Manfaat Bekam Untuk Menyehatkan Tubuh

Manfaat Bekam – Metode pengobatan bekam merupakan salah satu metode pengobatan alternatif yang sudah dibuktikan khasiatnya. Ada banyak sekali manfaat bekam yang bisa diperoleh. Pengobatan yang dilakukan dengan cara menyedot darah kotor yang ada pada permukaan kulit ini memang tergolong ekstrem.

Perlu Anda tahu ada dua macam jenis bekam yakni bekam kering dan bekam basah. Bekam kering akan menyedot tanpa mengeluarkan darah dari kulit sementara bekam basah akan menyedot darah kotor yang tertimbun di bawah kulit.

manfaat bekam

Gambar ilustrasi

Berikut Manfaat Bekam untuk Kesehatan

Pengobatan bekam bisa dilakukan di punggung, wajah, kaki, dada dan juga kepala. Manfaat bekam di ketiga tempat tersebut memiliki manfaatnya masing-masing. Terdapat lebih dari 350 titik yang bisa digunakan dalam terapi pengobatan bekam. Meskipun demikian hanya 12 titik saja yang sering kali digunakan dalam pengobatan yakni wajah, dada, punggung serta kepala. Terdapat lebih dari 72 penyakit yang mampu disembuhkan dengan melakukan bekam. Selain terbebas dari beragam penyakit, aliran darah dalam tubuh juga akan lebih lancar, daya imun juga akan meningkat.

1). Pengobatan bekam di kepala

Pengobatan bekam di kepala ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat bekam di kepala adalah mengobati penyakit Parkison atau pikun, mengobati dan menyembuhkan penyakit stroke, meringankan pusing, migrain dan vertigo. Tidak hanya itu, bekam pada kepala juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati sakit gigi, meningkatkan daya ingat serta mencerdaskan kinerja otak.

[ Baca juga : 30 Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan ]

Advertisement
ladyfem

2). Pengobatan bekam di bagian dada

Melakukan bekam di bagian dada sangat berpengaruh baik pada kesehatan jantung. Seperti yang Anda tahu, jantung memiliki fungsi dan peran yang cukup vital sehingga harus dijaga dengan baik. Dengan melakukan bekam khususnya pada bagian dada akan membuat darah kotor pada bagian ini terangkat yang akan mengakibatkan aliran darah di bagian jantung menjadi lebih lancar. Hal ini tentu akan membuat kinerja jantung menjadi lebih mudah.

[ Baca juga : 30 Manfaat daun sirih bagi kesehatan ]

3). Pengobatan bekam pada wajah

Melakukan bekam pada wajah memang terdengar mengerikan namun jangan salah manfaat bekam yang dilakukan pada wajah ternyata cukup banyak. Dengan melakukan bekam pada wajah ternyata justru akan membuat kulit wajah Anda menjadi lebih cerah dan lebih bersinar. Tidak hanya itu, wajah juga akan terbebas dari jerawat. Bekam di wajah juga akan membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat serta masalah lain pada muka.

[ Baca juga : 31 Manfaat daun sirsak bagi kesehatan ]

4). Pengobatan bekam di bagian punggung

Melalukan pengobatan bekam pada bagian punggung memberikan manfaat yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan karena segala darah kotor yang berada di bawah jaringan kulit akan terangkat. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan melalukan bekam pada bagian punggung adalah Anda akan terhindar dari keram leher, nyeri punggung, stroke, ginjal, lever, penyakit kelainan jantung, tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, dengan melakukan bekam khususnya pada bagian punggung akan membuat tubuh Anda jauh lebih segar dan lebih berstamina.

[ Baca juga : 31 Manfaat semut jepang bagi kesehatan ]

Tidak hanya memiliki beberapa manfaat seperti di atas yang bisa diperoleh saat Anda melakukan metode pengobatan ala nabi ini. Bekam ternyata mampu meringankan reumatik, pegal linu, polip, kolesterol, penyakit lain yang diakibatkan oleh darah kotor.  Bahkan dengan Anda juga bisa terbebas dari penyakit masuk angin dengan melakukan bekam. Saat Anda ingin melakukan pengobatan ini sebaiknya menggunakan terapis yang handal dan sudah berpengalaman. Semoga pembahasan mengenai beragam manfaat bekam kali ini bermanfaat.

Lihat Juga :
Loading...
8 Shares
Share8
+1
Pin
Tweet