26 Manfaat Akar Alang-Alang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Akar Alang-Alang – Tumbuhan memang memiliki daya tarik luar biasa, terutama akan khasiatnya yang cukup banyak untuk memelihara kesehatan tubuh. Salah satu tumbuhan yang sangat banyak digunakan sebagai bahan obat alami adalah akar alang-alang, yang tumbuh di semak-semak dan terkadang dianggap sebagai gulma di ladang atau kebun. Akar alang-alang dapat mengobati berbagai penyakit, menjaga kesehatan tubuh dan mencegah munculnya penyakit berbahaya di dalam tubuh. Karena itu, meski dianggap sebagai tumbuhan pengganggu, alang-alang banyak dicari untuk dimanfaatkan akarnya.

Kandungan Senyawa Akar Alang-alang

Akar alang-alang sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu. Meski zaman dahulu kandungan senyawa dalam tumbuhan ini belum diketahui, para nenek moyang percaya dengan manfaatnya dan menggunakan akar alang-alang untuk mengatasi berbagai penyakit. Sangat wajar memang jika alang-alang disingkirkan dari pertanian dan perkebunan, karena nutrisi dalam tanah akan diserap sehingga tanaman yang dibudiayakan kekurangan unsure hara untuk dapat tumbuh subur.

Manfaat akar alang-alang

Meski begitu alang-alang sebenarnya juga memiliki fungsi di alam, di antaranya menjaga kekuatan dan kepadatan tanah sehingga tidak mudah terbawa air hujan. Selain itu banyak sekali kandungan senyawa kimia di dalamnya yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kita, dimana senyawa tersebut akan beraksi dan mengatasi berbagai penyakit di dalam tubuh. Kandungan senyawa yang dimaksud antara lain glukosa, manitol,  asam sitrat, asam malic, arundoin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, coixol, fernerol, silindrin, anemonin, dan tannin. Senyawa tersebut sebenarnya tersebut ke seluruh bagian tumbuhan namun paling banyak di akar sehingga akrnya lah yang selalu dimanfaatkan.

Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan

Berbagai masalah kesehatan atau penyakit bisa diatasi dengan memanfaatkan akar alang-alang. Adapun manfaat akar alang-alang yang bisa kita peroleh adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi Mimisan

Biasanya saat kita mengalami mimisan, orang tua akan mengambil daun sirih untuk menghentikan darah yang keluar dari hidung. Namun ternyata mimisan tidak hanya bisa diatasi dengan daun sirih, akar alang-alang pun memiliki khasiat yang sama. Cara menggunakannya, ambillah akar alang-alang segar sebanyak 30 gram, cuci hingga benar-benar bersih. Setelah itu rebus dalam 3 gelas air dan biarkan hingga menyusut menjadi 1 gelas. Setelah agak dingin segera air rebusan tersebut sehingga darah mimisan agar segera berhenti.

2. Mengobati Kencing Nanah

Kencing nanah dapat menandakan adanya infeksi pada ginjal atau kantung kemih, dan biasanya disertai rasa sakit saat air seni dikeluarkan. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan akar alang-alang yang direbus dan diminum airnya. Siapkan akar alang-alang sebanyak 300 gram kemudian cuci hingga bersih. Potong kecil-kecil dan rebuslah dengan air secukupnya, tambahkan sedikit gula batu. Setelah mendidih, angkat dan saring, tunggu hingga dingin. Minumlah air rebusan tersebut tiga kali sehari hingga kencing nanah sembuh.

3. Mengobati Radang Ginjal

Radang pada ginjal baik yang disebabkan oleh adanya batu ginjal maupun kondisi lainnya tidak boleh dianggap remeh, karena jika dibiarkan fungsi ginjal akan terganggu dan menyebabkan inflamasi yang semakin parah. Untuk mengobati peradangan tersebut, Sediakan 120 gram akar alang-alang segar, cuci hingga bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dalam 3 gelas air dan biarkan hingga menjadi 1 gelas air. Minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari yaitu pagi dan sore hingg sakit pada ginjal membaik.

4. Mengatasi Muntah Darah

Muntah darah dapat terjadi jika terdapat peradangan atau infeksi pada organ pencernaan sehingga mengeluarkan darah. Kondisi ini harus segera diatasi agar tidak bertambah parah, salah satu caranya dengan memanfaatkan akar ilalang yang masih segar. Caranya, ambil 30-70 gram akar alang-alang, cuci hingga bersih lalu potong-potong. Rebus dalam 3 gelas air, biarkan mendididh hingga menjadi 1 gelas. Minumlah secara rutin hingga muntah darah berhenti dan peradangan pada organ pencernaan sembuh.

5. Mengatasi Kencing yang Tersendat

Kencing yang tersendat atau tidak lancar bisa jadi pertanda adanya infeksi kantung kemih atau sumbatan pada saluran kemih. Hal ini menyebabkan zat sisa tidak dapat dikeluarkan dengan lancar dan dapat menyebabkan terbentuknya Kristal atau batu di saluran kemih. Untuk mengatasinya, siapkan 30-50 gram akar alang-alang yang telah dikeringkan. Setelah dicuci bersih, rebuslah dalam 2 gelas air. Setelah mendidih dan menyusut menjadi 1 gelas, angkat dan saring kemudian dinginkan. Minumlah dua kali sehari sampai kencing bisa lancar kembali.

Info manfaat lainnya :

6. Mengatasi Panas Dalam

Masalah dalam mulut seperti panas dalam membuat mulut menjadi terasa tidak nyaman, bahkan selera makan pun menurun karena terasa sangat sakit saat tersenggol makanan. Untuk mengatasinya secara alami, kita bisa memanfaatkan akar alang-alang. Caranya, siapkan akar alang-alang secukupnya lalu cuci bersih hingga tidak ada lagi tanah yang menempel. Keringkan di bawah sinar matahari hingga menjadi rapuh. Tumbuk akar alang-alang kering tersebut secukupnya hingga halus, dan seduh dengan air hangat. Bila tambahkan madu agar rasanya lebih enak, minumlah ramuan tersebut secara rutin hingga panas dalam sembuh.

Loading...

7. Mengobati Kencing Darah

Selain mampu mengatasi kencing nanah, akar alang-alang juga dapat mengatasi kencing darah akibat adanya infeksi pada ginjal, saluran kemih maupun kantung kemih. Cara memanfaatkannya, sediakan sekitar 100 gram akar alang-alang yang telah dicuci hingga bersih. Potong-potong dalam ukuran kecil lalu rebus dalam 2 gelas air. Setelah menyusut menjadi 1 gelas, angkat dan saring, tunggu hingga dingin. Minum ramuan ini 2 kali sehari hingga penyakit tersebut sembuh.

8. Mengobati Diare

Masalah pencernaan seperti diare juga dapat diatasi dengan memanfaatkan akar alang-alang. Dengan pengobatan secara alami tentu tidak ada efek samping yang ditimbulkan terhadap organ pencernaan. Caranya, Rebuslah akar alang-alang secukupnya yang sebelumnya telah dibersihkan. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Saringlah agar ampas dan air rebusan terpisah, kemudian air rebusan tersebut dapat diminum 2 kali sehari. Rasanya mungkin sedikit pekat, namun sangat ampuh dalam menghentikan diare sehingga sakit perut mereda dan terhindar dari dehidrasi.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat akar alang-alang selanjutnya adalah mampu mengontrol tekanan darah, sehingga tekanan darah tinggi dapat menjadi normal kembali. Pemanfaatannya pun tidak jauh berbeda dengan cara mengobati penyakit sebelumnya yang telah dibahas, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusannya secara rutin. Sebelumnya siapkan akar alang-alang secukupnya dan sudah dibersihkan. Rebus dalam air hingga mendidih, kemudian airnya disaring dan diminum selagi hangat setidaknya dilakukan 2 kali sehari.

10. Mengobati Radang Hati

Peradangan pada hati sebaiknya tidak dianggap remeh dan harus segera diatasi sebelum menjadi semakin parah dan menyebabkan kerusakan sel hati. Untuk mengatasi peradangan yang terdapat di hati kita bisa mencoba menggunakan akar alang-alang. Caranya cukup dengan merebus akar alang-alang secukupnya, jika sudah mendidih angkat dan saring lalu minum saat air rebusan tersebut sudah dingin. Lakukan secara rutin hingga rasa sakit pada hati menjadi sembuh.

11. Mengatasi Kencing Terus-menerus

Adakalanya seseorang mengalami kondisi dimana keinginan buang air kecil mejadi lebih sering dan tidak dapat ditahan. Hal ini bisa jadi disebabkan otot panggul sudah tidak elastis lagi, atau terdapat infeksi baik pada ginjal, saluran kemih atau kantung kemihnya. Akibatnya kencing menjadi terus-menerus keluar dalam jarak waktu yang sangat dekat. Dengan mengkonsumsi air rebusan akar alang-alang secara rutin maka masalah tersebut dapat diatasi.

12. Mengatasi Keputihan

Masalah keputihan yang kerap mengganggu wanita juga dapat diatasi dengan mudah, hanya dengan mengandalkan manfaat dari akar alang-alang. Pemanfaatannya juga sama, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusannya secara teratur. Tentunya hasil yang diperoleh tidak bisa begitu instan, namun secara bertahap perubahan akan dapat dirasakan hingga keputihan hilang.

[ Baca juga : Cara mengatasi keputihan dengan bahan alami ]

13. Mengatasi Batu Empedu

Munculnya endapan batu tidak hanya terjadi pada ginjal maupun kantung kemih. Namun pada kantung empedu pun sering kali terbentuk endapan yang akhirnya menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran empedu. Akibatnya metabolisme lemak dapat terganggu dan proses pencernaan menjadi terganggu. Untuk mengatasinya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan akar alang-alang secara teratur, setidaknya 2 kali sehari sampai batu empedu pecah atau hancur dan kantung empedu kembali sehat.

14. Memulihkan Otot Saraf yang Lemah

Otot saraf seseorang bisa menjadi lemah akibat berbagai faktor, dan jika tidak diatasi orang tersebut akan mengalami gangguan fungsi saraf secara permanen. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan akar alang-alang secara teratur terutama saat di pagi hari dan sore hari.

15. Mengobati Radang Paru-paru

Peradangan pada paru-paru juga bisa diobati dengan akar alang-alang, dengan cara meminum air rebusan akar alang-alang yang direbus secukupnya. Jika dilakukan secara rutin dan teratur maka radang paru-paru akan sembuh. Radang paru-paru sendiri dapat terjadi baik oleh infeksi bakteri, masuknya senyawa kimia seperti asap rokok dan yang lainnya. Jika tidak diatasi maka pernapasan akan terganggu dan mengakibatkan nyeri di dada.

16. Mengatasi Pembengkakan Prostat

Salah satu gangguan prostat yang kerap dialami para pria adalah gangguan atau pembesaran pada kelenjar prostat. Kondisi ini mengakibatkan para pria kesulitan untuk buang air kecil dengan lancar dan rasa sakit yang ditimbulkan membuat tidak nyaman. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan akar alang-alang. Cukup dengan merebus akar alang-alang secukupnya lalu minum air rebusan tersebut secara rutin hingga gejala pembengkakan prostat mereda.

Selain manfaat di atas, mash banyak lagi manfaat lainnya dari akar alang-alang untuk mengobati berbagai penyakit dan memelihara kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Mengobati batuk rejan
  2. Mengatasi penyakit campak
  3. Mengobati gejala asma
  4. Menurunkan demam
  5. Mengatasi permasalahan pada urat saraf
  6. Mengobati penyakit jantung koroner
  7. Mengatasi infeksi dan batu ginjal
  8. Mengatasi pendarahan pada wanita
  9. Mengatasi berbagai gangguan pencernaan
  10. Membantu menyembuhkan penyakit hepatitis.

Itulah manfaat akar alang-alang untuk kesehatan tubuh, yang jarang diketahui orang banyak. Apalagi sekarang obat kimia lebih mudah didapat sehingga penggunaan obat tradisional mulai ditinggalkan. Dengan adanya informasi ini diharapkan obat tradisional bisa digunakan kembali karena sebenarnya penggunaan obat herbal jauh dari efek samping dan dari segi biaya sangat terjangkau. Termasuk akar alang-alang yang sangat mudah didapat dan tidak perlu dibudidayakan untuk dapat memanfaatkannya.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet