30 Manfaat Beras Merah untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Beras Merah –┬áSeperti halnya beras putih, beras merah juga termasuk bahan makanan pokok, yang mengandung banyak karbohidrat. Rasanya memang tidak seenak nasi putih, namun kandungan nutrisinya jauh lebih banyak sehingga banyak memberikan manfaat baik dalam kesehatan maupun kecantikan. Beras merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang berbadan gemuk, karena beras merah dapat membantu program diet nerjalan lancar.

Beras merah memiliki warna merah, atau merah coklat. Perbedaan warna antara beras putih dan beras merah disebabkan adanya zat pewarna alami pada beras merah yang disebut antosianin. Zat antosianin juga sering terdapat pada sayur dan buah. Zat warna alami ini memiliki khasiat bagi tubuh dalam mengatasi berbagai penyakit. Karena itu beras merah lebih unggul daripada beras putih dari segi kualitasnya.

manfaat beras merah

Gambar ilustrasi

Meski lebih berkualitas, masih sedikit dari masyarakat yang mau mengkonsumsi beras merah. Di samping rasanya yang tidak senikmat beras putih, harga beras merah relatif lebih mahal. Karena itu masyarakat lebih nyaman mengkonsumsi beras putih yang banyak mengandung gula. Sebelum mengetahui manfaatnya, ada baiknya kita mengetahui apa saja nutrisi yang dikandung beras merah.

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Berbagai kandungan nutrisi dari beras merah memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Kandungan tersebut antara lain karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B, zat antosianin, zat oryzanol dan sedikit gula. Beras merah juga mengandung beberapa mineral penting seperti mangan, zinc, magnesium, selenium, dan kalium. Beras merah juga mengandung kalori, yang lebih kecil jumlahnya dari beras putih.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beras merah selain dapat memberikan rasa kenyang, juga dapat membantu memelihara kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Selain itu beras merah juga dapat dimanfaatkan untuk menambah kecantikan kulit. berikut ini manfaat dari beras merah yang wajib untuk diketahui.

1. Dapat Digunakan Sebagai Masker Wajah

Saat di pasaran semakin banyak produk masker wajah bermunculan, kita hanya perlu memanfaatkan beras merah sebagai masker alami dalam merawat kulit wajah. Kandungan oryzanol pada beras merah dapat membantu memperbaharui pigmen melamin sehingga kulit lebih terlindungi dari paparan sinar matahari.

2. Memberikan Asupan Energi

Sebagai bahan makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi, beras merah dapat menjadi bahan makanan yang memberikan asupan energi dalam jumlah besar. Energi tersebut kita gunakan untuk beraktivitas sepanjang hari. Selain itu kandungan mangannya dapat membantu proses pengubahan karbohidrat dan protein menjadi energy, sehingga kita menjadi lebih bertenaga setelah mengkonsumsi beras merah.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Sebelum terkena penyakit diabetes yang sulit disembuhkan, ada baiknya kita melakukan pencegahan. Salah satu caranya adalah dengan beralih dari beras putih ke beras merah. Memang harganya lebih mahal, namun manfaatnya lebih baik dalam memelihara kesehatan tubuh. Karena lebih sedikit mengandung gula, beras merah dapat mencegah kita terkena diabetes tipe dua.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Beras merah mengandung banyak serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Beras merah lebih mudah dicerna sehingga seratnya akan membuat sisa makanan yang harus dikeluarkan tidak tinggal berlama-lama di usus besar. Dengan begitu BAB akan menjadi lancar dan kita terhindar dari masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

5. Menangkal Senyawa Radikal Bebas

Senyawa radikal bebas dapat diproduksi di dalam tubuh sebagai hasil dari proses metabolisme berbagai jenis makanan. Semakin buruk kualitas makanan tersebut maka radikal bebasnya pun juga semakin tinggi. Radikal bebas juga dapat masuk ke dalam tubuh dari polusi yang semakin tinggi di lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut, mengkonsumsi beras merah yang mengandung zinc adalah cara termudah yang dapat dilakukan.

6. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Beras merah yang mengandung serat akan membantu membuang lemak berlebih yang tertimbun di perut dan usus besar. Selain itu beras merah mengandung lebih sedikit kalori, jadi kalori yang masuk ke dalam tubuh akan langsung habis diubah menjadi energi dan tidak ada yang tertimbun dalam bentuk lemak. Dengan begitu berat badan akan tetap terjaga dan terhindar dari kegemukan.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan dengan merubah pola hidup ]

7. Mencegah Kanker Usus

Kebanyakan kasus kanker usus terjadi dikarenakan tumpukan kotoran yang ada di usus besar terlalu lama mengendap. Kotoran dan zat sisa tersebut akan terus membusuk dan efeknya akan menyebabkan bakteri berkembang biak lebih banyak. Akibatnya, usus akan semakin kotor dan akhirnya menimbulkan gejala kanker usus. Beras merah dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga kotoran tersebut bisa segera dibuang setiap hari.

8. Sebagai Lulur Pembersih Badan

Jika Anda biasanya menggunakan lulur yang dijual di toko kosmetik, mulai sekarang beralih lah ke yang alami. salah satunya dengan memanfaatkan air tajin beras merah untuk dijadikan lulur. Anda bisa mencampurkan air tajin dengan pasta almond, dimana pasta almond akan bekerja sebagai scrub dan air tajin akan membuat kulit lebih bersih dan kencang.

9. Mengurangi Efek Negatif dari Sengatan Matahari

Sianr matahari memang dapat memberi manfaat bagi kita, khususnya di pagi hari. Namun jika di siang hari kita terlalu lama terpapar sinar matahari, bisa dipastikan akan ada efek buruk yang menanti di kulit kita. Dengan mengoleskan air tajin beras merah yang didinginkan pada kulit yang terbakar akibat sengatan matahari, maka kulit akan kembali normal dan tentunya dapat meminimalisir kerusakan kulit.

Loading...

[ Baca juga : Manfaat menggunakan tabir surya untuk kesehatan kulit ]

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat, diperlukan berbagai nutrisi yang menunjang. Salah satunya mineral magnesium yang dapat membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dan membentuk massa otot lebih baik. karena itu beras merah bisa dimanfaatkan untuk menyehatkan tulang dan gigi.

11. Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

Batu empedu merupakan penyakit dimana adanya pengerasan dari tumpukan kolesterol yang mengendap di empedu. Jika batu empedu terbentuk, maka fungsi empedu menjadi terganggu, yang pada akhirnya akan merusak kesehatan bagian tubuh yang lain. Untuk mencegah agar tidak sampai terbentuk batu empedu, kita bisa mengkonsumsi beras merah setiap hari.

12. Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Sebagai bahan makanan yang mengandung antioksidan, beras merah mampu melawan berbagai senyawa radikal bebas. Tentu ini sangat membantu dalam mencegah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh. Karena jika radikal bebas terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh, sel-sel akan mengalami perkembangan yang abnormal dan sel kanker bisa muncul.

13. Menu Sehat Bagi yang Menjalani Program Diet

Jika biasanya saat diet Anda harus mengurangi porsi makan, dengan mengkonsumsi nasi beras merah Anda tidak perlu melakukannya. Beras merah mengandung lebih sedikit gula atau kandungan glikemiks yang cukup rendah sehingga sangat aman dikonsumsi bahkan oleh penderita diabetes sekalipun.

14. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika jumlahnya melebihi batas normal maka akan dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Agar kadar kolesterol tetap terjaga, kita bisa mengkonsumsi beras merah setiap hari. Jadi jika lauk yang dimakan mengandung kolesterol kita tidak perlu khawatir lagi.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

15. Mengendalikan Kadar Gula darah

Gula darah atau disebut juga glikogen dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga bagi tubuh. Namun jumlahnya harus dibatasi agar tidak sampai berlebih. Kelebihan gula darah dapat memicu seseorang terserang penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi beras merah yang lebih sedikit mengandung kalori dan gula, maka kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik dan penyakit diabetes dapat dicegah.

16. Menjaga Kesehatan Jantung

Beras merah mengandung kalium yang dapat mengatur detak jantung, dan khasiat beras merah dalam mengendalikan kadar kolesterol dapat menjaga kondisi jantung tetap sehat. Kalium juga dapat melancarkan peredaran darah, yang artinya kerja jantung menjadi lebih optimal. Karena itu sangat bagus jika kita mau mengkonsumsi beras merah setiap hari.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus di waspadai ]

17. Mengatasi Penyakit Asma

Penyakit asma dapat membuat penderitanya sangat menderita karena merasa kesulitan untuk bernapas. Rasa sesak di dada diakibatkan adanya masalah pada saluran pernapasan. Dengan mengkonsumsi beras merah yang mengandung magnesium, maka saluran pernapasan akan menjadi lebih baik dan penderita asma dapat bernapas dengan lebih lega.

18. Mempercepat Penyembuhan Luka

Beras merah mengandung mineral zinc yang dapat membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Selain itu zinc dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita menjadi lebih kuat untuk melawan berbagai bibit penyakit. Beras merah dapat membantu melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan.

19. Melindungi Sel Saraf

Beras merah dapat membantu menjaga kesehatan otak dan melindungi sel saraf dari kerusakan. Hal tersebut dikarenakan beras merah mengandung vitamin B yang berfungsi untuk melindungi sel saraf dan otak, serta meningkatkan fungsi otak secara optimal. Karena itu adalah hal yang bagus untuk mengkonsumsi beras merah secara rutin.

20. Membantu Mencerahkan Bibir

Bahkan air tajin beras merah pun dapat membantu meningkatkan kecerahan bibir. Air tajin yang diambil saat mencuci beras atau saat memasak beras tersebut dapat dioleskan pada bibir an biarkan hingga kering. Jika dilakukan secara rutin maka bibir akan menjadi lebih cerah dan terhindar dari warna gelap.

21. Melembutkan Tangan

Dengan setumpuk pekerjaan rumah yang harus dikerjakan setiap hari, terkadang kulit tangan menjadi kering dan kasar. Ini tentu hal yang mengganggu terutama bagi wanita yang selalu ingin terlihat cantik. Kita bisa memanfaatkan beras merah untuk membantu mengembalikan kelembutan tangan.

Caranya, sediakan 150 gram beras merah, 1 sendok makan santan dan 70 gram daging labu segar. Rendam beras merah dalam 150 ml air hangat, diamkan selama 1 jam. Setelah itu saring air beras dan masukkan ke dalam blender. Masukkan pula labu dan santan lalu blender selama 30 detik. Gunakan ramuan tersebut untuk dibalurkan ke seluruh bagian tangan dan tutup dengan sarung tangan. Setelah 15 menit bilas tangan sampai bersih, dan adonan dapat disimpan di lemari pendingin sampai 4 hari dalam wadah tertutup.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, beras merah juga bermanfaat untuk hal-hal berikut ini:

22. Sebagai masker antikerut
23. Dapat dijadikan bedak dingin
24. Mengontrol kelebihan lemak dalam tubuh
25. Membantu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi
26. Membantu mencegah penuaan dini
27. Menghaluskan dan melembutkan kulit
28. Membuat kulit terlihat lebih cerah
29. Membantu meningkatkan kolesterol baik
30. Mencegah perut buncit dan obesitas

Itulah segudang manfaat dari beras merah. Jangan takut untuk mengeluarkan uang lebih besar dengan mengganti beras putih Anda. Karena manfaat beras merah jauh lebih besar dan Anda akan mendapatkan manfaat tersebut dengan mengkonsumsinya setiap hari.

Loading...
69 Shares
Share69
+1
Pin
Tweet