tersebut biasanya muncul karena kolesterol yang menempel dan menumpuk pada pembuluh darah sehingga memicu penyempitan pembuluh darah. Dengan begitu jantung tidak perlu memompa darah terlalu keras dan tekanan darah pun menjadi stabil.

20. Membuat Kulit Lebih Mulus dan Lembut

Air kelapa memang mengandung berbagai vitamin dan mineral, sehingga tidak mengherankan bila orang yang rutin mengkonsumsi air kelapa memiliki kulit yang sehat, mulus dan lembut terawat. Selain diminum, air kelapa juga bisa dioleskan pada kulit atau menjadi campuran air untuk mandi.

Meski air kelapa memiliki banyak manfaat, sebaiknya hindari meminum air kelapa secara berlebihan. Beberapa dampak yang ditimbulkan dari berlebihan mengkonsumsi air kelapa antara lain mengalami diare, terjadi penimbunan glukosa terutama jika diminum saat malam hari, mengganggu fungsi beberapa organ tubuh hingga menyebabkan kekurangan asupan mineral. Karena meskipun air kelapa mengandung mineral, kita tetap perlu minum air putih untuk mendapatkan jumlah mineral yang cukup. Jika berlebihan minum air kelapa tentu konsumsi air putih menjadi berkurang.

Hindari pula memberikan air kelapa pada balita karena organ pencernaannya belum mampu menerima dan mencerna air kelapa. Nah, itulah manfaat air kelapa yang luar biasa. Jadi selain diambil dagingnya, buah kelapa juga bisa memberikan air yang rasanya enak, menyehatkan dan menyegarkan bagi tubuh kita.

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet