20 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bawang Merah – Bawang merah merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang wajib ada di dapur, karena penggunaan bawang merah untuk memasak bisa dibilang cukup sering. Bawang merah dapat menambah cita rasa dan aroma yang khas sehingga membuat masakan terasa lebih enak dan menggugah selera. Namun siapa sangka dibalik aromanya yang terkadang dijauhi orang dan bisa membuat mata perih, bawang merah justru memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Bawang merah memang bagus dikonsumsi oleh semua umur. Karena mengandung berbagai senyawa yang baik bagi tubuh. Bawang merah mengandung serat, air, vitamin A, B6 dan C, kalium, magnesium, zat besi, folat, niasin, thiamin, riboflavin, pirdoksin, seng, fosfor, dan nitrogen. Karena kandungannya tersebut sangat wajar bila bawang merah sangat berkhasiat dalam menunjang kesehatan, bahkan ada yang menggunakannya untuk menunjang kecantikan. Lalu apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari bawang merah? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

manfaat bawang merah

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

1. Menghilangkan Kembung

Sejak zaman dahulu para orang tua menggunakan bahan tradisional untuk mengobati penyakit ringan pada keluarganya. Salah satunya adalah menggunakan bawang merah untuk mengatasi perut kembung. Resep ini memang sangat manjur dan saya sendiri sering menggunakannya saat sedang mengalami kembung. Cukup dengan menghancurkan bawang merah dalam bentuk kasar lalu tambahkan sedikit minyak maka sudah bisa langsung dioleskan ke bagian perut. Biasanya dalam satu malam rasa kembung akan hilang.

[ Baca juga : Cara mengobati perut kembung secara alami ]

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Peredaran darah yang tidak lancar dapat membuat tubuh terasa pegal-pegal, bahkan jika dibiarkan akan menyebabkan berbagai penyakit lainnya. Untuk mengembalikan sirkulasi darah agar menjadi lancar, kita bisa menggunakan bawang merah yang telah dihaluskan lalu tambahkan minyak urut. Balurkan pada seluruh badan sambil dipijat ringan dan dalam waktu singkat tubuh kembali segar yang menandakan aliran darah telah kembali lancar.

3. Mencerdaskan Otak Sejak dalam Kandungan

Seperti yang telah dibicarakan sebelumnya, bawang merah mengandung folat meski jumlahnya tidak banyak. Namun jika dikonsumsi setiap hari dalam berbagai menu masakan, maka akumulasi dari folat yang berasal dari bawang merah dapat berkhasiat untuk meningkatkan kecerdasan dan mendukung perkembangan otak bayi sejak di dalam kandungan. Karena itu ibu hamil sangat bagus mengkonsumsi makanan yang banyak menggunakan bawang merah.

4. Menghilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Bekas gigitan nyamuk memang sering terasa gatal karena air liurnya menempel pada kulit dan menimbulkan reaksi alergi. Tentu kondisi tersebut sangat tidak nyaman apalagi jika terjadi pada anak-anak. Untuk menyiasatinya, kita bisa menggunakan air perasan bawang merah yang telah dihaluskan lalu gunakan untuk dioleskan pada bekas gigitan nyamuk yang gatal. Tidak berapa lama setelah dioles rasa gatal akan jauh berkurang.

5. Mencegah Kanker

Belakangan ini memang isu tentang manfaat bawang merah mengatasi kanker begitu cepat menyebar. Hal tersebut memang ada benarnya, karena bawang merah mengandung antioksidan berupa quercetin yang dapat menangkal senyawa radikal bebas penyebab kanker. Quercetin sebenarnya merupakan pigmen yang membuat bawang merah terlihat merah gelap. Namun siapa sangaka kalau pigmen tersebut justru sangat berkhasiat untuk mencegah munculnya sel kanker.

Baca juga :

6. Menstabilkan Tekanan Darah

Ternyata kandungan quercetin dalam bawang merah tidak hanya efektif untuk mencegah penyakit kanker, namun juga ampuh dalam menstabilkan tekanan darah, terutama sangat berkhasiat bagi penderita tekanan darah tinggi. Karena itu tidak ada salahnya jika mengkonsumsi bawang merah setiap hari agar tekanan darah tetap normal.

7. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Bawang merah juga memiliki manfaat yang cukup besar untuk menhadapi resiko penyakit diabetes. Bawang merah dapat membantu meningkatkan produksi insulin dan dapat menstabilkan kadar gula darah. dengan demikian bawang merah juga sangat bagus untuk melawan penyakit diabetes. Selain itu bawang merah juga dapat mempercepat proses glikolisis sehingga penimbunan gula dalam perut dapat dihindari.

8. Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Pola makan yang serba instan belakangan ini makin populer, namun dampak negatif yang ditimbulkan juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang penuh lemak dan minyak justru dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol dapat mempersempit pembuluh darah sehingga masalah seperti serangan jantung dan stroke lebih beresiko untuk muncul.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

9. Mengatasi Kebotakan Rambut

Sebagai wanita pasti sangat mementingkan penampilan rambutnya, dan jika terjadi kerontokan yang parah mereka pasti akan mencari cara untuk mengatasinya agar tidak sampai mengalami kebotakan. Nah, ternyata bawang merah yang mengandung sulfur bisa digunakan untuk mencegah kebotakan dengan cara mengoleskan bawang merah halus pada rambut dan kulit kepala. Memang akan terasa sedikit hangat namun cara ini bisa dicoba untuk mengatasi kebotakan rambut.

Loading...

10. Menghilangkan Ketombe

Bawang merah tidak hanya bisa mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan, namun juga bisa menghilangkan ketombe yang membuat kepala gatal dan terlihat kotor. Caranya sangat mudah, haluskan bawang merah secukupnya lalu beri air perasan jeruk nipis. Setelah tercampur merata segera aplikasikan ke kulit kepala sampai rata lalu diamkan beberapa saat. Setelah digunakan beberapa kali maka ketombe akan jauh berkurang.

[ Baca juga : Cara menghilangkan ketombe secara alami ]

11. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang sering muncul di wajah dan sangat menggangu penampilan. Tentunya kita bisa menghilangkannya dengan bahan alami agar tidak menimbulkan efek samping, salah satunya menggunakan bawang merah. Bahkan penggunaan bawang merah untuk mengatasi jerawat terbilang sangat mudah. Cukup mengambil bawang merah lalu belah menjadi dua bagian. Oleskan bagian dalamnya secara perlahan pada kulit yang berjerawat lalu biarkan semalaman.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

12. Efektif untuk Kanker Prostat

Bawang merah memang sudah terbukti dapat menghambat pertumbuhan kanker, dan sangat efektif terhadap kanker prostat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada para pria, terbukti bahwa pria yang mengkonsumsi bawang setiap hari memiliki resiko yang lebih rendah terkena kanker prostat. Hal ini menunjukkan bahwa bawang merah sangat bagus dikonsumsi setiap hari agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.

13. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang merah secara tidak langsung juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Karena bawang merah sangat berkhasiat dalam menetralkan kadar kolesterol di dalam darah sehingga pembuluh darah menjadi lebar dan lebih lancar. Kondisi tersebut akan meminimalisir kerja otot jantung sehingga terhindar dari gangguan fungsi jantung.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai ]

14. Meningkatkan Kualitas Tidur dan Suasana Hati

Kandungan asam folat dalam bawang merah dapat menekan depresi dan meningkatkan mood yang bagus. Selain itu bawang juga dapat meningkatkan kualitas tidur karena bawang merah dapat mencegah homosistein yang berpengaruh terhadap produksi hormon yang membuat seseorang mengantuk.

15. Membantu Meredakan Batuk

Anak-anak memang mudah terserang batuk karena aktivitasnya di luar begitu lama, dan sangat rentan terpapar bakteri dan virus. Jika anak sedang bantuk, sebaiknya cobalah resep obat tradisional yang terbuat dari bawang merah. Caranya dengan menghaluskan bawang merah lalu tambahkan minyak telon. Gunakan untuk mengoles punggung dan dada hingga sekitar leher sambil dilakukan pijat ringan. Dalam beberapa hari maka batuk akan sembuh secara alami.

16. Mempercepat Pembekuan Darah

Bawang merah sangat cocok dikonsumsi terutama saat seseorang sedang mengalami luka. Alasannya bawang merah mengandung vitamin K yang dapat membantu proses pembekuan darah sehingga luka cepat menutup dan kering. Vitamin K akan mengubah protrombin menjadi thrombin sehingga benang-benang halus yang akan menutup luka akan segera terbentuk.

17. Mengatasi Infeksi pada Kulit Kepala

Kulit kepala memang tertutupi oleh rambut sehingga terlihat seperti terlindungi dengan baik. padahal kulit kepala juga rentan mengalami infeksi yang disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah folikel rambut yang tersumbat. Untuk mengatasi infeksi tersebut, kita bisa menggunakan bawang merah yang telah dihaluskan untuk dioleskan pada kulit kepala. Lakukan beberapa kali hingga infeksi mereda dan kulit kepala menjadi lebih sehat.

18. Menguatkan Rambut Hingga ke Akarnya

Saat Anda memikirkan bagaimana cara memperkuat rambut tanpa bahan kimia seperti sampo, sebenarnya ada cara praktis yang bisa digunakan yaitu dengan memanfaatkan bawang merah. Caranya haluskan beberapa siung bawang merah atau secukupnya saja lalu tambahkan dengan madu. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala secara merata lalu diamkan selama 15-20 menit. Jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih setelah kandungan nutrisi dari bawang merah meresap ke dalam kulit kepala.

19. Mengatasi Gejala Penuaan Dini

Penuaan dini dapat terjadi akibat paparan polusi yang tinggi maupun efek dari sinar radiasi. Bawang merah dapat mengatasi dan mencegah penuaan dini baik dari dalam maupun luar tubuh. Dari dalam tubuh, kandungan antioksidan dalam bawang akan meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat menangkal senyawa radikal bebas. Karena itu bawang merah sangat berkhasiat menghadapi masalah kulit seperti munculnya flek hitam dan keriput.

20. Mencerahkan Kulit

Mengkonsumsi bawang merah secara rutin tidak hanya memberikan kesehatan bagi tubuh namun juga sangat berkhasiat dalam bidang kecantikan. Bawang merah yang dihaluskan secukupnya harus ditambahkan dengan madu lalu diaplikasikan pada kulit. Anda dapat melakukan cara tersebut setidaknya dua kali seminggu. Namun bawang merah memilki sifat dan aroma yang tajam sehingga penggunaannya harus hati-hati terutama bagi kulit sensitif.

Bahaya Berlebihan Mengkonsumsi Bawang Merah

Sekalipun bawang merah memiliki banyak manfaat, sebaiknya hindari mengkonsumsinya secara berlebihan. Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tentu tidak akan baik, begitu pula dengan bawang merah. Terutama jika dikonsumsi mentah, bawang merah dapat menyebabkan diare dan mulas jika dimakan terlalu banyak. Gas di lambung juga menjadi meningkat hingga menyebabkan refluks lambung.

Bawang merah yang dikonsumsi bersamaan dengan obat mengencer darah akan mengganggu fungsi dari obat tersebut akibat vitamin K yang dikandungnya. Selain itu bagi yang sensitif atau alergi terhadap bawang merah, sebaiknya hindari agar tidak terkena kulit. jika itu terjadi maka kulit akan terasa perih, muncul ruam hingga gatal-gatal. Bahkan yang intoleransi terhadap bawang merah bisa mengalami mual dan muntah jika harus mengkonsumsi bawang merah.

Nah, itulah manfaat bawang merah yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Sebagai bumbu dapur yang ukurannya kecil, ternyata tersimpan khasiat yang banyak dan tidak terduga. Karena itu jangan ragu untuk menggunakan bawang merah dalam setiap masakan ya.

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet