24 Manfaat Belimbing Wuluh untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat Belimbing Wuluh – Semua orang pasti kenal dengan si buah mungil yang masam bernama belimbing wuluh, terutama ibu-ibu. Biasanya buah ini digunakan sebagai penyedap agar masakan terasa lebih nikmat, atau menghilangkan bau amis pada ikan. Namun dibalik perannya untuk menambah cita rasa makanan, belimbing wuluh memiliki segudang manfaat. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan.

Belimbing wuluh tidak seperti belimbing buah yang biasa kita makan, meski dari genus yang sama. Belimbing wuluh lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional dan bumbu masakan. Tumbuhan ini sangat mudah ditemui dan tumbuh subur di Indonesia. Buahnya sangat banyak dan bergerombol, berwarna hijau muda dan akan menjadi kekuningan saat sudah tua atau masak.

manfaat belimbing wuluh

Gambar ilustrasi

Kandungan Gizi Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memberikan banyak manfaat dikarenakan kandungan gizi dan mineralnya yang melimpah. Setiap 100 gram belimbing wuluh mengandung energi (36 kkal), lemak (0,4 gram), karbohidrat (8,8 gram), vitamin A (170 SI), vitamin B1 (0,03 mg), vitamin C (35 mg), kalsium (4 mg), fosfor (12 mg), zat besi (1,1 mg), dan kalium (39 mg).

Selain kandungan gizi, belimbing wuluh juga mengandung senyawa non gizi seperti sulur, flavonoid, saponin, tannin, kalsium oksalat, kalium sitrat, peroksida, asam format, dan glukosid. Senyawa tersebut sangat penting peranannya dalam mendukung kesehatan dan menambah kecantikan bagian tubuh.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Mungkin banyak yang penasaran apa saja kegunaan belimbing wuluh dalam hal kesehatan, karena selama ini buah tersebut hanya dikenal sebagai bumbu masakan. Berikut ini manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Sistem Pertahanan Tubuh

Sistem pertahanan tubuh atau sistem imunitas seringkali menurun yang disebabkan oleh berbagai faktor. Jika keadaannya demikian maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan imunitas tubuh kita bisa menggunakan belimbing wuluh. Kandungan vitamin C nya akan bertindak sebagai antioksidan sehingga kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

2. Menyembuhkan penyakit Gondongan

Penyakit gondongan dapat dilihat gejalanya melalui leher yang membengkak. Rasanya sedikit sakit dan tentu saja akan merusak penampilan. Untuk menyembuhkannya kita bisa menggunakan belimbing wuluh yang telah dihaluskan bersama bawang putih. Oleskan ramuan tersebut pada leher yang mengalami gondongan dan lakukan dua kali sehari hingga penyakit tersebut benar-benar sembuh.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker dapat muncul dikarenakan adanya aktivitas sel yang abnormal sehingga sel-sel tubuh menjadi terganggu. Hal tersebut terjadi karena tubuh terlalu sering terpapar polusi, sinar matahari dan bahan kimia dari makanan. Untuk menangkal efek buruk dari itu semua, kita bisa memanfaatkan belimbing wuluh sebagai sumber antioksidan yang baik.

4. Mengobati Sariawan

Sariawan adalah penyakit yang ada di dalam mulut, bisa di gusi, lidah atau dekat bibir. Cirri khasnya yaitu adanya bejolan kecil yang terasa sakit bila tersentuh. Sariawan bisa terjadi jika kita mengalami kekurangan vitamin C. jadi sebelum penyakit tersebut muncul, sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang menggunakan belimbing wuluh. Selain itu buah tersebut dapat dioleskan langsung pada bagian mulut yang sariawan.

5. Mengobati Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes mellitus sangat berbahaya karena dapat merusak organ tubuh lain dan terjadi komplikasi penyakit. Selain itu penyakit ini dapat menyebabkan luka sulit untuk sembuh. Biasanya diabetes muncul karena konsumsi gula berlebih dan ketidakmampuan pancreas menghasilkan insulin sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Untuk mengatasinya kita menggunakan belimbing wuluh dengan meminum air rebusannya.

[ Baca juga : Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

6. Mengatasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Tekanan darah yang tinggi dapat menjadi penyakit serius bila tidak segera diatasi. Selain menjaga pola makan dan pola hidup, kita dapat mengembalikan tekanan darah menjadi normal dengan menggunakan belimbing wuluh. Caranya cukup mudah, ambil 3 buah belimbing wuluh yang telah dicuci bersih. Potong-potong kemudian rebus dalam 3 gelas air. Biarkan hingga menjadi 1 gelas dan minum setiap habis sarapan.

7. Mengobati Sakit Gigi

Rasa sakit akibat gigi berlubang atau gusi yang membengkak dapat diatasi dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Caranya sangat mudah, hanya mengunyah belimbing wuluh bersamaan dengan garam di tempat gigi yang sakit. Lama-kelamaan rasa sakit tersebut akan berangsur-angsur reda.

[ Baca juga : Cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami ]

8. Menghilangkan Panu dan Kurap

Panu dan Kurap merupakan penyakit kulit yang cukup mengganggu. Memang bukan penyakit yang serius namun keberadaannya dapat merusak penampilan sehingga rasa percaya diri berkurang. jika kamu mengalaminya, cobalah gunakan belimbing wuluh yang telah dihaluskan dan dicampur dengan kapur sirih. Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terdapat panu atau kurap dua kali sehari sampai bekasnya benar-benar hilang.

9. Mengobati Batuk

Batuk dapat menyerang siapa saja, karena itu menjaga kesehatan dan kondisi tubuh yang prima menjadi cara paling manjur untuk menghindari batuk. Bila batuk sudah terlanjur dirasakan, kita bisa mencoba mengobatinya dengan menggunakan belimbing wuluh. Ambil segenggam bunga dan daun belimbing wuluh serta 5 buahnya yang dipotong-potong. Rebus semuanya dalam 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Setelah agak dingin, saring ramuan tersebut dan minum dua kali sehari.

10. Mengobati Reumatik

Reumatik biasanya menyerang orang dewasa terutama yang sudah memasuki usia lanjut. Rasa sakit yang ditimbulkan pada persendian membuat rasa yang tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Untuk meredakan rasa sakitnya, ada ramuan belimbing wuluh yang bisa kamu coba.

Caranya, sediakan 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil, 15 butir cengkeh dan 15 butir ladah hitam. Semua bahan tersebut harus dihaluskan, tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu sendok makan minyak zaitun. Gunakan campuran bahan tersebut sebagai minyak gosok di bagian tubuh yang sakit.

11. Mencegah Penyakit Dalam

Banyak penyakit dalam seperti pada organ jantung, ginjal dan lainnya bisa dibantu pengobatannya dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Kandungan nutrisi dan antioksidannya dapat menjaga tubuh selalu dalam keadaan prima.

12. Mengatasi Radang Tenggorokan

Saat tenggorokan terasa sakit atau kering, cobalah meminum jus atau sirup buah belimbing wuluh. Lama kelamaan rasa sakit ditenggorokan akan reda dan menghilang.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan

Selain bermanfaat dalam hal kesehatan tubuh, ternyata belimbing wuluh juga menyimpan sejuta khasiat untuk kecantikan. Banyak wanita yang membutuhkan perawatan alami untuk kulit mereka, dan ramuan belimbing wuluh bisa dicoba. Berikut ini manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan.

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat dapat terbentuk karena berbagai faktor, namun biasanya terjadi karena wajah kotor atau terjadi perubahan hormone dari dalam tubuh. Apapun penyebabnya, jerawat akan membuat wajah menjadi kurang menarik untuk dipandang. Untuk mengatasinya, gunakan ramuan alami yang terbuat dari 6 buah belimbing wuluh yang dihaluskan bersamaan dengan setengah sendok teh bubuk belerang dan air perasan satu buah jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut pada wajah yang berjerawat sekali sehari sampai jerawat hilang.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

2. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kulit memiliki pori-pori agar dapat bernapas dan mengeluarkan zat sisa berupa keringat. Namun adakalanya pori-pori membesar sehingga dapat merusak penampilan. Untuk membantu mengecilkannya kembali gunakanlah belimbing wuluh. Caranya haluskan belimbing wuluh secukupnya dan campur dengan air garam. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Akhiri dengan membilas wajah menggunakan air dingin.

[ Baca juga : Cara mengecilkan pori-pori secara alami ]

3. Pemerah Bibir Alami

Kebiasaan merokok atau memakai listik secara terus menerus dapat membuat bibir menjadi kusam dan menghitam. Tentu hal tersebut dapat mengganggu penampilan. Untuk mencerahkannya kembali, gunakan pemerah bibir dari bahan alami yaitu belimbing wuluh. Caranya sangat gampang. Belah buah belimbing wuluh dan oleskan bagian dalam buah pada bibir. Setelah kering lakukan kembali hingga beberapa kali lalu bilas dengan air bersih. Cara ini efektif bila dilakukan setiap hari.

[ Baca juga : Cara memerahkan bibir ]

4. Sebagai Lulur Belimbing Wuluh

Memakai lulur tidak harus melulu menggunakan yang berbahan kimia, karena dengan bahan alami pun kulit bisa senantiasa terjaga. Belimbing wuluh dapat dijadikan lulur dengan cara menghaluskan buahnya 10-20 buah dan dicampurkan dengan air hangat. Balurkan ke seluruh tubuh sambil digosok-gosok. Setelah itu bilas tubuh dan mandi seperti biasa.

5. Dapat Dijadikan Masker

Selain digunakan sebagai lulur, belimbing wuluh juga bisa dijadikan sebagai masker untuk perawatan wajah. Tidak hanya mencerahkan namun juga membersihkan dan membuat wajah terlihat awet muda. Penggunaannya juga cukup mudah, hanya mengoleskan buah belimbing wuluh yang telah dihaluskan pada wajah. Diamkan sesaat lalu bilas dengan air dingin.

6. Mencegah Penuaan Dini

Wanita pasti ingin selalu tampil cantik, namun sangat sulit mempertahankan keremajaan sel kulit terutama di area wajah. Kandungan antioksidan dari buah belimbing wuluh dapat menangkal radikal bebas sehingga kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

7. Membuat wajah lebih Cerah

Penggunaan masker dan lulur dari buah belimbing wuluh dapat menjadikan kulit lebih cerah. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C nya yang menghilangkan kekusaman pada kulit dan merangsang pembentukan sel baru.

8. Menjadikan Wajah Terlihat Awet Muda

Siapa pun pasti ingin terlihat segar dan awet muda. Namun di zaman yang serba instan ini sangat sulit untuk mewujudkannya, lantaran tubuh kita seringkali terpapar zat kimia. Namun untuk mengatasinya kita menggunakan belimbing wuluh yang dijadikan masker wajah.

9. Melembabkan dan Menyehatkan Kulit

Kulit yang lembab biasanya menandakan kulit yang sehat karena ternutrisi dan terhidrasi dengan baik. Untuk menjaga kelembaban kulit lulur dari buah belimbing wuluh bisa menjadi alternatif. Kandungan nutrisi dan airnya yang banyak akan menyehatkan kulit.

10. Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut yang normal dan sehat tampak hitam berkilau, lembut dan bersih. Namun bisa saja rambut menjadi sangat berminyak dan lepek saat kondisi hormon tidak stabil atau rambut dalam keadaan kotor. Untuk mengatasi minyak tersebut, gunakan buah belimbing wuluh yang telah diblender halus pada rambut. Ratakan dari kulit kepala hingga ujung rambut, diamkan sebentar. Lalu bilas rambut hingga bersih.

11. Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah masalah rambut yang sangat menyebalkan. Karena dapat membuat rambut terlihat kotor dan memicu kerontokan rambut. Untuk mengatasinya, gosokkan bagian dalam buah belimbing wuluh yang telah dibelah pada kulit kepala. Lakukan secara rutin sampai ketombe benar-benar hilang.

[ Baca juga : Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami ]

12. Menghilangkan Kutu Rambut

Keberadaan kutu rambut sungguh menjengkelkan karena selain menghisap darah parasit tersebut membuat kulit kepala menjadi gatal. Untuk membantu menghilangkannya, bisa dengan memanfaatkan masker rambut dari belimbing wuluh atau menggosokkannya langsung ke rambut dan kulit kepala.

Selain manfaat di atas, belimbing wuluh masih mampu memberikan khasiat lainnya seperti:

  • Mengobati bekas gigitan serangga
  • Mengobati demam
  • Mengatasi ambeien dan wasir
  • Membersihkan usus yang kotor
  • Mengobati pegal linu
  • Menambah kemampuan penglihatan
  • Menghambat pertumbuhan bakteri
  • Meredakan iritasi atau peradangan
  • Membersihkan gigi palsu
  • Mengurangi flek hitam pada wajah
  • Membersihkan dan mencerahkan kuku
  • Mengatasi kulit berminyak
  • Dapat dijadikan sebagai jus kesehatan
  • Menyehatkan kulit
  • Mencegah kulit kering

Ternyata belimbing wuluh memang benar-benar berjuta khasiat. Demikian artikel manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
23 Shares
Share23
+1
Pin
Tweet