25 Manfaat Bayam Duri Untuk Kesehatan Yang Tidak Terduga

Manfaat Bayam Duri – Anda mungkin sudah sering melihat bayam duri yang tumbuh liar di sekitar pekarangan rumah atau semak-semak di ladang dan kebun. Bahkan sebagian orang sering mengkonsumsinya dengan cara diolah sebagai masakan yang tidak jauh berbeda dengan bayam yang biasa kita kenal. Meski bayam duri seringkali tumbuh liar dan wujudnya tampak meragukan, sebenarnya tumbuhan satu ini cukup enak dijadikan sayuran loh. Khasiat dan kandungannya juga tidak kalah dari bayam yang biasa dijual di pasar.

Lebih hebatnya lagi, bayam duri tidak hanya bisa dimanfaatkan daunnya saja. Akarnya pun memiliki manfaat yang tidak kalah bahkan lebih hebat lagi terutama untuk kesehatan pria dan wanita. Tumbuhan bayam duri dapat membantu menjaga kesehatan, menyembuhkan penyakit dan mengatasi berbagai keluhan yang dialami para wanita. Tentunya ini merupakan kabar bagus dan sebaiknya diketahui setiap orang, agar tidak sepele lagi dengan tumbuhan liar satu ini dan mau memanfaatkannya sebagai obat tradisional.

manfaat bayam duri

Kandungan Nutrisi Bayam Duri

Di balik manfaatnya, tentu terdapat banyak kandungan nutrisi maupun senyawa dalam bayam duru yang berguna dalam memperbaiki kerusakan di dalam tubuh. Senyawa yang paling utama terkandung dalam bayam duri adalah amarantin, rutin, kalium nitrat, spinasterol, tannin, hentriakontan dan garam-garam fosfat.

Selain itu kandungan zat besi dalam bayam duri juga sama tingginya seperti bayam biasa, sehingga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak. Ditambah lagi terdapat beberapa vitamin di dalam bayam duri seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K dan vitamin B6 atau piridoksin.

Manfaat Bayam Duri untuk Kesehatan

Mungkin belum banyak yang tahu kalau bayam duri memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini merupakan manfaat bayam duri untuk kesehatan yang sebaiknya kita ketahui agar tidak lagi menyepelekannya.

1. Mengobati Kencing Nanah

Bagi Anda yang memiliki masalah atau keluhan dengan kencing seperti kencing nanah, bisa mengandalkan bayam duri untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya, ambil satu bonggol bayam duri hingga akarnya, lalu cuci hingga bersih, juga sediakan adas pulowaras secukupnya. Rebus kedua bahan tersebut dalam air sebanyak 1 liter, kemudian rebus hingga mendidih. Saringlah air rebusan tersebut dan tunggu hingga dingin. Minum ramuan tersebut dua kali sehari yaitu setiap pagi dan sore sampai penyakit kencing nanah sembuh.

2. Mengatasi Anyang-anyangan

Anyang-anyangan atau kecing yang tersendat-sendat tentu membuat kita merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan bayam duri yang bisa didapat di lingkungan sekitar rumah. Caranya ambil bonggol bayam duri beserta akarnya yang menempel, lalu cuci hingga benar-benar bersih. Rebuslah dalam 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga air menyusut hingga menjadi satu gelas. Minum air rebusan tersebut setelah agak dingin, dan harus langsung dihabiskan dalam sekali minum.

3. Mengobati Disentri

Disentri yang dibiarkan dapat membuat masalah pencernaan semakin parah dan meningkatkan resiko terjadinya dehidrasi. Karena itu jika disentri menyerang harus bisa segera diatasi. Jika ingin mengatasi dengan cara alami, kita bisa memanfaatkan bayam duri. Caranya, sediakan sekitar 30 gram akar bayam duri yang telah dibersihkan dan 15 gram gula aren. Rebus dalam 2 gelas air dan biarkan hingga menyusut menjadi satu gelas. Minumlah ramuan tersebut sebelum makan dan lakukan rutin hingga disentri sembuh.

4. Mengobati Penyakit TBC Kelenjar

Bakteri tuberkulosis yang dapat menyebabkan penyakit TBC tidak hanya menyerang paru-paru saja, namun bisa menyerang organ tubuh lain termasuk kelenjar. Jika TBC kelenjar terjadi, kita dapat mengatasinya dengan ramuan tradisional berupa bayam duri. Caranya, ambil akar bayam duri sebanyak 30-60 gram, atau bisa juga satu tumbuhan bayam duri utuh. Jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih. Rebuslah dalam air secukupnya dan tunggu hingga mendidih. Setelah agar dingin, minum air rebusan tersebut secara rutin hingga penyakit tersebut sembuh.

5. Mengatasi Masalah Eksim

Eksim merupakan masalah kulit yang sering menimbulkan gatal yang tidak tertahankan, dan masalah satu ini seringkali membuat tidak nyaman bagi siapapun. Tentunya kita dapat mengatasi eksim dengan bayam duri, dan caranya juga sangat mudah. Ambil satu tumbuhan utuh bayam duri, kemudian cuci hingga bersih. Rebus dalam air secukupnya, dan tambahkan garam secukupnya, tunggu hingga mendidih. Setelah itu gunakan air rebusan yang telah didinginkan untuk mencuci atau membilas bagian tubuh yang terkena gangguan eksim.

6. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan seperti bronchitis tentunya sangat menyiksa bagi yang mengalaminya, dan sebaiknya penyakit tersebut segera diatasi sebelum bertambah parah. Kita bisa menggunakan bahan alami seperti bayam duri untuk membantu mengatasi masalah bronchitis tersebut. Caranya yaitu ambil satu tumbuhan bayam duri yang utuh, cuci bersih dan cincang kasar. Rebuslah dalam satu liter air dan biarkan mendidih hingga menyusut menjadi setengahnya. Setelah itu minumlah air rebusan tersebut secara rutin pagi dan sore hingga penyakit tersebut benar-benar sembuh. Untuk mengatasi rasanya yang kurang enak, kita bisa menambahkan sedikit madu atau gula aren.

[ Baca juga : Pertolongan pertama pada penderita sesak nafas ]

Loading...

7. Melancarkan ASI

Seorang ibu yang tengah menyusui pasti ingin ASI yang dihasilkan berlimpah dan mengandung nutrisi yang cukup untuk buah hati tercinta. Untuk melancarkan ASI, para ibu tidak perlu bingung, cukup dengan mengkonsumsi daun bayam duri secara rutin yang diolah sama seperti bayam biasa maka ASI akan berlimpah dan berkualitas. Selain itu, dapat pula menggunakan seluruh tumbuhan bayam duri yang telah ditumbuk halus lalu dioleskan pada payudara sambil dipijat ringan tetapi perhatikan agar bayam duri tidak mengenai bagian puting. Jika dilakukan dengan rutin maka produksi ASI akan menjadi lebih lancar.

[ Baca juga : Cara memperbanyak ASI secara alami ]

8. Menurunkan Demam

Bayam duri ternyata juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan demam, terutama jika terjadi pada anak. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup dengan mengambil segenggam daun dan batang bayam duri kemudian tumbuh hingga halus dan beri sedikit air. Gunakan untuk ditempelkan pada dahi agar berfungsi sebagai kompres alami. Cara ini cukup efektif menurunkan demam karena bayam duri yang ditempelkan tersebut akan menyerap panas dari tubuh.

9. Mengatasi Anemia

Masalah anemia kerap dialami oleh sebagian besar kaum wanita, dan penyakit tersebut harus segera diatasi. Jika terlalu lama dibiarkan anemia dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan bayam duri. Untuk orang dewasa, ambil dua genggam daun dan batang bayam duri, bersihkan dan tumbuk hingga halus. Setelah itu seduh dengan segelas air lalu saring airnya. Masukkan satu butir telur kuning ayam kampung ke dalam air saringan tersebut dan aduk hingga rata. Minumlah ramuan tersebut seminggu sekali untuk mengatasi dan mencegah anemia.

10. Mengatasi Masalah Keputihan pada Wanita

Masalah keputihan memang kerap mengganggu bagi setiap wanita. Di samping itu, terdapat pula bahaya jika keputihan terus dibiarkan karena bisa menjadi pertanda penyakit serius pada organ kewanitaan. Untuk itu, keputihan seharusnya segera diatasi dan kita bisa menggunakan akar bayam duri untuk menghilangkan keputihan yang mengganggu. Caranya cukup dengan merebus akar bayam duri dan meminum air rebusannya secara rutin hingga keputihan menghilang.

11. Mengobati Bisul dan Jerawat

Ternyata daun dan batang bayam duri pun dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan bisul. Kedua gangguan tersebut memang membuat tidak nyaman dan mengurangi kepercayaan diri karena merusak penampilan. Cukup dengan mengambil daun dan batang bayam duri secukupnya dan cuci hingag bersih. Tumbuk halus lalu segera tempelkan pada bisul atau jerawat yang sedang meradang. Jika dilakukan dengan rutin maka bisul dan jerawat akan segera kering.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

12. Mengatasi Masalah Wasir dan Sembelit

Wasir biasanya terjadi karena pencernaan kurang lancar sehingga buang air besar menjadi susah dan keras. Akibatnya wasir pun akan muncul dan kondisi ini sangat tidak nyaman bila sampai terjadi. Untuk mengatasinya secara alami, kita bisa mengkonsumsi daun bayam duri yang diolah seperti masakan sayur yang biasa dikonsumsi. Mengkonsumsinya secara rutin akan mengatasi masalah wasir secara bertahap hingga akhirnya sembuh.

13. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang telah dibahas di atas, pencernaan yang tidak lancar bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan salah satunya adalah wasir. Dengan mengkonsumsi sayur bayam duri dengan rutin maka pencernaan akan berjalan dengan lancar. Proses penyerapan nutrisi pun berjalan optimal sehingga kesehatan usus akan meningkat. Kandungan serat yang tinggi dalam bayam duri akan merangsang gerak peristaltik usus sehingga sisa makanan akan lebih mudah terdorong ke luar.

14. Mengikat Racun dan Melancarkan BAB

Pencernaan yang lancar tentu akan menjadikan BAB berlangsung dengan lancar pula. Kita tahu bahwa tidak semua sisa makanan dikeluarkan dari usus. Kebanyakan sisa kotoran masih menempel di dinding usus sehingga jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi daun bayam duri maka serat di dalamnya akan mengikat racun dan sisa metabolisme sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh. BAB pun menjadi lancar dan kita dapat terhindar dari sakit perut akibat kesulitan BAB.

Info manfaat lainnya

15. Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Organ Kewanitaan

Akar bayam duri yang direbus lalu disaring airnya dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dari organ kewanitaan. Cukup dengan menggunakan air rebusan tersebut untuk membasuh organ kewanitaan maka masalah bau tak sedap akan segera hilang. Khasiat tersebut akan semakin kuat jika rebusan dicampur dengan daun sirih.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, bayam duri masih memiliki banyak manfaat lainnya seperti:

  1. Menghilangkan letih dan lesu
  2. Mencegah penyakit tekanan darah tinggi
  3. Menyehatkan dan melancarkan peredaran pembuluh darah
  4. Melancarkan haid pada wanita
  5. Menambah stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh
  6. Mengatasi gusi yang berdarah
  7. Mencegah kerontokan rambut
  8. Menjaga kesehatan lambung dan usus
  9. Menambah sel darah merah dengan cepat
  10. Mengurangi kadar kolesterol dan menyehatkan jantung.

Itulah manfaat bayam duri bagi kesehatan, dan sebaiknya manfaat tersebut dapat diketahui oleh semua orang. Dengan begitu tidak ada lagi yang sepele dengan tumbuhan ajaib tersebut. Justru banyak yang menjadikannya sebagai obat tradisional maupun bahan makanan sebagai salah satu sayuran yang kaya nutrisi.

Loading...