30 Manfaat Asam Jawa untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Asam Jawa – Anda yang sering berada di dapur pasti sudah tidak asing lagi dengan asam jawa. Asam jawa biasanya digunakan untuk menambah cita rasa masakan dan menghilangkan amis pada ikan. Ternyata asam jawa tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan saja. Karena dibalik rasa masamnya, asam jawa memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Pohon dengan nama latin Tamarindus indica ini memiliki daging buah yang berwarna putih. Namun semakin tua warnanya akan berubah menjadi kecokelatan. Asam jawa juga dapat digunakan sebagai bahan campuran jamu, yang sering disebut kunyit asem. Sebagai bahan alami tentu saja lebih menyenangkan untuk memanfaatkan asam jawa dalam mengobati berbagi jenis penyakit dan menambah kecantikan.

manfaat asam jawa

Gambar ilustrasi

Kandungan Senyawa Asam Jawa

Senyawa penting yang ada di dalam asam jawa adalah berbagai senyawa asam seperti asam asetat, asam tatrat, asam malat, asam sitrat dan asam suksinat. Semua zat asam tersebut memiliki manfaat dalam memelihara kesehatan seperti melancarkan peredaran darah dan buang air besar. Pada daun asam jawa juga ditemukan flavonoid yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit.

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Meski memiliki rasa asam dan bentuk yang tidak menarik, ternyata asam jawa menyimpan segudang manfaat yang tidak terduga. Berikut ini adalah beberapa manfaat asam jawa baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

1. Mengatasi Difteri

Penyakit difteri ditemukan di saluran pernapasan, dengan gejala sulit bernapas, sakit tenggorokan, sulit menelan, demam dan mengeluarkan lendir dari hidung. Sebelum ditemukan obatnya, difteri merupakan penyakit yang mematikan. Untuk mengatasinya secara alami, kita bisa menggunakan asam jawa. Caranya tumbuk hingga halus 5 gram kencur ditambah 10 gram daun pepaya muda, 5 gram lobak dan 5 gram bawang merah. Tambahkan pula asam jawa dan seduh ramuan tersebut dengan air panas. Gunakan sebagai obat kumur hingga tenggorokan tiga kali sehari.

2. Mengatasi Ambeien

Ambeien tidak hanya memberikan rasa tidak nyaman, namun juga rasa sakit yang berkepanjangan. Untuk mengatasinya, asam jawa bisa dimanfaatkan. Cara membuat ramuannya, siapkan 6 gram daun keji beling, 6 gram meniran dan 3 gram temulawak. Tambahkan 1 gram asam jawa, dan rebus semua bahan dengan 1 liter air. Didihkan hingga menyusut menjadi setengah liter. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari.

3. Mengobati Eksim

Penyakit eksim dapat membuat kulit menjadi rusak dengan rasa gatal dan sakit yang ditimbulkannya. Agar penyakit tersebut dapat berkurang kita bisa menggunakan asam jawa. Caranya, ambil segenggam daun asam jawa dan kunyit sebesar ibu jari, tumbuk halus dan gunakan untuk dibalurkan pada kulit.

Untuk mengobati dari dalam, siapkan asam jawa segenggam ditambah temulawak dan gula aren secukupnya. Rebus dalam 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari sampai penyakit eksim menjadi sembuh.

Baca Juga :  Manfaat air beras untuk perawatan wajah

4. Menormalkan Tekanan Darah Rendah

Bukan hanya tekanan darah tinggi saja yang dapat mengganggu kesehatan, namun jika tekanan darah menjadi rendah pun dapat mengganggu kesehatan. Untuk menormalkannya kembali, manfaatkan ramuan asam jawa. Tumbuk hingga halus 10 gram gula aren, 5 gram asam jawa, 15 gram cabe rawit dan 50 gram bawang merah. Tambahkan garam secukupnya, dan jadikan sambal ini sebagai teman makan. Selain itu, lalapan bayam yang dimasak setengah matang juga bagus untuk menaikkan tekanan darah.

5. Mengobati Penyakit Disentri

Penyakit disentri yang menyerang usus dapat membuat perut mulas dan buang air besar berlebihan. Atasi masalah tersebut dengan asam jawa. Caranya, haluskan 10 gram kunyit ditambah 5 gram asam jawa dan 10 gram temulawak. Setelah halus, seduh dengan segelas air panas. Saring airnya, tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini setiap pagi hingga sembuh.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol yang meningkat dalam darah dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, bahkan muncul rasa nyeri di bagian anggota tubuh. Untuk mengatasinya, gunakan asam jawa. Tumbuk hingga halus 200 gram daun asam jawa, seduh dengan air panas sebanyak 200 ml. saring airnya dan minumlah tiga kali sehari.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

7. Meredakan Nyeri Haid

Saat haid datang, seringkali para wanita mengalami rasa nyeri yang membuat tidak nyaman. Agar rasa nyeri tersebut berkurang kita bisa memanfaatkan asam jawa. Caranya, sediakan asam jawa yang telah diolah setengah jari, temulawak 10 potong dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan dengan segelas air, biarkan hingga menyusut setengahnya. Minum ramuan tersebut selama seminggu sebelum masuk tanggal haid.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

8. Menghilangkan Sariawan

Sariawan bukanlah penyakit yang membahayakan, namun dapat membuat tidak nyaman dengan rasa nyerinya. Untuk mengatasinya, buatlah ramuan dari asam jawa. Rebuslah segenggam daun asam jawa yang masih muda dengan potongan rimpang kunyit sebesar 5 cm, dalam 4 gelas air. Biarkan mendidih hingga menjadi dua gelas. Bagilah menjadi dua bagian dan minum pagi dan sore.

9. Mengobati Bisul

Bisul merupakan kumpulan nanah yang ada pada permukaan kulit, dan terasa perih saat meradang. Untuk mengatasinya, gunakanlah asam jawa. Caranya, tumbuk hingga halus 10 gram bayam duri dengan 5 gram asam jawa, 10 gram daun kangkung dan beri garam secukupnya. Tempelkan pada bisul hingga bisul menjadi sembuh.

Baca Juga :  30 Manfaat Yoghurt untuk kesehatan dan kulit

10. Mengatasi Asma

Penyakit asma dapat membuat seseorang merasa menderita karena rasa sesak yang ditimbulkannya. Untuk mengatasinya, manfaatkan kulit pohon asam jawa. Ambil 2 potong kulit pohon asam jawa dan adas pulowaras secukupnya. Rebus dengan 2 gelas air dan jadikan hingga 1 gelas. Minum ramuan ini setiap hari hingga gejala nyeri yang dirasakan berkurang.

11. Mengobati Batuk Kering

Batuk kering terasa lebih sakit dibandingkan batuk berdahak, dan sering menyebabkan luka di tenggorokan. Gunakan ramuan asam jawa untuk membantu mengatasinya. Rebuslah 3 buah asam jawa dengan daun saga sebanyak segenggam dalam 4 gelas air. Biarkan hingga menjadi 2 gelas dan minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

12. Mengatasi Sakit Perut

Sakit perut bisa menandakan berbagai macam penyakit, namun umumnya penyakit tersebut menyerang organ pencernaan. Agar rasa sakit di perut tersebut menjadi berkurang manfaatkan asam jawa. Carilah 3 buah polong asam jawa yang telah matang, minyak kayu putih dan kapur sirih secukupnya. Tumbuk halus semua bahan kecuali minyak kayu putih yang ditambahkan setelahnya. Tempelkan pada perut yang sedang sakit.

13. Menghilangkan Keputihan

Keputihan dapat membuat area kewanitaan menjadi tidak nyaman, dan dapat menimbulkan penyakit lain yang lebih serius. Agar keputihan dapat hilang kita bisa memanfaatkan ramuan asam jawa yang dibuat sendiri. Sediakan 25 helai daun beluntas, 5 cm kunyit, asam jawa dan gula aren secukupnya. Haluskan daun beluntas dan kunyit, lalu seduh dengan setengah gelas air panas. Tambahkan gula aren dan asam jawa yang telah dicairkan, lalu aduk rata. Minumlah setiap malan hingga keputihan sembuh.

[ Baca juga : Cara mengatasi keputihan dengan bahan alami ]

14. Menghilangkan Gatal dan Biduran

Gatal di kulit bisa menjadi pertanda alergi, dan rasanya sangat mengganggu. Begitu pula dengan biduran. Untuk menghilangkannya, kita bisa memanfaatkan asam jawa. Rebuslah 3 buah asam jawa dengan seperempat sendok makan kapur sirih dan garam secukupnya dalam 3 gelas air. Biarkan hingga menjadi 1 gelas, dan minum ramuan tersebut dua kali sehari.

15. Mengatasi Demam

Demam menunjukkan adanya infeksi atau peradangan yang terjadi di dalam tubuh, yang ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh. Untuk menurunkan panas, minumlah ramuan asam jawa berikut. Sediakan 2 buah polong asam jawa, seduh bagian isinya dengan air panas dan beri garam secukupnya. Minumlah selagi hangat setiap hari (tidak dianjurkan bagi wanita hamil!).

16. Mengobati Luka Baru

Baik sengaja atau tidak, beberapa tindakan kita sehari-hari bisa menyebabkan terjadinya luka. Agar luka dapat segera sembuh dan rasa sakitnya berkurang, gunakan daun asam jawa. Ambil daun asam jawa yang masih muda lalu cuci hingga bersih. Kunyak hingga halus dan tempelkan pada luka. Ganti dengan yang baru jika sudah kering agar luka cepat sembuh.

Baca Juga :  24 Manfaat Belimbing Wuluh untuk kesehatan & kecantikan

17. Mengobati dan Menghilangkan Borok

Borok dapat terjadi dikarenakan adanya luka yang terinfeksi sehingga meradang dan mengeluarkan nanah. Untuk mengobatinya, kita bisa meggunakan biji asam jawa yang ditumbuk halus. Tempelkan bubuk biji asam jawa tersebut pada kulit yang terkena borok, tutup dengan perban. Ganti minimal sekali sehari agar borok cepat sembuh.

18. Mengatasi Nyeri Reumatik

Reumatik kerap menyerang orang yang telah memasuki usia lanjut dan dapat memberikan rasa nyeri di persendian dan daerah pinggang. Agar rasa nyeri berkurang, gunakan daun asam jawa dan bijinya. Haluskan daun asam jawa dan bijinya 2 hingga 3 biji. Tambahkan sedikit minyak dan jadikan sebagai minyak urut pada bagian yang terasa nyeri.

19. Mengatasi Gatal Pada Luka yang Telah Kering

Luka yang mulai mongering seringkali terasa gatal sehingga kita ingin sekali menggaruknya. Padahal jika digaruk luka akan kembali terbuka dan tak kunjung sembuh. Untuk menghilangkan gatal tersebut kita bisa menggunakan daun asam jawa yang ditumbuk bersama rimpang kunyit. Tempelkan ramuan tersebut pada luka sehingga rasa gatal akan berkurang.

20. Mengatasi Bengkak Akibat Gigitan Serangga

Beberapa serangga akan meninggalkan bekas dan bengkak setelah menggigit sasarannya. Selain cukup mengganggu bengkak tersebut mungkin akan menimbulkan nyeri. Untuk mengatasinya, tempelkan biji asam jawa yang ditumbuk pada bengkak tersebut. Agar bubuk biji asam jawa dapat menempel, beri sedikit minyak kayu putih.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ada beberapa manfaat lainnya yang diperoleh dari asam jawa, di antaranya:

21. Menghilangkan bau anyir saat haid
22. Mengatasi bintik merah pada kulit yang mengandung air
23. Mengatasi penyakit campak
24. Menghilangkan selulit
25. Mengangkat sel kulit mati
26. Menghilangkan jerawat
27. Mengatasi gigitan ular
28. Mencerahkan kulit
29. Menurunkan demam setelah nipas
30. Sebagai bedak bagi penderita campak

Itulah berbagai manfaat dari asam jawa, yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga bermanfaat bagi kecantikan. Sebagai bahan alami, tentu saja efek yang dirasakan akan memakan waktu lama. Namun cara ini lebih aman dan tidak ada efek samping. Lakukan semua saran di atas secara rutin dan rasakan manfaatnya.

5 Shares
Share5
+1
Pin
Tweet